Keindahan Tersembunyi Sungai Niyama di Tulungagung, Estetik dan Instagenik!

11 August 2019, at 12:00
0
0
Keindahan Tersembunyi Sungai Niyama di Tulungagung, Estetik dan Instagenik!

Jawa Timur memiliki banyak objek wisata alam menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pantai yang eksotis, gunung yang megah, hingga air terjun yang instagenik pun ada di provinsi tersebut.

Nggak hanya itu, Jawa Timur pun memiliki beberapa sungai yang nggak kalah menarik lho. Salah satunya adalah Sungai Niyaman di Tulungagung.

Berikut ini beberapa hal tentang Sungai Niyama yang alami dan estetik di Tulungagung yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: 5 Wisata Tulungagung Tema Pantai, Kapan Mampir ke Sini?

1. Bukan Objek Wisata

bukan objek wisata
instagram.com/id.bangkit

Nama Sungai Niyama diambil dari bahasa Jepang, yaitu “ni” yang artinya “dua” dan “yama” yang artinya “gunung”. Secara keseluruhan, nama tersebut bermakna sungai yang terletak diantara dua gunung.

Sebenarnya, Sungai Niyama bukanlah objek wisata. Akan tetapi, keindahan pemandangan tempat tersebut membuat banyak wisatawan penasaran dan mengunjunginya.

2. Keindahan Sungai Niyama

keindahan sungai niyama
instagram.com/kang.pret

Memiliki kedalaman sekitar 2 sampai 3 meter, Sungai Niyama memang nggak ditargetkan menjadi objek wisata. Akan tetapi, keindahan alam yang terbentuk secara alami di tempat tersebut memang nggak terbantahkan.

Bebatuan besar yang tersusun acak, air sungai yang jernih, dan keadaan alam sekitar yang masih asri membuat sungai di Jawa Timur ini instagenik dan dapat memberikan kedamaian.

3. Keberadaan Terowongan Jepang

keberadaan terowongan jepang
instagram.com/_aaaallll

Selain alamnya yang indah, di destinasi wisata Tulungagung ini terdapat terowongan yang sudah ada sejak zaman penjajagan Jepang.

Pada tahun 1942 sampai 1945, di daerah tersebut dilaksanakan kerja paksa atau Romusha untuk pembuatan saluran dan terowongan air Niyama menuju Samudera Hindia.

Baca Juga: Jelajah Kembaran Sungai Amazon di Indonesia dengan Perahu, Siap Bertualang?

4. Waktu Terbaik Mengunjungi Sungai Niyama

sungai niyama
instagram.com/edysrs

Apabila ingin menyaksikan keindahan Sungai Niyama, sebaiknya kamu berkunjung saat musim kemarau. Pasalnya, airnya akan berubah menjadi keruh dengan arus kencang yang siap menelan apa saja saat musim penghujan.

Itulah mengapa tempat tersebut sebenarnya nggak disarankan untuk dikunjungi dan dinikmati keindahannya dari kejauhan saja.

5. Cara ke Sungai Niyama

cara ke sungai niyama
instagram.com/dirarosy

Lokasi Sungai Niyama terletak di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Untuk pergi ke sana, kamu perlu menuju ke Pantai Sidem.

Setelah melewati pintu masuk Pantai Sidem, kamu bisa menyusuri jalan menurun dan mengambil arah kanan di belokan kedua. Di sana, kamu akan menemukan tempat parkir dan perlu berjalanan kaki sedikit untuk sampai di Sungai Niyama.

Kamu bisa mengunjungi objek wisata Tulungagung tersebut tanpa membayar sepeserpun lho. Tetapi ingat, harus tetap menjaga kebersihan ya!

Meskipun sangat estetik dan instagenik, Sobat Qupas tetap perlu berhati-hati mengingat Sungai Niyama memiliki air yang cukup dalam meskipun saat musim kemarau.

0 Comment