Keindahan Tersembunyi Air Terjun Batu Lantang, Wisata Bali untuk Para Penikmat Kesunyian

08 May 2019, at 10:00
0
0
Keindahan Tersembunyi Air Terjun Batu Lantang, Wisata Bali untuk Para Penikmat Kesunyian

Keindahan alam di Bali memang nggak bisa diragukan lagi. Salah satu buktinya bisa kamu lihat di Badung. Ternyata di kabupaten tersebut ada air terjun tersembunyi, Batu Lantang namanya.

Memang belum banyak dikenal orang, tapi pesonanya nggak kalah dari wisata populer yang tersebar di Bali. Mau tau info selengkapnya? Cek infonya di bawah ini, ya!

Baca juga: Air Terjun di Bali Ini Ada di Dalam Gua, Cantik Banget!

1. Misteri di Balik Namanya

air terjun batu lantang badung
instagram.com/duldulsi_

Nama dari destinasi ini sebenarnya adalah Air Terjun Gong. Menurut warga setempat, dinamakan demikian karena dulu tempat ini mengeluarkan suara seperti gong. Asalnya dari aliran air yang jatuh ke bawah.

Sedangkan pemberian nama Air Terjun Batu Lantang sendiri ternyata berasal dari nama lokasi wisata ini, yaitu Desa Adat Batu Lantang.

Untuk mempermudah traveler mengingat nama tersebut, maka banyak pelancong yang menyebutnya Air Terjun Batu Lantang. Tapi mungkin saja sampai sekarang warga setempat menyebut nama wisata di Bali ini dengan sebutan Air Terjun Gong.

2. Tersembunyi di Balik Perkebunan

air terjun batu lantang badung bali
instagram.com/wapwah

Air Terjun Batu Lantang ini mungkin masih asing di kalangan wisatawan. Letaknya ada di kawasan perkebunan yang juga dipadukan dengan pemandangan bukit.

Bahkan ternyata perkebunan yang ada di lereng bukit tersebut adalah satu-satunya akses untuk ke hulu sungai sekaligus keberadaan Air terjun di Bali ini.

Baca juga: 10 Air Terjun di Bali Utara Ini Siap Bikin Kamu Pengen Balik ke Sana Terus!

3. Air Terjun Favoritnya Petualang

air terjun batu lantang
instagram.com/mas.kisanak

Butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dari jalan raya untuk bisa sampai di lokasi air terjun. Kamu juga akan melewati jalan tanah perkebunan warga.

Karena perkebunan cengkeh ada di lahan dengan kemiringan yang cukup terjal, jadi pastikan untuk selalu hati-hati. Apalagi setelah melewati jalan setapak.

batu lantang waterfall badung
instagram.com/ninis_warda

Setelah melewati bagian kemiringan bukit, suara aliran air mulai terdengar. Ini artinya lokasinya sudah semakin dekat.

Kamu juga akan sampai di pinggiran sungai, dimana airnya merupakan sumber bagi Air Terjun Batu Lantang.

4. Cara ke Air Terjun Batu Lantang

batu lantang waterfall
instagram.com/jaimietakesphotos

Lokasi Air Terjun Batu Lantang terletak di Desa Adat Batu Lantang, Desa Sulangai, Kecamatan Petang, Badung. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, jaraknya sekitar 53,7 kilometer dengan estimasi perjalanan selama kurang lebih 1 jam 46 menit.

Letaknya pun searah dengan objek wisata Taman Mumbul, Sangeh, rafting di Sungai Ayung, dan Tanah Wuk. Tapi sayang, papan petunjuk menuju lokasi air terjun masih kurang lengkap. Jadi kalau bingung, kamu bisa tanya warga setempat supaya nggak nyasar.

batu lantang waterfall badung bali
instagram.com/naubisah

Well, nggak masalah kalau memang Air Terjun Batu Lantang ini lokasinya tersembunyi. Tapi justru ini yang membuatnya menarik.

Gimana, Sobat Qupas kapan mampir ke air terjun dengan ketinggian 25 meter ini? Mumpung masih sepi pengunjung, bisa puas hunting foto deh di sana.

0 Comment