Kampoeng Toron Semalem, Wisata Madura yang Konon Jadi Tempat Semedi Potre Koneng

19 November 2019, at 15:00
0
0
Kampoeng Toron Semalem, Wisata Madura yang Konon Jadi Tempat Semedi Potre Koneng

Di bidang pariwisata, Madura memang nggak sepopuler Bali. Meski begitu, belakangan wisata di Pulau Garam ini terus berkembang. Bahkan setelah Bukit Jaddih, kini muncul lagi destinasi yang nggak kalah keren, yaitu Kampoeng Toron Semalem.

Dulu, tempat ini bukan apa-apa. Tapi seiring berjalannya waktu, wisata Toron Semalem semakin digandrungi oleh para traveler milenial. Apalagi banyak spot foto kekinian di destinasi ini.

Bahkan selain kaya akan area untuk berswafoto, tempat wisata di Madura ini juga punya beberapa fakta menarik. Biar nggak penasaran, langsung saja deh intip ulasan Qupas berikut ini!

1. Bekas tambang di Madura

toron semalem madura
instagram.com/ziliaaa_

Nggak langsung terbentuk menjadi tempat wisata seperti yang kamu lihat sekarang. Ternyata Kampoeng Toron Semalem sebelumnya adalah bekas tambang batu.

Melalui tangan seseorang yang punya kreativitas tinggi, akhirnya Toron Semalem menjadi destinasi wisata seru Madura yang kini diburu para traveler milenial.

Bentang alamnya terbentuk secara alami. Kemudian dikemas menjadi sesuatu yang baru dan mengikuti zaman.

2. Legenda Toron Semalem

kampoeng wisata toron semalem
instagram.com/kampoeng_wisata_toron_samalem

Tempat-tempat wisata di Indonesia kadang nggak luput dari legenda. Seperti Toron Semalem.

Konon, objek wisata di Madura ini merupakan tempat semedi Potre Koneng, seorang putri cantik dari Raja Sumenep yang hidup di abad 13. Dalam legenda selanjutnya, ia kemudian menjadi ibu dari Jokotole.

3. Wisata di Madura yang instagenik

kampoeng toron semalem madura
instagram.com/bilaabell

Memasuki Wisata Kampoeng Toron Semalem, suasana jadul bakal kamu rasakan. Dimana sejumlah rumah dari kayu beratap jerami akan kamu temukan di sini.

Selain itu, beberapa replika pohon sakura pun ada di tempat wisata Madura ini. Biasanya, spot ala Negeri Sakura ini jadi lokasi favorit untuk para pecinta selfie.

Setelah puas berswafoto, kamu bisa menuju arah pintu keluar yang juga menyediakan banyak spot foto keren. Misalnya seperti bukit kapur hingga kolam alami dengan air jernih.

Baca juga: Pulau Kangean, Surga Baharinya Pulau Madura

4. Wisata murah di Madura

kampoeng toron semalem
instagram.com/shewin_koa

Bisa dibilang Toron Semalem adalah salah satu wisata murah di Madura. Sebab, cuma perlu bayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu, kamu sudah bisa puas hunting foto di destinasi ini.

Terjangkau kan? Terlebih lagi kamu juga bisa mengulik kisah masa lalu Potre Koneng yang katanya pernah bertapa di area wisata Madura ini.

5. Cara ke Kampoeng Toron Semalem

toron semalem
instagram.com/fa_ana_khairon

Secara administratif, lokasi Kampoeng Toron Semalem berada di Desa Blumbungan, Larangan. Dari pusat Kota Pamekasan, letaknya sekira 5,5 kilometer ke utara. Waktu tempuh kurang lebih selama 15 menit dari Pamekasan.

Setelah sampai di Pasar Blumbungan, lurus terus sekira 2 kilometer ke utara. Selanjutnya, kamu akan menemukan pintu masuk melalui papan petunjuk yang berada di sisi kanan jalan.

Gimana, tertarik mampir ke Kampoeng Toron Semalem? Karena memang baru dibuka pada Desember 2018, nggak heran kalau wisata murah di Madura ini terus mengalami pembenahan. Jadi, saat datang ke Toron Semalem, jangan terlalu berekspektasi tinggi, ya!

0 Comment