Katanya Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan Bisa Berbahaya, Mitos atau Fakta?

20 May 2019, at 07:00
1
0
Katanya Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan Bisa Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari bakteri dan masalah kesehatan seperti sariawan, bau mulut, dan lain sebagainya merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Salah satu cara yang paling mudah adalah menyikat gigi. Hal ini akan membantu membersikan gigi dan mulut dari kotoran dan sisa-sisa makanan yang menempel.

Baca Juga: Benarkah Jarang Sikat Gigi Bikin Susah Punya Keturunan? Mitos atau Fakta?

Tapi, beberapa orang mengatakan bahwa menyikat gigi tepat setelah makan justru nggak baik dan dapat merusak gigi. Benarkah demikian? Padahal, banyak orang yang melakukan hal tersebut untuk mencegah adanya kuman.

sikat gigi setelah makan
pexels.com/@nappy

Ternyata, menyikat gigi memang sebaiknya dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Melakukannya tepat setelah makan justru akan berbahaya bagi kesehatan gigi. Kondisi ini dipengaruhi oleh tingkat keasaman mulut yang berubah setelah makan karena beberapa jenis makanan seperti tomat dan jeruk.

Menyikat gigi dalam keadaan tersebut akan mempercepat proses gerusan asam yang mengikis dentin yang membuat gigi rusak, kropos, dan mempercepat proses pembusukan.

menyikat gigi
arrajol.com

Nggak cuma itu, menyikat gigi setelah makan juga berarti nggak memberikan waktu bagi air liur atau saliva yang mengandung alfa amilase dan enzim lainnya untuk membantu proses pencernaan.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Sakit Karena Gigi Berlubang

Ketika makan, pH normal air liur yang semula 6,8 akan turun mencapai pH kritis yaitu 4 karena memiliki buffer effect atau bersifat sebagai penyeimbang. Hal ini akan rusak apabila kamu langsung menyikat gigi.

Oleh sebab itu, studi menunjukkan bahwa kamu sebaiknya memberikan jeda selama minimal 30 menit sebelum menyikat gigi agar pH saliva atau air liur kembali normal dan keasaman mulut kembali seimbang.

0 Comment