Kantung Mata Sering Dianggap Biasa, Padahal Bisa Jadi Pertanda Penyakit

30 January 2019, at 07:00
0
0
Kantung Mata Sering Dianggap Biasa, Padahal Bisa Jadi Pertanda Penyakit

Kebanyakan orang menganggap bahwa penyebab kantung mata hitam hanyalah kelelahan, terlalu lama mentap layar komputer, atau kurang tidur.

Sehingga hampir semua orang hanya fokus pada bagaimana cara menghilangkan mata hitam tersebut. Padahal, kantung mata atau mata panda ini bisa menjadi tanda adanya penyakit pada dirimu.

Lingkar hitam di bawah mata ini memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, kamu harus peka terhadap hal-hal yang terjadi pada dirimu.

Baca juga: Harus Peka! Mata Besar Bisa Jadi Tanda Kamu Kena Penyakit Serius

Tidak ada salahnya mewaspadai penyakit-penyakit di bawah ini jika sedang mengalami mata panda parah.

1. Anemia

kantung mata hitam tanda penyakit anemia
coxshoney.com

Anemia merupakan kondisi di mana sel darah merah lebih rendah daripada jumlah normal.

Masalah kesehatan ini biasanya disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh seseorang. Kondisi inilah yang memunculkan lingkar hitam di bawah mata.

mata panda pertanda anemia
medcom.id

Kantung mata hitam tanda penyakit anemia. Sebaiknya, terapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Perbanyak makan sayuran hijau, produk susu, dan buah yang bisa mengurangi masalah tersebut.

2. Dehidrasi

lingkar mata hitam tanda penyakit apa dehidrasi
safetysign.co.id

Selain anemia, dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mata panda. Tubuh tidak memiliki kadar air yang cukup atau sesuai membuat bagian tertentu pada tubuh bermasalah.

Hal ini dapat juga berpengaruh pada mulut dak daerah sekitar mata.

penyebab mata panda dehidrasi
theconversation.com

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi 8 gelas atau setara dengan 2 liter air setiap hari. Selain itu, menambah asupan nutrisi dari buah juga sangat disarankan.

Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan alkohol karena dapat memperparah dehidrasi.

3. Kekurangan Gizi

mata panda parah karena kekurangan gizi
plimbi.com

Seperti kekurangan zat besi, kantung mata ternyata juga bisa terjadi karena seseorang kekurangan gizi. Minimnya asupan nutrisi dan vitamin A, C, K dan E juga bisa membuatmu mengalami masalah kesehatan ini.

mata hitam karena kekurangan gizi
oomph.co.id

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang sama setiap hari karena akan membuatmu kekurangan nutrisi.

Perbanyaklah makan makanan sehat seperti buah, sayur, daging, susu, dan lain sebagainya yang dapat menyeimbangkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Baca Juga: Mata Merah tetapi Tidak Sakit, Apa Penyebabnya?

4. Penyakit Hati

penyebab kantung mata hitam penyakit hati
tennessean.com

Bawah mata hitam juga bisa menjadi pertanda gejala kelainan fungsi hati. Berbagai penyakit hati bisa menjadi penyebabnya.

Masalah kesehatan seperti hepatitis memang memiliki keterkaitan yang erat dengan mata dan sekitarnya.

penyebab kantung mata hitam hepatitis
hellosehat.com

Jika terjadi hal seperti ini, sebaiknya segera pastikan apa yang terjadi kepadamu. Kunjungilah dokter agar penyakit bisa segera dideteksi. Apalagi jika kantung mata disertai dengan mata kuning.

5. Alergi

bawah mata hitam alergi
medicalnewstoday.com

Setiap apapun yang membuat mata gatal dapat menjadikan atau membentuk mata panda. Termasuk ketika kamu mengalami alergi terhadap sesuatu.

Akan ada reaksi dari tubuh yang bisa jadi berupa gatal pada mata atau area mata.

kantung mata hitam pada anak alergi
romper.com

Selain itu, beberapa respon tubuh ketika mengalami alergi makanan juga bisa berupa lingkaran hitam di bawah mata.

Bagian bawah mata akan cenderung terlihat lebih gelap daripada biasanya. Hal ini sering menjadi penyebab kantung mata hitam pada anak-anak.

Kamu masih mau menyepelekan kantung mata hitam? Mulai sekarang, ayo peka terhadap diri sendiri. Tidak semua kantung mata merupakan tanda dari sebuah penyakit. Tetapi, apa salahnya berjaga-jaga?

Jika muncul kantung mata dan kamu merasa ada yang tidak beres pada tubuhmu, segera pergi ke dokter. Lingkar hitam di bawah mata bisa juga menjadi pertanda bahwa kamu perlu istirahat.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi kesehatan, silakan unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga.

0 Comment