Kembali Langsing Setelah Melahirkan, Why Not?

25 June 2018, pada 02:00
2
0
Kembali Langsing Setelah Melahirkan, Why Not?

Saat hamil dan setelah melahirkan, tak dipungkiri tubuh ibu pasti akan berubah. Adanya selulit, perut yang menggelambir dan beberapa bagian tubuh yang membengkak tentu adalah hal wajar sebagai dampaknya.

Lalu, timbul kekhawatiran para ibu, apakah bisa tubuhnya kembali seperti semula? Bisa, meski memerlukan waktu. Berbeda dengan tujuan melangsingkan tubuh biasa, ibu yang habis melahirkan sangat tidak disarankan melakukan diet ketat. Ini karena setelah melahirkan tubuh baru saja mengalami proses berat. Selain itu butuh gizi yang seimbang untuk memulihkannya dan memberi asupan ASI pada si kecil.

 

pexels.com

 

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin kembali langsing setelah melahirkan kok. Berikut ini 4 cara yang bisa dilakukan:

Banyak minum air putih

Saran ini wajib dilakukan. Selain menghindarkan tubuh ibu dari dehidrasi, air putih akan membantu menguraikan lemak dalam tubuh karena proses metabolisme yang lebih baik. Dengan banyak minum air putih, otak mampu memberikan sinyal lapar ataukah sekedar haus dengan benar sehingga menghindarkan ibu dari konsumsi makan berlebihan.

Menyusui

Menyusui akan memproduksi hormon oksitosin yang membuat otot menjadi lebih rileks. Menyusui juga terbukti membakar kalori hingga 500 kalori per hari. Buktinya, Kate Middleton sukses melangsingkan tubuh dalam 4 bulan dengan rutin menyusui. Bukan hanya baik untuk si kecil, tetapi menyusui juga mendukung proses tubuh ibu kembali seperti semula.

Memakai korset

Cara ini adalah cara yang telah diterapkan sejak ribuan tahun lalu. Dengan memakai korset, rahim dapat lebih cepat mengecil dan mengembalikan postur tubuh ibu agar tegap. Selain itu, dengan memakai korset, rasanya tubuh akan lebih ‘sesak’ sehingga mengurangi keinginan ibu untuk makan lebih banyak.

Tetapi ingat, meskipun memakai korset itu bisa mengembalikan bentuk tubuh, sesuaikan keketatannya ya. Jangan sampai justru terasa menyiksa untuk bergerak.

Olahraga

Olahraga ringan terbukti dapat membakar lemak dengan lebih efektif. Olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah jogging ringan di pagi hari, yoga atau pilates. Namun jangan lupa berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan olahraga pasca melahirkan, apalagi jika melahirkan dengan cara operasi caesar. Perlu pengawasan dokter untuk memastikan jahitan aman dan tubuh secara keseluruhan siap melakukan aktivitas fisik lebih.

Mudah bukan teknik kembali langsung setelah melahirkan tanpa diet ketat yang membahayakan ibu? Semoga informasi ini berguna ya.

0 Komentar