Kebalikan dari Anemia, Kelebihan Zat Besi Juga Bisa Berbahaya!

29 October 2019, at 10:00
0
0
Kebalikan dari Anemia, Kelebihan Zat Besi Juga Bisa Berbahaya!

Zat besi berperan penting dalam memproduksi hemoglobin yang berfungsi sebagai pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, serta menghilangkan kelelahan.

Kurangnya zat besi dalam tubuh akan menyebabkan anemia yang bisa berbahaya karena menyebabkan kelelahan, sesak napas, bahkan merasa gelisah.

Maka dari itu, masalah kesehatan yang satu ini biasanya dihindari dengan berbagai cara seperti mengonsumsi makanan bergizi atau suplemen zat besi.

anemia
shutterstock.com

Akan tetapi, memiliki terlalu banyak zat besi dalam tubuh ternyata juga nggak baik dan bisa berbahaya lho! Pasalnya, kemampuan tubuh dalam membuat zat besi cenderung terbatas.

Baca Juga: Jarang Disadari, 5 Hal yang Biasa Terjadi pada Tubuhmu Ini Termasuk Gejala Anemia Lho

Dilansir dari laman verywellhealth.com, kelebihan zat besi dalam dunia medis disebut sebagai hemokromatosis. Penelitian menemukan bahwa kondisi tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti penyakit hati, jantung, hingga diabetes.

diabetes
noticiasaominuto.com

Apabila mengalami kelebihan, tubuh akan menyimpan zat besi pada liver, jantung, pankreas, dan organ-organ endokrin atau yang umum disebut sebagai kelenjar. Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan organ-organ vital.

Kelebihan zat besi pada liver akan menyebabkan fibrosis atau luka dan penyakit di otot-otot organ tersebut. Sedangkan apabila menyerang pankreas, kondisi tersebut dapat menyebabkan diabeter militus.

pusing
medicalnewstoday.com

Selain itu, kelebihan zat besi juga bisa menyebabkan kekurangan hormon tiroid, menurunnya libido alias terjadinya impotensi pada laki-laki, dan mengacaukan siklus haid pada perempuan.

Wah, cukup berbahaya ya ternyata Sobat Qupas! Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyeimbangkan pola makan dan gaya hidup sehat agar masalah kesehatan seperti di atas bisa terhindarkan.

0 Comment