Kamu Sering Terpancing Berita Palsu alias Hoax? Ikuti Tips Ini Agar Kamu Bisa Lebih Berhati-hati

12 June 2018, at 18:45
2
0
Kamu Sering Terpancing Berita Palsu alias Hoax? Ikuti Tips Ini Agar Kamu Bisa Lebih Berhati-hati

Banyaknya berita hoax yang tersebar di masyarakat memang menjadi masalah yang meresahkan. Ketika kini kebanyakan masyarakat telah menjadi pengguna aktif sosial media, hoax menjadi semakin cepat dan mudah tersebar. Apakah kamu juga salah satu yang menerima berita hoax itu atau bahkan mungkin ikut terjebak? Kini saatnya kamu belajar menghindari hoax dengan cara berikut!

 

1.  Lihat link sumber berita dan lakukan crosscheck

 

artamaya.web.id

 

Jika kamu mendapatkan informasi atau suatu berita dari sumber yang tidak jelas seperti yang saat ini sering terjadi, misalnya "dari grup sebelah", jangan langsung percaya. Berita dengan referensi yang tidak jelas seperti ini yang harusnya kamu hindari. Sekalipun berita tersebut mencantumkan alamat website, kamu juga harus ketahui alamat website seperti apa yang bisa kamu percaya. Kamu bisa lihat dari alamat domain website berita tersebut dan pastikan bahwa itu adalah website yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

 

2. Jangan terjebak judul berita yang provokatif dan ambigu

 

rebanas.com

 

Penulis yang menuliskan judul dengan kata-kata provokatif juga harus kamu hindari. Judul seperti itu sengaja ditulis agar memikat calon pembaca untuk meng-klik link atau berita tersebut. Penulisan judul yang provokatif juga bertujuan untuk menaikkan rating website.

 

3. Pahami isi berita dengan seksama

 

huffingtonpost.com

Baca keseluruhan kalimat yang ditulis dengan teliti. Perhatikan makna setiap kalimat yang ditulis agar kamu tidak melewatkan setiap kalimat yang dimaksudkan. Terkadang berita hoax ditulis panjang dan bertele-tele. Pahami setiap kalimat dan cerna baik-baik isi berita tersebut.

 

4. Jangan pernah menyebarkan sebelum membaca secara lengkap

 

shutterstock.com

Hal yang paling penting untuk menghindari penyebaran hoax adalah berhenti menyebarkan link berita yang tidak jelas. Berita hoax hanya memiliki tujuan untuk menyebarkan rasa takut di tengah-tengah masyarakat. Untuk mencegah adanya ketakutan atau berita yang tidak benar, jadilah pengguna sosial media yang pintar dan tegas terhadap berita hoax.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk menghindari terjebak dari berita atau isu hoax. Jangan langsung percaya dengan informasi acak yang masuk ke dalam inbox-mu ya!

0 Comment