ke Sunan Gresik, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh khas ini

19 September 2018, at 07:55
0
0
ke Sunan Gresik, Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh khas ini

Jalan-jalan ke Gresik mungkin sebagian wisatawan memiliki tujuan yang sama. Berziarah ke salah satu anggota dari Wali Songo. Makam Maulana Malik Ibrahim memang tak pernah sepi untuk dikunjungi oleh para peziarah. Mungkin sobat Qupas juga pernah berziarah ke sana ya.

Akan disayangkan sekali kalau, sobat Qupas jauh-jauh ke Gresik hanya untuk berziarah saja. Bawalah juga oleh-oleh khas dari sana yang bisa dibawah pulang untuk orang rumah. Sebab kehadiranmu pulang selalu ditunggu-tunggu. Yuk beli,

Baca juga: 8 Kuliner Mojokerto dari yang Legendaris hingga Kekinian

1. Pudak

pudak gresik
instagram.com/helianthuz.505

Oleh-oleh yang terkenal dari Gresik adalah, Pudak. Berbahan dasar tepung beras, sagu, dan santan. Di bungkus dengan pelepah daun pinang yang sudag dikeringkan. Tentu aromanya yang khas daun pandan akan langsung tercium. Dulu hanya memiliki satu varian rasa, kini sudah ada tiga rasa original, pandan, dan cokelat. Harganya sepuluh ribu rupiah per 10 bungkusnya.

Berlokasi di : Jalan Sindujoyo no.111, Kebungson, Kemuteran.

2. Bonggolan

bonggolan
instagram.com/gresiktourism

Kalau di Bandung ada cireng, di Palembang ada pempek, di Gresik juga nggak kalah loh. Ada bonggolan sebagai camilan bergizi nan menyehatkan yang terbuat dari ikan khas pesisir Gresik yang sudah dihaluskan. Kemudian dikukus dengan daun pisang agar aromanya semakin khas. Biasanya bonggolan digoreng dengan cocolan saus sambal atau cabe hijau agar terasa pedasnya.

Berlokasi di : Pasar Sidayu, Gresik.

3. Bandeng Sapit

bandeng sapit gresik
tokopedia.com

Bandeng sapit merupakan ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan sapit atau bambu yang ditaruh untuk menahan ikan. Proses pembuatannya dengan cara dipanggang lalu diolesi bumbu merah. Soal rasa jangan ditanya, sudah pasti rasanya enak. Banyak warga Gresik yang membuat sendiri bandeng sapit. Namun, kalau sobat Qupas mau membelinya bisa juga loh.

Berlokasi di : Sepanjang Jalan Wachid, Tubanan.

4. Jubung

jubung gresik
instagram.com/merrytan_tuwendi

Garut punya dodol, Gresik juga punya camilan tradisional mirip dodol yang terbuat dari ketan hitam dengan biji wijen diatasnya. Untuk pembungkusnya, masih sama dengan yang pembungkus pudak yaitu daun pohon pinang muda. Rasanya yang gurih dan manis membuat semua orang yang memakannya jadi ingin lagi.

Berlokasi di : Jalan KH. Abdul Karim no.7, Trate, Pekelingan.

Baca juga: 10 Bakso Bakar dan Bakso Lainnya paling Enak se Malang Raya

5. Otak-Otak Bandeng

otak-otak bandeng gresik
instagram.com/heriza_karunia

Otak-otak bandeng sering kali menjadi produksi rumahan yang mudah untuk buat dirumah. Tapi sobat Qupas yang baru berkunjung ke makam Sunan Gresik bisa juga membawanya untuk oleh-oleh orang di rumah. Daging ikan bandeng yang sudah tak berduri ini bisa langsung disantap dengan nasi hangat dan sambal.

Berlokasi di : Jalan Sindujoyo no.68, Telogopojok Satu, Lumpur.

6. Ndok Bader

ndog bader
instagram.com/dwifebrianti_

Ndok dalam bahasa Indonesia yang berarti, telur ini telah diolah kembali menjadi menu santapan yang enak di pagi hari. Kalau penggemar olahan ikan pasti cocok sama camilan Gresik yang satu ini. Digoreng dengan balutan telur yang renyah dan menambah gurih. Teksturnya juga lembut. Biasanya dijajakan oleh ibu-ibu yang mendorong gerobak pada sore hari di rumah-rumah kota Gresik.

Berlokasi di : Sepanjang jalan raya Perumahan Gresik Kota Baru.

7. Es Legen

es legen
pictame.com/amazingindonesiafood

Nggak cuman di Tuban aja loh, Gresik juga punya minuman segar. Apalagi kalau ditambah dengan balok es. Jadi lebih nikmat deh. Biasanya dijual per botol dengan harga tujuh ribu rupiah saja per botolnya.

Berlokasi di : Jalan Sindujoyo no.68, Telogopojok Satu, Lumpur.

8. Kopi Gresik

kopi gresik
wanita.me

Minuman di secangkir kopi khas Gresik ini memang memiliki citarasa yang sungguh menggoda. Ada jenis kopi Robusta asal Gresik yang wajib dicicipi oleh sobat Qupas sebagai penggemar berat kopi. Kalau di Online Shop kopi jenis ini dijual dengan harga tiga belas ribu rupiah per 200g. Sobat Qupas juga bisa beli di toko pusat oleh-oleh di sana.

Berlokasi di : Jalan Raya Kembangan Asri Blok A no.2, Kebomas.

Itulah sederet oleh-oleh khas Jawa Timuran yang bisa sobat Qupas bawa untuk orang terkasih. Biar orang rumah yang sudah menunggu kedatanganmu nggak kecewa. Apalagi makanan dan minuman yang sobat Qupas beli bisa disimpan hingga berbulan bulan, salah satunya kopi Gresik.

0 Comment