Kalinampu Natural Park, Wisata Dadakan di Bantul yang Bikin Kamu Serasa Liburan ke Jepang

08 October 2019, at 02:00
0
1
Kalinampu Natural Park, Wisata Dadakan di Bantul yang Bikin Kamu Serasa Liburan ke Jepang

Kalinampu Natural Park menjadi salah satu wisata terbaru di Jogja. Tepatnya di Kabupaten Bantul, destinasi ini berdiri.

Sesuai dengan namanya, wisata Kalinampu mengandalkan panorama alam yang natural untuk menarik perhatian para traveler. Menariknya lagi, tanaman eceng gondok yang tumbuh di sekitarnya juga ikut menjadi sorotan.

Nah, buat kamu yang kebetulan lewat Kabupaten Bantul, coba deh mampir ke wisata terbarunya Jogja ini. Soalnya selain hamparan bunga eceng gondok, kamu bakal menemukan hal-hal menarik seperti berikut ini.

1. Ketika 'gulma' jadi primadona

kalinampu natural park
instagram.com/lisasft

Beberapa hari ini, Kalinampu jadi sorotan setelah beredar foto yang menunjukkan hamparan bunga eceng gondok sedang bermekaran. Warnanya ungu dan sangat kontras dengan wilayah sekitarnya yang mayoritas bernuansa hijau.

Seperti diketahui, eceng gondok adalah salah satu jenis gulma yang dianggap mengganggu tanaman budidaya maupun ekosistem air. Tapi nggak begitu saat berada di Kalinampu Natural Park.

Gulma yang sedang bermekaran justru disulap menjadi wisata cantik oleh warga dan para pemuda setempat. Tanaman bernama latin Eichhornia crassipes ini pun sukses mencuri perhatian para milenial yang memang hobi berburu foto.

2. Wisata dadakan di Bantul

wisata kalinampu jogja
instagram.com/dreza_ptr

Wisata di Bantul ini hadir secara mendadak setelah munculnya bunga eceng gondok yang berwarna ungu cerah. Diketahui, ternyata tanaman eceng gondok memang selalu ada di aliran Sungai Opak. Tapi nggak setiap tahun berbunga.

Maka dari itu, setelah kemunculan bunga berwarna-warni ini, warga setempat memanfaatkannya menjadi destinasi wisata. Fyi, bunga-bunga eceng gondok ini cuma bisa bertahan selama kurang lebih 1 bulan. Setelah itu akan layu. Jadi mumpung masih bermekaran, yuk liburan ke Kalinampu!

3. Destinasi ala Jepang di Bantul

kalinampu pundong
instagram.com/lisasft

Kalinampu Natural Park bukan cuma punya bunga-bunga eceng gondok yang cantik. Di salah satu calon wisata hits Jogja ini juga ada spot ala Negeri Sakura, lho.

Sejumlah properti dan spot foto seperti gerbang torii ala Jepang tersedia di wisata musiman Kalinampu ini. Begitu pula dengan penyewaan kimono, lengkap dengan kipas dan payung warna-warni juga ada.

Baca juga: Ada Sangkar Raksasa Tepi Sungai di Bantul, Sudah Mampir?

4. Wisata murah di Bantul

kalinampu
instagram.com/gunawanw95

Lagi irit uang jajan? Kamu masih bisa liburan kok. Caranya dengan mampir ke wisata dadakannya Kalinampu ini.

Cuma perlu bayar Rp5ribu untuk tiket masuk dan parkir kendaraan roda dua, kamu bisa puas foto-foto. Sementara buat pengunjung yang bawa kendaraan roda empat perlu menyediakan dana sekira Rp10 ribu.

Nah, khusus buat kamu yang ingin sewa kimono, biayanya nambah lagi. Nggak mahal kok, cuma sekira Rp25 ribu. Itupun sudah termasuk properti kipas dan payung. Murah kan?

5. Cara ke Kalinampu Natural Park

kalinampu natural park bantul
instagram.com/pinkanbeby34

Kalinampu Natural Park terletak di Dusun Kalinampu, Seloharjo, Pundong. Dari pusat Kabupaten Bantul, jaraknya sekira 16 kilometer. Rute tercepat supaya cepat sampai di wisata Kalinampu adalah melalui Jalan Pramuka dengan estimasi waktu 28 menitan.

Jadi gimana, tertarik liburan ke Kalinampu Natural Park? Mumpung bunga-bunga cantiknya masih bermekaran, yuk langsung berangkat ke salah satu wisata Jogja ini!

1 Comment
Iswanto
07/10 - 13:27
Terima kasih atas ulasannya. sedikit tambahan informasi untuk link google map bit.ly/PesonaKaliNampu