Qupas Family

Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling yang Perlu Orang Tua Perhatikan, Apa Saja Ya?

24 January 2020, at 10:00
1
Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling yang Perlu Orang Tua Perhatikan, Apa Saja Ya?

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Mulai dari kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan, sampai kebutuhan lainnya seperti pendidikan.

Saat ini, ada banyak sekolah dengan berbagai macam fasilitas menarik yang bisa orang tua pilih. Selain itu, ada juga pilihan homeschooling yang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut ini.

Kelebihan Homeschooling

1. Anak Mendapatkan Perhatian Penuh dari Guru

Homeschooling (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Salah satu kelebihan homeschooling adalah anak mendapatkan perhatian penuh dari gurunya. Kondisi tersebut biasanya membuat si kecil lebih mudah memahami materi yang diberikan karena guru pun bisa lebih fokus dan sabar.

Selain itu, proses belajar-mengajar juga akan menjadi lebih kondusif dan efektif karena guru bis menggunakan pendekatan khusus untuk memberikan pelajaran kepada buah hati secara personal. Orang tua juga bisa mendapatkan laporan secara detail tentang perkembangan buah hati.

2. Waktu yang Fleksibel

Kelebihan Homeschooling (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Nggak hanya mendapatkan perhatian penuh dari guru, anak yang homeschooling juga akan memiliki watu yang lebih fleksibel. Berbeda dari sekolah pada umumnya, orang tua bisa mengatur sendiri waktu belajar buah hati bersama gurunya.

Proses belajar-mengajar bisa jadi lebih singkat namun tetap padat dan berkualitas. Dengan demikian, si kecil memiliki lebih banyak waktu untuk bermain dan meningkatkan quality time bersama orang tua.

3. Membentuk Kepribadian Baik Anak

Anak Homeschooling (Foto: parentingtips.co)
parentingtips.co

Homeschooling juga bisa membuat si kecil terhindar dari risiko bullying dan pergaulan yang salah. Secara nggak langsung, guru dan orang tua bisa berkolaborasi untuk membentuk karakter si kecil menjadi lebih baik.

Hal tersebut juga disebutkan dalam sebuah buku berjudul Sense of Self: Listening to Homeschooled Adolescent Girls karya Susannah Sheffer. Faktanya, remaja yang homeschooling ternyata lebih dewasa, bahagia, dan punya kepercayaan diri tinggi.

Baca juga: Mengapa Usia Minimal Anak Masuk SD Harus 7 Tahun? Ini Lho Alasannya

Kekurangan Homeschooling

1. Mengurangi Interaksi Sosial Anak

Kekurangan Homeschooling (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Salah satu kekurangan homeschooling adalah membuat anak nggak banyak melakukan interaksi sosial. Padahal, hal tersebut merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang buah hati lho!

Kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman sebaya bisa sangat berpengaruh pada masa depan si kecil dan membentuk karakternya hingga dewasa.

2. Membuat Anak Bergantung pada Orang Lain

Ilustrasi Kekurangan Homeschooling (Foto: pxfuel.com)
pxfuel.com

Nggak hanya itu, anak yang homeschooling biasanya lebih bergantung kepada orang lain. Karena nggak merasakan kehidupan sekolah dengan banyak orang, kemungkinan masalah yang dialami oleh si kecil akan sangat minim.

Kalau pun ada, guru dan orang tuanya pasti siap membantu menyelesaikan masalah tersebut. Maka dari itu, anak yang homeschooling biasanya lebih sulit untuk mengambil keputusan terhadap sebuah masalah.

3. Biaya yang Relatif Lebih Mahal

Biaya Homeschooling (Foto: stockfresh.com)
stockfresh.com

Selain itu, kekurangan lainnya dari homeschooling adalah biayanya yang relatif mahal dibandingkan sekolah konvensional.

Meskipun kualitasnya sudah terjamin, namun persoalan biaya merupakan salah satu hal penting yang nggak bisa diabaikan ya!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa kelebihan dan kekurangan homeschooling yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa menjadi pertimbangan ya!