Kamu First Jobber? Begini Cara Mengelola THR dengan Bijaksana Supaya Nggak Sia-sia

29 May 2019, at 08:00
1
0
Kamu First Jobber? Begini Cara Mengelola THR dengan Bijaksana Supaya Nggak Sia-sia

Jika kamu merupakan first jobber atau seseorang yang baru pertama kali bekerja, mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya pasti terasa menyenangkan.

Saking senangnya, kebanyakan orang nggak melakukan pengelolaan yang tepat terhadap uang THR sam halnya ketika mendapatkan gaji pertama.

Oleh sebab itu, berikut ini tips mengelola uang THR dengan bijaksana agar nggak terbuang sia-sia yang bisa kamu praktikkan.

Baca Juga: Meski Uang Menipis, Begini Cara Kencan di Tanggal Tua Biar Tetap Romantis

1. Zakat, Infak, dan Sedekah

zakat, infak, dan sedekah
zakat.or.id

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam mengelola uang THR adalah dengan menyisihkan untuk membayar zakat fitrah terlebih dahulu karena merupakan sebuah kewajiban.

Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan sebagian dana khusus untuk memberikan infak atau bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

2. Kebutuhan Lebaran

kebutuhan lebaran
pexels.com/@olly

Namanya juga THR alias Tunjangan Hari Raya, maka sudah pasti kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan lebaranmu, tanpa perlu mengurangi gaji bulananmu.

Hal-hal seperti tiket pulang kampung, membantu orang tua membeli jajanan lebaran, membeli pakaian, make up, dan lain sebagainya juga bisa kamu lakukan.

3. Melunasi Utang

melunasi utang
pexels.com/@burst

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan uang THR untuk melunasi utang atau membayar cicilan. Melakukan hal tersebut akan membuatmu merasa tenang saat lebaran karena sudah nggak ada tanggungan.

Sebaiknya hindari juga berbelanja lebaran menggunakan kartu kredit atau secara berlebihan hingga uang THRmu nggak cukup sehingga menambah hutang baru.

Baca Juga: Bingung Mau Bagi Uang Saat Lebaran Seperti Apa? Yuk Bikin Amplop Cantik Seperti Ini

4. Memberikan Angpao

memberikan angpao
cellcode.us

Saat kecil dulu, kamu pasti bahagia sekali kan apabila mendapatkan angpao dari keluargamu yang lebih tua. Sekarang, sudah saatnya kamu yang memberikan kebagiaan tersebut kepada saudara yang masih kecil atau anak-anak tetanggamu.

Nggak perlu nominal yang besar, anak-anak akan menerimanya dengan senang hati berapapun yang kamu berikan.

5. Menjadi Dana Cadangan dan Investasi

menjadi dana cadangan dan investasi
pexels.com/@pixabay

Salah satu cara mengelola uang THR dengan bijaksana lainnya adalah berusaha untuk menyisihkan 10 persen dari keseluruhan untuk menjadi dana cadangan.

Bagi kamu yang kesulitan menyisihkan gaji bulanan, uang THR juga bisa menjadi modal yang potensial untuk diinvestasikan dalam bentuk barang seperti emas, deposito, atau reksadana.

6. Rewards Bagi Diri Sendiri

Selain itu, apabila uang THR masih tersisa kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memberikan reward bagi diri sendiri atas usaha yang selama ini telah kamu lakukan.

Bekerja untuk pertama kali bukanlah hal yang mudah. Pasti ada banyak kesulitan yang kamu alami. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya jika kamu menggunakan uang sisa THR untuk traveling atau kegiatan lain untuk menghilangkan penatmu.

Jadi bagi Sobat Qupas yang merupakan first jobber, tips mengelola uang THR di atas bisa kamu lakukan dan sesuaikanlah dengan kebutuhan. Tetap bijaksana dalam mengatur keuangan, ya!

0 Comment