Kamu Hobi Berjemur di Pantai? Ini Bahayanya untuk Kulit yang Harus Diwaspadai

19 July 2019, at 11:00
0
0
Kamu Hobi Berjemur di Pantai? Ini Bahayanya untuk Kulit yang Harus Diwaspadai

Bagi sebagian orang, kulit yang berwarna kecoklatan dianggap lebih menarik dan eksotis. Karena itulah banyak yang kemudian rela berjemur seharian ketika mengunjungi pantai. Kamu juga?

Kalau iya, baiknya lebih berhati-hati lagi. Meski kulit bakalan terlihat lebih eksotis, nyatanya terlalu sering berjemur juga bisa mengundang bahaya lho.

Maka dari itu, yuk langsung simak bahaya sinar matahari untuk kulit kalau terlalu sering berjemur berikut ini!

1. Memicu munculnya freckles

freckles
instagram.com/sarahayuh_

Meski makeup freckles sempat menjadi tren, tapi nggak sedikit juga yang terganggu dengan kehadiran bitik hitam di wajah ini. Umumnya kumpulan kluster melanin ini muncul akibat faktor genetik, hormon, dan bisa diperparah dengan paparan sinar matahari.

Untuk itu, pastikan untuk melindungi kulitmu dengan sunblock secara menyeluruh sebelum berjemur supaya freckles nggak berani muncul.

2. Munculnya flek hitam

flek hitam
bloss.co.za

Selain freckles, efek samping dari hobi berjemur yang harus kamu waspadai adalah munculnya flek hitam. Jenis hiperpigmentasi yang satu ini biasanya dipicu oleh berkurangnya kemampuan kulit untuk mengatasi kerusakan akibat sinar matahari.

Bagaimana cara mencegahnya? Tentu saja lebih bijak dalam berjemur dan memilih produk tabir surya dengan spektrum yang lebih luas supaya bisa menangkal bahaya sinar UVA dan UVB.

Baca juga: Kamu Hobi Olahraga? Ini 5 Tips yang Harus Diikuti Biar Kulitmu Tetap Cantik

3. Memperparah jerawat

pemicu jerawat
townsquare.media

Berjemur tentu saja membuat minyak yang diproduksi oleh wajah jadi bertambah banyak. Kombinasi debu dan keringat yang nggak segera dibersihkan nantinya bisa memicu timbulnya jerawat.

Apalagi kalau kamu sering mengusap keringat menggunakan tangan yang kotor. Siap-siap wajahmu jadi taruhannya.

Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk membawa handuk bersih untuk menyeka keringat saat sedang berjemur.

4. Merusak elastisitas kulit

bahaya berjemur
instagram.com/sensatiabotanicals

Bahaya sinar matahari bukan cuma menimbulkan masalah hiperpigmentasi. Tapi berjemur dalam waktu yang sangat lama ternyata bisa merusak kolagen dan membuat kulit kehilangan elastisitasnya.

Jadi jangan asal berjemur ya. Tapi perhatikan juga waktu dan durasinya supaya kulitmu tetap sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

5. Merusak pigmen rambut

bahaya sinar matahari
hearstapps.com

Selain membahayakan kulit, terlalu sering berjemur juga berpotensi merusak rambutmu. Sayangnya masih banyak yang belum menyadari hal ini.

Padahal paparan sinar matahari dalam waktu yang lama bisa membuat rambut kering dan  pigmennya rusak. Untuk itu, jangan cuma kulit yang dilindungi dengan sunblock.

Memakai topi, syal, atau spray penyegar juga penting untuk melindungi rambutmu. Kamu juga bisa merawat rambut dengan masker setelah berjemur.

Baca juga: Mulai 10 Ribuan, Ini Pilihan Masker Rambut yang Bisa Kamu Coba!

Nah, itulah beberapa dampak negatif dari berjemur yang harus kamu waspadai. Jadi jangan cuma tergiur dengan kulit yang eksotis, tapi perhatikan juga beberapa hal di atas supaya kulitmu tetap sehat.

0 Comment