Kamu Punya Jerawat Parah? Mungkin Itu Cystic Acne

04 July 2018, at 01:00
1
0
Kamu Punya Jerawat Parah? Mungkin Itu Cystic Acne

Berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, pori-pori besar, komedo, minyak berlebih, jerawat dan juga cystic acne kerapkali datang dan mengganggu penampilan. Namun, di antara berbagai gangguan kulit yang ada, cystic acne adalah salah satu masalah kulit yang dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri serta bisa bertahan lama di permukaan kulit wajah.

Cystic acne atau yang umumnya disebut dengan jerawat batu memiliki bentuk yang lebih besar jika dibandingkan dengan jerawat biasa pada umumnya. Dikenal juga sebagai milium, munculnya cysctic acne yang merupakan benjolan di permukaan kulit ini biasanya disertai dengan terjadinya peradangan yang menekan syaraf dan menimbulkan warna merah, bengkak, serta menyebar dengan cepat di seluruh permukaan kulit wajah. Jadi, apa penyebab terjadinya cystic acne dan bagaimana pengobatannya? Yuk, cari tahu melalui pembahasan berikut ini.

 

instahealthtips.com

 

Cystic acne sebenarnya merupakan kista epidermal berukuran kecil yang jika tidak dikeluarkan dapat merusak tekstur kulit wajah. Jerawat batu ini bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita di segala rentang usia.

Masalah kulit yang kerapkali menimbulkan rasa kurang nyaman ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti jenis makanan yang dikonsumsi, masalah hormon, faktor keturunan di mana orang tua dengan riwayat cystic acne akan dapat mewariskan masalah yang sama pada anaknya, dan juga lambatnya regenerasi sel kulit akibat pelepasan sel kulit mati yang tidak sempurna. Selain itu, paparan sinar matahari dengan intensitas tinggi dan pemakaian kosmetik yang berlebihan juga ditengarai menjadi penyebab masalah kulit tersebut.

Cystic acne sebenarnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi antibiotik berupa obat minum yang membantu menjaga keseimbangan hormon. Selain itu, juga dapat diobati dengan cara mengoleskan salep yang dapat mengobati jerawat batu ini dari luar.

Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya cystic acne, misalnya dengan menjaga kebersihan wajah terutama untuk menghilangkan kotoran di atas kulit, menghindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, memperbanyak minum air untuk melancarkan metabolisme tubuh sekaligus melembapkan kulit, mengusahakan pola makan yang sehat dan teratur, dan terakhir menghindari rambut menutupi pori-pori wajah yang dapat membawa kotoran penyebab terjadinya cystic acne.

Jadi, mulai saat ini usahakan mencegah timbulnya cystic acne sebelum terjadi peradangan parah di wajahmu.
0 Comment