Kalau Tiket Pulau Komodo Resmi Naik Sampai 14 Juta, Wisata di Sekitarnya Ini Bisa Jadi Alternatif

08 October 2019, at 17:00
0
0
Kalau Tiket Pulau Komodo Resmi Naik Sampai 14 Juta, Wisata di Sekitarnya Ini Bisa Jadi Alternatif

Pulau Komodo batal ditutup. Namun ada wacana baru tentang tiket masuk yang kabarnya bakal naik menjadi Rp14 juta.

Bahkan skema khusus kedatangan tamu juga katanya bakal diberlakukan dengan tujuan membatasi kunjungan wisatawan. Tiket masuk pun menggunakan sistem keanggotaan tahunan, dimana terbagi menjadi premium dan non premium.

pulau komodo
instagram.com/thisis.bejes

Buat yang punya membership premium, rencananya mereka bakal diarahkan ke Pulau Komodo. Beda lagi dengan membership non premium.

Tapi tenang saja, karena buat pemilik membership non premium masih bisa melihat komodo kok. Tepatnya di Pulau Rinca. Wisata di Nusa Tenggara Timur ini juga nggak kalah menarik dari Pulau Komodo kok. Ada apa saja sih di sana?

1. Habitat komodo

komodo pulau rinca
instagram.com/ddwltrpuka

Bukan cuma di Pulau Komodo, kamu juga bisa melihat komodo di Pulau Rinca. Bahkan ternyata wilayah ini juga merupakan salah satu habitat asli hewan purba tersebut lho.

Dengan luas wilayah lebih kecil daripada Pulau Komodo, kamu bisa lebih mudah bertemu dengan spesies biawak terbesar ini di pulau Rinca.

2. Dekat dari Labuan Bajo

labuan bajo
instagram.com/___jenny.kim

Tahu nggak sih, Pulau Rinca letaknya dekat dari Labuan Bajo dibandingkan dengan Pulau komodo. Titik tertinggi pulau ini ada di Doro (Gunung) Ora dengan ketinggian sekira 670 mdpl.

Karena lebih dekat dari Labuan Bajo, ini artinya kamu bisa sekaligus menjelajahi salah satu destinasi di Nusa Tenggara Timur ini sebelum atau sesudah ke Pulau Rinca.

3. Jalur tracking yang beragam

jalur trek pulau rinca
instagram.com/silasgun

Keistimwaan lain dari Pulau Rinca adalah beragam jalur track yang bisa dipilih. Mulai dari tracking pendek, medium, sampai panjang bebas kamu pilih. Rute yang bakal kamu pilih tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi fisik demi keselamatan dan meminimalisir risiko di lapangan.

Di sepanjang jalur penjelajahan, kamu bakal ditemani dengan pemandangan cantik berupa perbukitan dan hamparan laut biru. Bukit tersebut bakal menguning saat musim kemarau, sedangkan hijau layaknya New Zealand saat penghujan.

Di sela-sela perjalanan, kamu juga bakal menemukan puncak bukit yang menyuguhkan panorama khas Pulau Rinca. Dimana hamparan lautan biru yang dipadukan dengan perbukitan eksotis bakal tersaji di hadapanmu.

Baca juga: Kenapa Komodo Hanya Ada di Indonesia? Ternyata ini Alasannya

4. Fasilitas Pulau Rinca

rinca island
instagram.com/aristidesfariz

Selain pemandangan yang memanjakan mata, Pulau Rinca juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Yaitu mulai dari toilet, warung makan, hingga homestay bisa kamu temukan di sekitar lokasi pos penjagaan.

Kalau dulu untuk menikmati semua fasilitas dan menyaksikan keindahan alam di Pulau Rinca, pengunjung cuma perlu membayar tiket masuk sekira Rp50 ribu sampai Rp150 ribuan. Tapi untuk tarif terbaru yang juga berkaitan dengan peraturan tentang membership non premium, pemerintah belum menentukannya. 

5. Cara ke Pulau Rinca

pulau rinca
instagram.com/iloprasetyo

Secara administratif, Pulau Rinca terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju ke destinasi ini, perjalanan bisa dimulai dari Labuan Bajo menggunakan kapal sewaan atau jasa travel.

Perjalanan menuju Pulau rinca dari Labuan Bajo bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam via laut. Dari pos penjagaan, kamu bakal dipandu oleh ranger untuk menelusuri jejak komodo.

Well, Pulau Rinca adalah salah satu rumah sang hewan purba yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Jadi kalau misalnya nanti tiket masuk Pulau Komodo resmi naik Rp14 juta, destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur ini bisa menjadi alternatif.

0 Comment