Kebiasaan Sepelemu Ini Ternyata Penyebab Kebotakan di Usia Muda

17 March 2019, at 09:00
1
0
Kebiasaan Sepelemu Ini Ternyata Penyebab Kebotakan di Usia Muda

Kebotakan merupakan masalah kesehatan rambut yang sering terjadi, khusunya pada usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi, saat ini banyak juga anak muda berusia 20 tahunan yang mengalami hal tersebut.

Masalah kesehatan rambut yang biasanya menyerang laki-laki tersebut dapat menghilangkan atau menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, apalagi yang masih muda.

Berikut ini kebiasaan yang seringkali dianggap sepele, namun ternyata merupakan salah satu penyebab kebotakan pada anak muda.

Baca Juga: Dianggap Sepele, Ketombe Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

1. Merokok

merokok
pexels.com/@splitshire

Merokok merupakan kebiasaan berbahaya yang disepelekan oleh banyak orang. Bukan hanya bisa menyebabkan penyakit mematikan, namun kegiatan negatif tersebut juga bisa membuatmu mengalami kebotakan.

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh nikotin yang dalam rokok yang dapat mempersempit pembuluh darah. Sehingga mengurangi pertumbuhan dan nutrisi pada rambut.

2. Mengonsumsi Alkohol

minum alkohol
pexels.com/@tookapic

Bukan hanya memabukkan, alkohol juga perlahan-lahan akan membuat seseorang mengalami kebotakan. Hal ini karena minuman tersebut dapat menyerap zat besi pada tubuh dan menghambat penyarapan zinc.

Alkohol juga menyebabkan dehidrasi yang bisa membuat rambut menjadi lebih rapuh,

3. Mangonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

makanan tidak sehat
pexels.com/@ollivves

Kekurangan protein, vitamin, dan mineral dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan hingga mengalami kebotakan. Nutrisi seimbang akan mengurangi hormon DHT atau dihydrotestosterone yang menjadi penyebab rontoknya rambut pria.

Oleh sebab itu mengonsumsi makanan yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab kebotakan pada anak muda.

4. Mengonsumsi Obat-Obatan

konsumsi obat
pexels.com/@rawpixel

Beberpa obat seperti jenis antidepresan dan epilepsi memiliki kandungan yang dapat menyebabkan rambut rontok dan perlahan-lahan menipis.

Mengonsumsinya secara rutin mungkin akan membuat seseorang mengalami kebotakan tanpa menyadari penyebabnya adalah obat-obatan.

Baca Juga: Konsumsi Antiobiotik Tanpa Resep Dokter Bisa Berbahaya, Begini Penjelasannya

5. Stres

stres
pexels.com/@pixabay

Stres bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan atau kebotakan pada anak muda. Oleh sebab itu penting adanya mengelola stres dan menerapkan gaya hidup sehat.

Para ahli menyatakan bahwa stres memang dapat menyebabkan rambut rontok dan sejumlah masalah terkait kulit lainnya.

6. Mencuci Rambut dengan Air Panas

mencuci rambut dengan air panas
pexels.com/@thomas-850057

Penggunaan air panas secara konstan pada rambut akan menghilangkan minyak alami dari rambut, membuat rambut lebih kering dan kusam.

Air panas juga dapat menghancurkan akar rambut, sehingga menyebabkan masalah kerontokan dan kebotakan pada usia muda.

7. Sering Ganti Sampo

sering ganti sampo
pexels.com/@pixabay

Menggunakan sampo yang salah atau sering mengganti sampo akan menyebabkan berbagai masalah pada rambut, sebut saja ketombe, rambut kering dan rambut rontok.

Jika tipe rambutmu memang rapuh dan mudah patah, maka segeralah berhenti menggunakan sampo yang berbahan keras.

8. Sering Menggunakan Produk Penata Rambut

sering menggunakan produk penata rambut
pexels.com/@gratisography

Kebiasan buruk yang dapat membuatmu mengalami kebotakan lebih cepat di usia muda adalah penggunaan produk penata rambut yang terlalu sering. Hal ini dapat menghancurkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

Nah, itu dia kebiasaan sepele yang ternyata bisa membuatmu mengalami kebotakan dini. Tidak ingin kan mengalaminya? Segera kurangi kebiasaan tersebut dan terapkan pola hidup sehat!

0 Comment