Keindahan Curug Dadali, Replika Niagara di Cianjur yang Bikin Nggak Pengen Pulang

27 April 2019, at 16:00
0
0
Keindahan Curug Dadali, Replika Niagara di Cianjur yang Bikin Nggak Pengen Pulang

Pariwisata Cianjur memang belum sepopuler Bandung, Bogor atau wilayah di Jawa Barat lainnya. Tapi ternyata ada bayak destinasi istimewa di sini. Salah satunya adalah Curug Dadali.

Terletak di Cianjur Selatan, wisata air terjun ini punya keunikan tersendiri dan bisa dikatakan mirip Niagara yang ada Amerika Utara.

Nah, untuk kamu yang penasaran dan sudah punya rencana liburan ke Air Terjun Dadali di Cianjur ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa poin penting berikut. Yuk simak!

Baca juga: Keren! Air Terjun di Cianjur Ini Seolah Ada di Luar Negeri

1. Aliaran Air yang Lebar bak Tirai

curug dadali cianjur
instagram.com/rivansetiawildan

Bentuknya yang melebar menyerupai tirai membuat air terjun di Cianjur ini unik. Lebar curug yang juga bisa diklasifikasikan ke dalam tipe Block Waterfall ini sekitar 50 meter dengan ketinggian 20 meter.

2. Mata Airnya Bersumber dari Sungai Cibala

air terjun dadali cianjur
instagram.com/_kopites_man

Mata air Curug Dadali berasal dari Sungai Cibala. Tempat ini adalah anak Sungai Cibuni yang selanjutnya bermuara ke laut selatan.

3. Air Terjun yang Terus Mengalir

curug dadali
instagram.com/a.a.alaric

Diketahui, ternyata Sungai Cibuni punya debit air yang cukup besar saat kemarau. Inilah yang menyebabkan aliran Curug Dadali nggak pernah mengering dan mungkin cuma akan mengalami penurunan volume saja.

Beda saat musim hujan, debit air sungai Cibala akan sangat tinggi sehingga volume jatuhan Curug Dadali pun ikut membesar. Bahkan sampai menciptakan kabut akibat percikan air yang mengenai bebatuan di bawah air terjun.

4. Surga Tersembunyi di Cianjur

wisata curug dadali
instagram.com/osheaanggara_

Curug Dadali bisa dibilang adalah wisata yang cocok untuk para petualang. Soalnya untuk bisa sampai ke destinasi di Jawa Barat ini kamu harus menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor sekaligus jalan kaki dari parkir kendaraan.

Selama perjalanan, kamu akan melewati kawasan pohon pinus tumbuh lumayan lebat. Beberapa saat kemudian, baru air terjun dengan aliran bak tirai akan kamu temukan.

Baca juga: Megahnya Curug di Cianjur Ini Sampai Bikin Malas Pulang!

5. Bongkahan Batu Eksotis di Sekitar Curug Dadali

wisata curug dadali cianjur
instagram.com/regitanov25

Di sekitar lokasi jatuhnya air ada banyak bebatuan yang cukup besar. Saat kemarau, pengunjung bisa mencapai bongkahan-bongkahan tersebut sambil mengambil beberapa foto.

Selain bongkahan batu, di balik curug ini ada gua. Tapi belum dipastikan juga, apakah gua tersebut terbentuk karena pengikisan aliran air atau justru ada secara alami.

6. Cukup Nikmati Keindahannya Saja

wisata air terjun dadali
instagram.com/arivin8s

Bebatuan besar di sekitar curug ini sudah berlumut dan kadang ada rumput tumbuh di sana. Kondisi area ini pun cukup licin.

Kondisi inilah yang nggak memungkinkanmu untuk berenang di sekitarnya. Cukup nikmati keindahannya, bermain air, atau sekedar foto saja.

7. Cara ke Curug Dadali

air terjun dadali
instagram.com/danie.ragno

Lokasi Curug Dadali ada di perbatasan Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak dengan Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak. Dari pusat Cianjur, jaraknya sekitar 71,7 kilometer dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih selama 3 jam.

Rute yang bisa kamu ambil adalah menuju Terminal Sukanagara-kebun dan area pabrik teh Kebun Pasir Nangka-Situ Ciasmay-Kantor Desa Sukasari-Jalan Pasir Layung. Setelah dari sini, kamu bisa menitipkan kendaraan di bengkel atau membawa motormu sampai ke rumah terakhir melalui jalan tanah.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Curug Dadali? Kalau kebetulan sedang liburan ke Cianjur, jangan lupa untuk mampir ke wisata air terjun ini ya!

0 Comment