Katanya Micin Bisa Bikin Otak Jadi Lemot, Mitos atau Fakta Ya?

22 April 2019, at 00:00
0
0
Katanya Micin Bisa Bikin Otak Jadi Lemot, Mitos atau Fakta Ya?

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang larang mengonsumsi makanan yang mengandung micin atau MSG karena bisa membuat kerja otak menjadi lambat.

Namun, apakah hal ini benar atau hanya sekadar mitos yang beredar luas di kalangan masyarakat? Padahal, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sudah mengkategorikan MSG atau micin sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Meskipun demikian, penelitian terhadap bahan penyedap makanan tersebut masih terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang paling tepat.

Baca Juga: Pemanis Buatan Vs Gula, Mana yang Lebih Sehat?

Untuk itu, perlu diketahui terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam micin atau MSG. Ternyata di dalamnya terdapat monosodium glutaman yang terdiri dari air, natrium, dan glutamat.

dampak msg atau micin
stuff.co.nz

Glutamat inilah yang bisa membuat makanan menjadi lebih sedap dan terasa enak. Kandungan ini juga ditemukan pada susu, keju, daging, ikan, dan beberapa sayuran.

Dilansir dari hellosehat, dr Ivena menyatakan bahwa kandungan glutamat berpotensi membuat kerja otak lebih lambat daripada biasanya.

Hal ini karena glutamat berfungsi untuk merangsang sel-sel di bagian hipotamalus otak yang bisa berbahaya apabila terlalu banyak.

micin
healthline.com

Aktivitas reseptor yang berlebihan dapat menyebabkan kematian neuron yang mengakibatkan penurunan fungsi kognitif otak. Hal ini meliputi berpikir logis, mengambil keputusan, mengingat, dan lain sebagainya.

Nggak cuma itu, monosodium glutamat juga bisa menimbulkan gejala-gejala depresi seperti kecemasan, insomnia, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ingin Bebas dari Kecanduan Junk Food? Lakukan Hal Ini!

Wah ternyata dampak micin yang bisa bikin otak menjadi lemot nggak cuma mitos, tapi memang dapat dibuktikan secara ilmiah.

Meskipun demikian, micin atau MSG aman dikonsumsi dalam batas atau jumlah yang wajar dan nggak berlebihan kok. Mulai sekarang, yuk perhatikan porsi dan jaga pola makan untuk menjadi lebih sehat!

0 Comment