Kaya dan Miskin Ternyata Bisa Dilihat dari Wajah

25 December 2018, pada 09:00
2
0
Kaya dan Miskin Ternyata Bisa Dilihat dari Wajah

Selama ini sudah dibangun kepercayaan bahwa kita tidak boleh menilai dan melihat sesuatu dari luarnya atau fisiknya saja. Akan tetapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa status ekonomi seseorang dapat terlihat dari wajahnya.

Penelitian tersebut sempat menuai kontroversi karena dinilai dapat menurunkan kepercayaan diri orang-orang dengan status ekonomi lemah.

Tapi pada kenyataannya riset ini dilakukan bukan untuk menilai orang lain secara sepihak, namun justru untuk mencegah penilaian sepihak tersebut.

Saat ini penelitian tersebut sudah dipatenkan, begini penjelasan selengkapnya.

1. Penelitian Psikolog University of Toronto

universitas toronto
utoronto.ca

Penelitian tentang bagaimana ekspresi dapat menentukan status sosial ini dilakukan oleh para psikolog dari University of Toronto.

Hasil dari penelitian menyatakan bahwa orang-orang bisa menebak dengan cukup akurat apakah seseorang kaya atau miskin hanya dengan melihat foto dari wajah berekspresi datar.

foto ekspresi datar
nationalgeographic.com

Hal ini kemudian dikembangkan dan menghasilkan simpulan tentang bagaimana prasangka menyebabkan lingkaran kemiskinan terus berputar. Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology.

2. Ekspresi Bisa Menentukan

ekspresi bisa menentukan
utoronto.ca

Pimpinan penelitian menyatakan penelitian ini menunjukkan bahwa “sinyal” yang terpancar dari ekspresi wajah seseorang mengisyaratkan karakteristik tertentu.

Kesan pertama yang ditangkap oleh orang lain berdasarkan ekpresi datarmu dapat menjadi ramalan sederhana bagi orang tersebut.

ekspresi datar
iyakan.com

Dia dapat mengidentifikasi status ekonomimu melalui ekspresi tersebut karena hal tersebut juga berpengaruh pada interaksimu, dan bagaimana sikapmu atas peluang-peluang yang akan kamu dapatkan.

3. 53% Terbukti Benar

menilai foto
ncoa.org

Peneliti meminta para partisipan untuk melihat sekumpulan foto yang menunjukkan wajah datar dan menilai status ekonomi mereka.

Faktor lain seperti jenis kelamin, gaya rambut dan gaya berpakaian harus disingkirkan dari penilaian ini.

ekspresi orang
lenterahidup.com

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 53% penilaian status ekonomi berdasarkan ekspresi terbukti akurat.

Akan tetapi ketika ditanya mengapa mereka menilai seseorang dengan status ekonomi tertentu, mereka tidak memiliki alasan yang jelas dan menurut peneliti hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Orang Super Kaya Malah Tak Tertarik Pamer Harta

4. Cara Menghindari

tersenyum
pexels.com

Tenang saja, meskipun kaya dan miskin bisa dilihat dari ekspresi datar wajah, akan tetapi penelitian ini mengungkapkan cara menghindarinya juga, lho.

Penelitian ini menyatakan bahwa presepsi kelas sosial hanya bisa ditebak jika kamu menunjukkan wajah tanpa ekspresi atau ekspresi datar.

Akan tetapi, jika kamu menunjukkan ekspresi lain seperti bahagia atau kesal, orang lain akan sulit menilai dan menebak bagaimana status perekonomianmu.

contoh ekspresi
iflscience.com

Contohnya, foto berikut menunjukkan beberapa orang dengan ekspresi berbeda. Dapat dikatakan bahwa ekspresi foto A dan C merupakan orang-orang dengan perekonomian di atas rata-rata. Sedangkan ekspresi foto B dan D menunjukkan orang-orang dengan status ekonomi lemah.

Sehingga kamu bisa berekspresi apabila kamu tidak ingin dinilai sepihak oleh orang lain. Tersenyum akan membuatmu terlihat lebih ceria dan orang tidak akan bisa menebak apapun.

5. Kebiasaan Umum Terhubung dengan Ekspresi

kebiasaan umum terhubung dengan ekspresi
pexels.com

Terdapat perdebatan yang terjadi selama masa penelitian tentang apakah kebiasaan umum seseorang dapat mempengaruhi bagaimana mereka menunjukkan ekspresi wajah dan bagaimana hal tersebut dapat dinilai oleh orang lain.

kebiasaan tercukupi
twitter.com/BoCoSocialites

Kebiasaan umum seseorang bisa jadi terhubung dengan ekspresi datar atau netral seseorang.

Apabila seseorang memiliki kehidupan yang nyaman, memuaskan dan bahagia, maka hal tersebut akan terpancar melalui ekspresi datar wajahnya.

Hmm, jadi begitu lah sahabat Qupas. Kamu percaya atau tidak? Mau percaya atau tidak percaya, hal ini sudah dibuktikan melalui riset dan penelitian, lho. Akan tetapi, kamu tidak boleh menilai orang secara sepihak dengan menggunakan hasil studi ini, ya!

Meskipun terbukti benar, tetap saja ada baiknya jika kamu tidak menilai seseorang dari luarnya saja. Kamu harus tetap menghargai satu sama lain sebagai manusia, oke?

Topik:

0 Komentar