Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?

06 December 2018, pada 10:00
1
0
Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?

Katanya hamil bisa menular, bahkan hanya dengan mengajak bersalaman atau menginjak jempol kaki si calon ibu. Terdengar aneh ya?

Atau mungkin sebagian dari kamu menganggapnya sebagai mitos belaka. Pasalnya terdengar tidak mungkin jika hanya dengan bersalaman maupun menginjak kaki ibu hamil maka perempuan juga akan berbadan dua.

Hmm, tapi sebenarnya ada penjelasan tersendiri tentang hal ini daripada hanya menganggapnya sebagai mitos belaka.

Apa saja itu? Biar nggak penasaran, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

1. Kehamilan 'menular' bukan sekedar mitos?

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
giftinglory.com

Tanda tanya besar pasti akan muncul di benakmu. Apa memang benar kehamilan bisa menular ketika berada di lingkungan sekitar ibu hamil?

Hmm, bisa dibilang hal ini bukan hanya sekedar mitos. Tapi perlu diingat, kehamilan yang 'menular' ini bukan terjadi pada orang-orang baru dikenal. Tapi mereka yang sudah dekat satu sama lain.

Dalam hal ini, orang-orang yang dekat kemungkinan akan memiliki persamaan pola hidup dan gaya hidup.

Ketika si ibu hamil dan beberapa teman wanita sekitarnya kerap membuka komunikasi, mereka akan saling bertukar cerita dan menutuskan kegiatan sehari-hari mereka.

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
ivfga.com

Satu sama lain tentu akan saling memengaruhi. Bahkan mulai dari apa saja yang mereka makan, mengatur waktu istirahat hingga menentukan pilihan untuk me time.

Dari percakapan yang terus dilakukan secara rutin inilah kemungkinan membuat orang-orang di sekitar bumil terpengaruh untuk menerapkan pola hidup sehat.

Seperti diketahui, menjaga pola hidup sehat menjadi salah satu faktor wanita bisa cepat hamil.

Berdasarkan ulasan tersebut, berarti kehamilan bisa 'menular' bukan sekedar mitos ya?

2. Fakta tentang kehamilan bisa 'menular'

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
babyshower.ie

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa aura kehamilan seorang wanita memang bisa 'menular'. Semua ini diterbitkan dalam jurnal American Sociological Association (2014).

"Seorang wanita yang hamil secara positif bisa memengaruhi teman dekatnya untuk hamil," begitulah penjelasan yang ada dalam penelitian tersebut.

Studi kasus kemudian disebutkan dalam laman mother.ly, dimana para peneliti melakukan analisis data pada 1.720 perempuan yang berpartisipasi di Studi Longitudinal Nasional Kesehatan Remaja (ADD Health), Amerika Serikat.

Saat itu dilakukan wawancara selama sekitar satu dekade, yakni dari pertengahan 1990-an hingga tahun pertengahan 2000-an.

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
youtube.com/Cole&Sav

Pada akhir wawancara, yakni tahun 2008 atau 2009, para peneliti melihat bahwa setidaknya ada setengah dari wanita yang ikut berpartisipasi telah memiliki anak di tahun tersebut.

Ternyata ada 10 wanita yang tercatat telah memiliki hubungan persahabatan. Dari hal inilah para peneliti menemukan ada faktor 'penularan' yang kuat untuk merencanakan kehamilan.

Jadi sebenarnya proses kehamilan yang 'menular' ini bukan melalui proses biologis, melainkan lebih ke arah psikologis.

Berbaur dalam satu komunitas yang punya pemikiran sama, secara psikologis wanita akan akan semakin siap menghadapi kehamilan.

Terlebih lagi setelah didukung oleh beberapa faktor sehingga peluang untuk hamil akan semakin besar.

3. Faktor kehamilan bisa 'menular'

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
sorensondental.com

Bisa dikatakan bahwa keinginan wanita untuk segera mendapat momongan kian meningkat begitu ia melihat teman dekatnya hamil. Terlebih lagi jika teman dekatnya ini merupakan wanita yang dikagumi dan menjadi panutan.

Bukan hanya berdasarkan psikologis dari lingkungan pertemanan. Ada pula beberapa faktor yang membuat wanita berpeluang besar untuk hamil.

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
naijanews.com

Dalam hal ini, faktor tersebut berkaitan soal biologis. Contohnya saja seperti:

  • Memiliki pasangan yang sehat
  • Mampu berhubungan 'suami istri'
  • Usia masa subur
  • Bebas dari penyakit reproduksi

Kamu ingin hamil? Tentu saja slain kedua faktor di atas, kamu juga perlu menjaga pola hidup sehat.

Baca juga: Hoax, Inilah Deretan Mitos Ibu Hamil yang Nggak Harus Dipercaya

4. Penyebab wanita 'tertular' hamil ketika teman dekatnya berbadan dua

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
babyspace.bg

Para peneliti dalam studinya mengungkapkan bahwa efek 'menular' dari wanita hamil pada teman dekatnya bersifat jangka pendek.

"Risiko kehamilan bisa menular meningkat hanya di 2 tahun pertama setelah seorang teman melahirkan, setelahnya kemudian menurun," jelas peneliti dalam studi kasusnya di tahun 2014.

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
parents.com

Peneliti tersebut juga menyebut setidaknya ada tiga teori yang disarankan, seperti:

  • Pembelajaran sosial: Wanita kemungkinan lebih cenderung siap menjadi ibu ketika teman dekatnya sukses memengaruhi dan mengarahkannya.
  • Pengaruh sosial: Wanita kemungkinan besar tidak ingin merasa 'tertinggal' ketika teman-teman mereka sudah menjadi sosok keibuan.
  • Pembagian biaya: Hal ini dimaksudkan untuk mendapat keuntungan secara keuangan saat dua teman saling berkoordinasi dalam kegiatan pengasuhan anak.

Laporan dalam jurnal Demografi Penelitian (2014) juga mencatatan tentang korelasi antara persahabatan dan tingkat kelahiran.

"Tergantung pada konteksnya, mekanisme sosial dapat bertindak untuk atau melawan dalam memiliki seberapa banyak anak-anak," terang peneliti dalam jurnal tersebut.

5. Kehamilan 'menular' tidak terjadi pada saudara kandung, kenapa?

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
medicalxpress.com

Kehamilan ternyata tidak 'menular' dalam lingkup saudara kandung. Tapi mungkin saja ada yang mengalaminya di golongan tertentu, seperti dalam kasus keluarga Kardashian.

Studi tahun 2014 menyebutkan alasannya, "Dalam masyarakat individual saat ini, teman mungkin sama atau lebih penting daripada saudara kandung dan anggota keluarga lainnya."

Kehamilan bisa 'Menular' ke Teman Dekat Bukan Sekedar Mitos?
nationalpost.com

Selain itu, tim peneliti juga menyebut tentang fakta dalam pemilihan teman yang memiliki pengaruh kuat daripada di lingkungan saudara kandung.

Tapi mungkin kalau kamu punya saudara kandung wanita yang cukup dekat layaknya sahabat, bisa jadi kehamilan 'menular' bukan hanya dipengaruhi dari lingkungan teman dekat.

Nah, ternyata kehamilan 'menular' ke teman dekat bukan sekedar mitos belaka. Eits! Tapi ingat, ada penjelasan secara psikologis kenapa hal tersebut dapat terjadi.

Jadi bukan sekedar mitos tentang menginjak jempol wanita hamil dan bisa ikutan berbadan dua ya, Sahabat Qupas!

0 Komentar