Kakek Penjual Sayur Ditipu dengan Cara yang Bikin Warganet Geram, Nggak Punya Hati Penipunya!

14 November 2019, at 12:00
0
0
Kakek Penjual Sayur Ditipu dengan Cara yang Bikin Warganet Geram, Nggak Punya Hati Penipunya!

Baru-baru ini viral sebuah unggahan video di media sosial Instagram yang memperlihatkan sosok seorang kakek dengan topi dan jaket hitam.

Unggahan tersebut diunggah oleh @makassar_iinfo dan sudah mengundang banyak respon dari warganet.

Kebanyakan dari warganet tersebut menuliskan komentar dengan nada geram sambil mengutuk pelaku yang telah menipu sang kakek.

kakek ditipu uang mainan
instagram/makassar_iinfo

Ya, kakek itu baru saja menjadi korban penipuan di sebuah pasar. Diketahui, dalam kesehariannya, kakek ini berjualan sayur dari hasil kebun di sekitar rumahnya.

Dalam videonya, kakek itu menjelaskan kepada penjaga apotek kalau baru saja sayur dagangannya laris manis dibeli orang. Total ada 60 kilogram sayur yang dibeli pembeli itu.

Baca juga: Menilik Kisah Kakek 73 Tahun yang Hidupi 12 Anaknya dengan Berjualan Kue, Mengundang Air Mata!

Namun sayang, bukan kesenangan yang didapatkannya. Melainkan rasa sedih yang mendalam, lantaran salah satu uang yang diberikan oleh pembeli itu adalah uang mainan.

Semula, kakek itu akan membeli obat di Apotek Excellent. Sewaktu ditanya oleh penjaganya, ia ingin membeli empat strip obat sesak napas.

uang mainan
instagram/makassar_iinfo

Tapi saat akan membayar, uang pecahan Rp50 ribuan berwarna biru yang dibawa kakek itu ternyata uang mainan. Kaget mendapati uang yang dibawanya itu adalah uang-uangan, sang kakek jadi bingung sendiri.

Ia pun menunjukkan raut muka yang begitu sedih, mengingat baru saja ia menjadi korban penipuan di pasar. Seperti yang diketahui dalam caption unggahan video tersebut, kejadian ini terjadi di Cingkariang Kampuang Tangah, Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Kakek yang menjadi korban penipuan ini memang sudah berkurang pengelihatannya. Maka dari itu sedikit agak kesulitan membedakan uang palsu dan uang asli.

ilustrasi kakek mambawa uang
infopublik.id

Belajar dari kejadian ini, siapapun perlu tahu cara untuk membedakan uang mainan dan uang asli. Menurut Deputi Gubernur BI, Sugeng, pada tahun 2017 yang lalu, cara paling mudah untuk membedakannya adalah dengan cara 3D. Dilihat, diraba, dan diterawang.

Ditambahkan juga, kalau semakin tinggi pecahan uangnya, semakin banyak juga unsur pengaman yang ada dalam lembaran uang tersebut. Misalnya saja, uang Rp100 ribu memiliki 12 unsur pengaman.

cara melihat uang asli atau tidak
medcom.id

“Unsur pengaman itu bisa dilihat dari watermark dan benang pengaman yang ada pada lembaran uang,” jelas Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI, Suhaedi.

Kembali lagi pada kejadian sang kakek, memang ada banyak sekali warganet yang menuliskan komentar penyesalan bernada mengutuk kepada sang penipu.

Baca juga: Kisah Pilu Kakek Tunanetra yang Bertahan Hidup dari Rongsokan dan 20 Tahun Tidur di Pos Kamling

Nggak sedikit juga yang menanyakan, dimana hati orang tersebut saat tega menipu kakek yang berjualan sayur ini. Semoga sang kakek selalu mendapatkan rezeki yang melimpah dan selalu diberikan kesehatan ya!

0 Comment