Qupas Healthy

Kecanduan Belanja Bisa Dikategorikan Gangguan Mental, Kamu Salah Satunya?

17 December 2019, at 03:00
1
Kecanduan Belanja Bisa Dikategorikan Gangguan Mental, Kamu Salah Satunya?

Belanja memang menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bahkan dianggap mampu meringankan stres oleh beberapa orang. Akan tetapi, seperti narkoba, aktivitas tersebut ternyata bisa membuat orang kecanduan.

Kecanduan belanja yang diartikan sebagai hasrat nggak terkendali untuk membeli barang secara berlebihan bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele. Kondisi tersebut bahkan seringkali dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan berbagai emosi negatif lainnya.

Nggak hanya itu, kecanduan belanja juga dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk kondisi finansial, keluarga, dan lain sebagainya.

belanja
istockphoto.com

Kecanduan belanja juga bisa disebut sebagai compulsive buying disorder (CBD) alias gangguan belanja kompulsif. Para pakar kesehatan secara resmi mengkategorikan kondisi tersebut sebagai gangguan mental.

Baca Juga: Tanda-Tanda Mentalmu Tidak Sehat, Segera ke Psikolog Sebelum Terlambat!

Meskipun sebenarnya gangguan belanja kompulsif sudah ada sejak dulu, namun nggak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi dan maraknya toko online atau e-commere menjadi salah satu yang membuat masalah kesehatan tersebut semakin berkembang.

gangguan belanja
headtopics.com

Banyak orang yang lebih memilih untuk belanja online karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sekali klik, barang yang dibeli akan menghampiri.

Selain itu, pesta diskon yang sering diadakan oleh berbagai e-commerce seperti beberapa waktu yang lalu juga menjadi daya tarik besar bagi banyak orang. Hal tersebut memperkuat kecenderungan membeli barang-barang yang sebenarnya nggak diperlukan.

gangguan belanja kompulsif
gettyimages.com

Sebuah penelitian sederhana yang diterbitkan dalam jurnal Comprehensive Psychiatry menyebutkan bahwa gangguan belanja kompulsif banyak ditemukan pada konsumen situs belanja daring. Sekitar sepertiga orang dengan gejala CBD mengaku aktif menggunakan e-commerce.

Gejala Gangguan Belanja Kompulsif

compulsive buying disorder
tnj.com

Kebanyakan orang yang mengalami kecanduan belanja nggak menyadari hal tersebut. Untuk mengenali apakah kamu salah satunya, coba cek tanda-tanda berikut ini.

  • Merasa sangat senang setelah membeli sesuatu
  • Belanja untuk meredakan stres
  • Terobsesi membeli barang setiap minggu bahkan setiap hari
  • Menghabiskan waktu terlalu lama untuk melihat-lihat barang
  • Membeli barang yang akhirnya nggak digunakan
  • Menghabiskan dana melampaui batas kemampuan finansial
  • Merasa bersalah setelah membeli banyak barang namun terus mengulanginya
  • Senang berbelanja sendirian

Cara Mengatasi Gangguan Belanja Kompulsif

kecanduan belanja
engadget.com

Kecanduan belanja dapat diatasi dengan berbagai cara seperti berikut.

  • Hindari belanja sendirian. Kebanyakan orang cenderung belanja secara kompulsif saat sendirian dan menghindarinya ketika bersama orang lain.
  • Minta bantuan pasangan, keluarga, atau teman dekat untuk mengambil alih kendali atas pengeluaran danamu. Sebaiknya, singkirkan juga kartu kredit.
  • Lakukan kegiatan lain. Kebiasaan berbelanja muncul saat kamu kekurangan aktivitas.
  • Apabila sudah sangat parah, jalani konseling dengan psikolog agar dapat belajar mengontrol keinginan untuk belanja berlebih.

Baca Juga: Suka Selfie di Lokasi Bencana Tanda Gangguan Mental?

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang gangguan belanja kompulsif. Yuk ingat-ingat lagi apa yang sudah kamu beli saat diskon 12.12 kemarin!