Kenakalan Anak Ditentukan dari Jumlah Pusar Kepala, Hoax Atau Fakta?

20 October 2018, pada 01:00
0
0
Kenakalan Anak Ditentukan dari Jumlah Pusar Kepala, Hoax Atau Fakta?

Pernahkah kamu mendengar jika kenakalan anak ditentukan dari jumlah pusar kepalanya? Kalau pernah, apakah kamu percaya dengan anggapan seperti itu?

Anggapan ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu, ketika belum tercipta teknologi secanggih sekarang. Yang mana orang-orang jaman dulu memprediksi perkembangan anak melalui ciri-ciri fisiknya.

Salah satu yang diprediksi adalah jumlah pusar kepala. Dikatakan jika semakin banyak pusar kepala yang dimiliki, maka semakin nakal pula anaknya.

Kenakalan Anak Ditentukan dari Jumlah Pusar Kepala, Hoax Atau Fakta?
doktersehat.com

Sampai-sampai banyak orang tua yang merasa cemas ketika anaknya memiliki pusar kepala atau unyeng-unyeng lebih dari satu.

Perlu dipahami sebelumnya, anggapan tersebut tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Sebab hal ini sudah dikupas dan diteliti oleh beberapa pakar.

Salah satu pakar yang melakukan penelitian tentang pusar kepala adalah Noor Afidah Abu Bakar. Pakar yang berasal dari Malaysia ini memiliki ketertarikan tentang mitos pusar kepala sehingga membuatnya terjun lebih dalam untuk mencari tahu kebenarannya.

Setelah melakukan berbagai riset, dia menemukan sebuah fakta bahwa sebenarnya tidak ada hubungan antara perilaku anak dengan jumlah pusar kepala yang dimilikinya.

Kenakalan Anak Ditentukan dari Jumlah Pusar Kepala, Hoax Atau Fakta?
idntimes.com

Namun, perilaku anak tetaplah berdasarkan dari didikan orang tuanya. Ketika orang tua mendidik secara benar, maka anak tidak akan menjadi pribadi yang nakal.

Begitu pula sebaliknya, ketika orang tua mendidik anak secara tidak baik, maka jangan salahkan siapa-siapa ketika anak memiliki perilaku kurang terpuji.

Kembali pada urusan pusar pada kepala, sebenarnya itu adalah sebuah sugesti yang akan buruk dampaknya. Ketika ada anak yang memiliki pusar kepala lebih dari satu, maka anak tersebut sudah dicap sebagai anak yang nakal.

Dengan cap atau label yang demikian, tentu saja membuat anak merasa ada tekanan batin. Dia merasa ada ketidakpercayaan terhadap perilakunya selama ini. Walau dia sudah melakukan yang terbaik, tetap saja dia dianggap anak nakal. Itulah yang terjadi ketika seseorang terlalu percaya dengan mitos.

Baca juga : Jangan Panik, Inilah 8 Tips Mengatasi Anak Demam Saat Liburan

Kenakalan Anak Ditentukan dari Jumlah Pusar Kepala, Hoax Atau Fakta?
momonganak.org

Alhasil, anak yang seharusnya bisa tumbuh dengan sifat kelembutan, menjadi berontak karena merasa dia tidak mendapat pengakuan bahwa dirinya adalah anak yang baik.

Lebih dari itu, kebanyakan orang yang fanatik dengan mitos ini selalu memperlakukan anaknya dengan sedikit keras ketika didapati memiliki pusar kepala lebih dari satu.

Mungkin maksudnya benar, orang tua melakukan sedikit tindakan kasar kepada anaknya agar tidak menjadi anak yang nakal di kemudian hari. Tapi tahukah kamu, dengan tindakan yang kasar kepada anak justru membuatnya menjadi seseorang berkepribadian kasar pula?

Jadi, sebenarnya jumlah pusar pada kepala itu tidak ada hubungan dengan perilaku anak. Itu adalah perkara genetika dan genom manusia.

0 Komentar