Kakak dan Adik Suka Bertengkar? Ternyata Ada Manfaatnya Lho Bunda

25 August 2019, at 19:00
0
0
Kakak dan Adik Suka Bertengkar? Ternyata Ada Manfaatnya Lho Bunda

Pertengkaran antara kakak dan adik merupakan hal yang wajar dan sering terjadi. Dalam kondisi seperti itu, orang tua biasanya akan melerai dan memastikan bahwa keduanya akur kembali.

Akan tetapi, pertengkaran antar anak ternyata nggak selamanya buruk lho. Perselisihan yang terjadi justru bisa memberikan manfaat positif seperti berikut ini.

1. Belajar Menyelesaikan Masalah

kakak adik
imperfectfamilies.com

Meskipun sering bertengkar, kakak dan adik biasanya nggak akan betah bermusuhan dalam waktu yang lama. Hal tersebut membuat anak-anak secara nggak langsung belajar bagaimana cara menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Lama-kelamaan buah hati akan terbiasa mencari solusi saat dihadapkan pada situasi yang kontradiktif, baik bersama saudaranya maupuan dalam lingkungan sosial di luar rumah.

2. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

kakak beradik
parentingfromtheheartblog.com

Selain belajar menyelesaikan masalah, pertengkaran antara kakak dan adik juga bisa mengembangkan kemampuan komunikasinya dengan baik.

Ketika bertengkar, anak-anak akan cenderung berdebat atau bernegosiasi dan mengekspresikan ketidaksetujuannya dengan kata-kata maupun tindakan. Hal ini akan membuat mereka lebih mudah mengungkapkan apa yang dirasa.

Baca Juga: Sesekali Membiarkan Anak Merasa Bosan Ternyata Baik untuk Perkembangannya, Kok Bisa?

3. Mengasah Empati

kakak dan adik
scholastic.com

Pertengkaran adik kakak juga bisa mengasah empati masing-masing untuk saling mengerti dan memahami.

Seiring dengan bertambahnya usia, keduanya akan semakin paham bagaimana cara mendengarkan dan memahami sudut pandang orang lain.

4. Pengendalian Diri

pengendalian diri
nuestrohijo.com

Saat anak-anak sering dihadapkan pada masalah, secara nggak langsung ia akan mencoba berbagai cara untuk menyelasaikannya dengan efektif dan baik.

Hal tersebut juga berkaitan dengan pengendalian diri untuk menjadi pribadi yang nggak egois dan nggak mudah emosi dengan hal-hal kecil.

Manfaat-manfaat sederhana yang nggak terduga di atas bisa berdampak sangat besar bagi perkembangan buah hati lho Sobat Qupas!

0 Comment