Kamu dan Pasangan Beda Pilihan Capres? Ini Tips Agar Jangan Sampai Berantem

19 February 2019, at 08:00
0
0
Kamu dan Pasangan Beda Pilihan Capres? Ini Tips Agar Jangan Sampai Berantem

Menjalin hubungan cinta memang tidak mudah. Ada dua kepala yang sama-sama menjalankan ke arah mana jalinan tersebut akan berlangsung.

Berpasangan bukan berarti kamu dan ia akan selalu memiliki pendapat dan ketertarikan yang sama. Perbedaan kerapkali muncul dan menjadi kerikil-kerikil kecil atau cobaan dalam hubungan.

Mulai dari hal kecil tentang selera makanan, musik, film, atau bahkan hal-hal yang cukup berat seperti poilitik.

Baca Juga: Capres Fiktif Nurhadi-Aldo Mendapatkan Banyak Dukungan, Kocak!

Memasuki tahun politik, kamu dan pasangan harus mempersiapkan berbagai hal. Jangan sampai hubungan kalian kandas hanya karena perbedaan pandangan atau pilihan calon presiden yang berbeda.

Begini cara agar kamu dan pasangan tidak saling memusuhi karena beda pilihan capres.

1. Menjadi Pendengar yang Baik

pasangan perbedaan beda pilihan capres menjadi pendengar yang baik
stocksy.com

Meskipun ada di kubu yang berbeda, kamu harus tetap menjadi pendengar yang baik bagi pasangan. Ketika ia sedang dengan bersemangat membicarakan alasannya memilih kubu lawan, dengarkan ia dengan seksama.

Perhatikan hal-hal logis yang ia sampaikan. Kamu tidak perlu sungkan untuk memintanya mengulangi penjelasan apabila ada yang tidak kamu mengerti.

Buatlah suasana sesantai mungkin dan jangan potong argumennya dengan hal-hal yang membawa pertikaian.

2. Hargai Perbedaan

pasangan perbedaan beda pilihan capres hargai perbedaan cara mengatasinya
videoblocks.com

Masalah politik memang selalu rumit dan pelik. Kamu dan pasangan harus menyadari hal tersebut dan menghargai perbedaan pilihan kalian. Dengan seperti itu, tidak akan ada rasa kebencian yang tumbuh di hati masing-masing.

Hargai pendapat pasangan, meskipun hal tersebut aneh dan tidak masuk akal. Menghargai bukan berarti kamu menyetujuinya, kok. Namun paling tidak kamu tidak perlu bersusah payah untuk menyampaikan hal tersebut kepadanya.

3. Beri Batasan untuk Berdebat

pasangan perbedaan beda pilihan capres batasi berdebat
fatherhoodchannel.com

Ketika berbincang tentang politik bersama pasangan, ada baiknya kalian memberi batasan untuk berdebat. Jika pembicaraan sudah mulai panas dan pasangan sudah mulai gusar, sebaiknya sudahi diskusi tersebut.

Kamu harus peka terhadap reaksi pasangan agar diskusi tersebut tidak keluar jalur dan justru menyakitinya.

4. Cobalah Diskusi yang Berbobot

pasangan perbedaan beda pilihan capres diskusi berbobot
victoriabuzz.com

Selain memberi batasan untuk berdebat, kamu dan pasangan juga bisa mencoba diskusi yang berbobot. Carilah pemahaman tentang pilihan satu sama lain dan tidak saling menyalahkan.

Kamu juga harus menghargai dan mengakui kelebihan calon pilihan pasangan apabila memang terbukti baik dan ada data konkrit. Namun, tetap saja hal tersebut tidak lantas membuatmu harus mengganti pilihan.

Baca Juga: Tahun politik, Pasangan Ini Bikin Foto Prewed Super Unik!

5. Tahu Kapan Harus Menghentikan Diri Sendiri

pasangan perbedaan beda pilihan capres sadar diri
vitalsmarts.com

Banyak yang mengatakan perbedaan merupakan hal yang indah. Namun, apabila tidak diimbangi dengan kesadaran diri hal tersebut hanya akan membawa perpecahan.

Seperti pasangan dengan pilihan capres berbeda. Masing-masing harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menghentikan diri sendiri.

Jangan sampai hanya gara-gara pandangan politik yang berbeda, perkataan yang dilontarkan menyakiti perasaan pasangan.

6. Jangan Memaksakan Pilihan

pasangan perbedaan beda pilihan capres jangan paksakan pilihan
psychologytoday.com

Kamu tidak boleh memaksakan pilihan pasangan untuk menjadi sama sepertimu, apapun alasannya. Sebaik apapun pilihanmu dan seburuk apapun pilihan pasangan, meskipun hal ini telah dibuktikan melalui data konkrit.

Sebagai pasangan, kalian harus sadar bahwa hubungan tersebut terbentuk dari dua kepala dengan isi yang berbeda. Sehingga, wajar adanya jika terjadi perbedaan pendapat.

7. Kurangi Membahas Tentang Politik

pasangan perbedaan beda pilihan capres kurangi bahas politik
healthline.com

Jika kamu dan pasangan sudah terlanjur panas dan sering uring-uringan, sebaiknya kurangi pembahasan tentang politik. Ditengah hiruk-pikuk kampanye dimana-mana, kamu dan pasangan sebaiknya lebih bijak untuk memilih tema obrolan.

Jangan sampai karena egois dan ingin terus membicarakan masalah politik, kelangsungan hubungan menjadi taruhannya.

8. Ingatlah Kenangan Indah

pasangan perbedaan beda pilihan capres ingatlah kenangan indah dan bahagia
bornrealist.com

Apabila sudah benar-benar kesal dan marah pada pasangan karena masalah perbedaan pandangan politik, cobalah untuk mengingat kembali masa-masa indah bersama.

Melakukannya akan mencegah terjadinya perpisahan. Karena ada banyak hal yang lebih berharga dalam hubunganmu daripada sekedar urusan politik.

Baca Juga: Begini Perbedaan Orang yang Serius dan Hanya Main-Main Denganmu

Nah, itu dia 8 tips atau cara mengatasi perbedaan pandangan politik dengan pasangan. Tetap bersikap baik kepada semua orang meskipun memiliki pendapat dan berseberangan adalah pilihan yang paling tepat.

Jangan sampai masalah politik membuat hubunganmu dan pasangan menjadi renggang bahkan kandas.

0 Comment