Kamu Harus Tahu, Inilah Manfaat Mengonsumsi Air Lemon Bagi Ibu Hamil

19 September 2018, at 09:07
0
0
Kamu Harus Tahu, Inilah Manfaat Mengonsumsi Air Lemon Bagi Ibu Hamil

Bicara mengenai kehamilan, tentu saja kamu sudah tahu kalau wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk makan sembarangan. Mereka harus bisa memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi agar kondisi diri dan janin tetap dalam keadaan sehat.

Umumnya, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, asam folat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Begitu pula dengan minuman, mereka harus lebih banyak minum air putih dibanding dengan minuman lainnya.

makanan hamil
healthwholeness.com

Sebab ada beberapa jenis makanan atau minuman yang dipercaya bisa mengancam kesehatan bayi, salah satunya adalah lemon. Yap, lemon merupakan salah satu makanan yang juga bisa dijadikan sebagai bahan minuman. Rasanya menyegarkan sehingga sering digunakan untuk melepas dahaga.

Namun, banyak yang beranggapan bahwa selama masa kehamilan tidak boleh minum air lemon karena memiliki rasa yang cukup asam. Padahal, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, ahli kandungan masih tetap menyarankan wanita hamil untuk minum air lemon karena memiliki banyak manfaat asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Apa saja manfaatnya? Simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga : Awas, Inilah 8 Penyebab Keguguran yang Wajib Kamu Ketahui

1. Menurunkan Hipertensi

hipertensi
drwox.com

Perlu diketahui, setiap wanita hamil memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi bila dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil. Tekanan darah tinggi pada wanita hamil bisa menyebabkan mereka mengalami pre-eklamsia. Tentu saja hal ini cukup mengerikan, bahkan berujung kematian. Oleh karenanya, kamu harus bisa menghindari kemungkinan terburuk itu dengan melindungi diri dari risiko hipertesi, salah satu caranya adalah mengonsumsi air lemon secara rutin.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

hamil
faktualnews.co

Kandungan vitamin C pada lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada wanita hamil. Selama kehamilan, kamu pasti akan mengalami rasa cemas yang tinggi sehingga membuat tubuh ngedrop dan mudah sakit. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu terjadinya masalah yang lebih serius pada janin. Untuk itu, konsumsilah air lemon segar agar sistem kekebalan tubuhmu bisa meningkat selama kehamilan.

3. Mengatasi Sembelit

sembelit hamil
majalahkartini.co.id

Selama masa kehamilan, masalah yang akan sering kamu rasakan adalah sembelit. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi air lemon karena buah yang satu ini bisa membantu perut mengeluarkan lebih banyak cairan melalui sistem pencernaan. Sehingga, hal itu bisa membantu gerakan peristaltik usus besar yang membantu melawan sembelit.

4. Mencegah Kaki Bengkak

hamil kaki bengkak
orami.co.id

Mungkin kamu pernah mendengar kalau wanita hamil sering mengalami bengkak pada beberapa bagian tubuh, bukan? Yap, wanita hamil memang rentan mengalami masalah itu, terutama pada bagian kaki. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi air lemon hangat. Hal ini juga bisa mengurangi edema ketika memasuki usia kandungan tua.

5. Mengatasi Kembung dan Mual

mual hamil
orami.co.id

Selanjutnya, air lemon juga bisa mengurangi rasa kembung dan mual yang biasa dirawakan oleh wanita hamil. Mual itu bisa ditekan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengonsumsi air lemon. Caranya mudah, kamu hanya perlu menggunakan lemon sebagai infused water. Namun ingat, porsinya jangan terlalu banyak.

6. Melancarkan Persalinan

Dan yang manfaat yang tidak terduga dari lemon adalah memudahkan persalinan. Buat kamu yang takut atau merasa cemas akan susahnya persalinan, maka kamu bisa mengonsumsi lemon secara rutin dari sekarang. Agar rasanya tidak membosankan, kamu bisa mencampurnya dengan madu dan diminum pada pagi hari serta malam menjelang tidur.

Itulah beberapa manfaat air lemon untuk ibu hamil. Selamat mencoba, ya!

0 Comment