Jogja Bukan Hanya Gudeg, Kamu Wajib Cicipi 4 Bakmi Jawa Nikmat Ini

27 July 2018, at 05:33
3
0
Jogja Bukan Hanya Gudeg, Kamu Wajib Cicipi 4 Bakmi Jawa Nikmat Ini

Selain gudeg, bakmi Jawa merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang bisa disejajarkan kepopulerannya dengan gudeg. Identik dengan olahan mie kuning yang dimasak secara tradisional menggunakan kompor arang atau anglo, mie khas Yogyakarta ini memiliki cita rasa tersendiri yang muncul dari perpaduan aroma gosong anglo dengan gurihnya suwiran daging ayam, sayur dan telur.

Ada begitu banyak sekali warung bakmi Jawa yang tersebar di seluruh pelosok kota, tapi deretan warung berikut ini tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur di Yogyakarta.

 

Bakmi Pak Pele

 

klikhotel.com

Ada beragam menu yang dapat dipilih di kedai Bakmi Pak Pele, yang berlokasi di Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton ini. Misalnya saja  bakmi goreng, bakmi godog, bakmi nyemek, nasi goreng dan magelangan yang adalah olahan nasi goreng yang dicampur dengan bakmi. Sedangkan untuk menu bakmi Jawanya sendiri ada dua pilihan, yakni bakmi kuning dan bihun. Keistimewaan dari Bakmi Pak Pele adalah penggunaan telur bebe yang membuat cita rasa masakanannya semakin kuat.

 

Bakmi Shibitsu

 

klikhotel.com

Namanya yang unik seringkali membuat orang mengira bahwa Bakmi Shibitsu ini menjual hidangan khas Jepang. Padahal, menu yang ditawarkan justru bakmi Jawa asli Yogyakarta yang punya cita rasa khas aroma anglo. Dinamakan Shibitsu, karena pelayan sekaligus peracik bumbunya adalah seorang tunawicara yang mampu membuat siapapun terlena dengan olahan rasa nikmat pada kuah maupun mie buatannya. Berlokasi di Raya Bantul No. 106, Bakmi Shibitsu juga menyediakan menu lain seperti rica-rica ayam dan nasi goreng.

 

Bakmi Mbah Mo

 

kabarkuliner.com

Berada di jalan Parangtriris Km. 11 Bantul, warung Bakmi Mbah Mo menyuguhkan pemandangan asri di tengah pedesaan. Dengan kekhasan warna bakmi godog yang pucat tetapi memiliki sensasi aroma dan rasa yang sedap, benar-benar membuat siapapun yang datang akan merasa ketagihan dengan olahan bakmi Jawa khas Yogyakarta di tempat ini. Seperti warung bakmi pada umumnya, Bakmi Mbah Mo juga menyediakan menu lain seperti bakmi goreng, bakmi nyemek, serta berbagai jenis minuman seperti wedang jahe dan wedang jeruk.

 

Bakmi Mbah Gito

 

rentalmobiljogja.id

Tidak hanya menyuguhkan menu istimewa yaitu bakmi spesial dengan kuah kental, taburan ayam, telur, dan bawang goreng, tetapi Bakmi Mbah Gito yang berada di jalan Nyi Ageng Nis 9 Peleman-Rejowinangun Sleman ini juga menyuguhkan tempat yang unik dan antik yakni menggunakan bekas kandang sapi dengan suasana seperti rumah pohon sebagai tempat berjualannya.  Sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata kuliner sambil menikmati suasana yang kental dengan nuansa Jawa.

 

Itulah rekomendasi bakmi Jawa yang wajib masuk dalam daftar kuliner saat kamu berlibur ke Yogyakarta. Jangan sampai ketinggalan ya.

0 Comment