Kenali 4 Kuliner Mandalika di NTB Ini sebelum Nonton MotoGP 2021 Nanti, Nikmatnya Tiada Tara

23 February 2019, at 05:00
0
0
Kenali 4 Kuliner Mandalika di NTB Ini sebelum Nonton MotoGP 2021 Nanti, Nikmatnya Tiada Tara

Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 nanti. Ternyata untuk bisa mendapatkan kesempatan yang istimewa, negeri dengan puluhan ribu pulau ini harus bersaing dengan Brasil.

Nantinya sirkuit yang ada di Pulau Lombok ini akan memiliki trek balapan sepanjang 4,32 KM. Memiliki lintasan di antara bukit dan pantai yang indah dan memberikan kesan mengagumkan bagi para penonton.

Nah, sebelum sobat Qupas memiliki kesempatan untuk menonton MotoGP yang akan berlangsung kurang lebih dua tahun lagi, kenali dulu yuk, sekian kuliner Mandalika di NTB yang bisa dicicipi nanti.

1. Soto Mandalika

soto mandalika pulau lombok
instagram.com/grace_graciana

Sesaat setelah menginjakkan kaki di Madalika, nggak ada salahnya untuk mencoba semangkuk kuah soto yang hangat di tubuh. Cocok untuk melepas rasa lelah setelah perjalanan jauh.

Kuliner khas Lombok ini punya sajian yang cukup komplit, dengan aroma bawang panggang yang ditabur di atas kuah soto dan juga beberapa tusuk sate bumbu kacang kecap.

soto mandalika enak khas lombok
instagram.com/cookiediary.icb

Bahan utamanya ada ketupat, taoge, bihun, telur, dan semangkuk kuah soto berwarna kuning yang akan menggoyang lidahmu. Bumbu soto yang memiliki batang serai yang melimpah membuat lengkap kelezatan yang bikin puas.

Untuk bisa menyicipinya, kamu bisa mampir ke Rumah Makan Doa Ibu yang terletak di perempatan jalan Pariwisata dan Jalan Raya Kuta, Mandalika, Lombok. Buka dari jam makan siang hingga malam hari.

2. Ayam Rarang

ayam rarang lombok
instagram.com/makangiler

Mungkin sobat Qupas sudah pernah mendengar tentang enaknya ayam Taliwang. Tapi pernahkah kamu mencoba menu ayam rarang pedas? Kalau belum, berarti kamu wajib mencicipinya begitu tiba di pulau Lombok. 

Masakan bumbu balado dengan cabai rawit merah yang pedasnya menggigit lidah. Yang menjadikan menu ini difavoritkan banyak orang adalah kuah merahnya yang nendang.

ayam rarang kuliner khas mandalika
instagram.com/ayam_rarang

Tak hanya sampai di situ saja, bumbu balado yang meresap di serat daging ayamnya cukup membuat ketagihan. Sajian ayam kampung muda yang empuk dan sajian cah kangkung yang menyegarkan.

Untuk bisa mencicipi kuliner ini, kamu hanya perlu mengitari sepanjang jalan daerah Mandalika. Ada sederet warung yang bisa disambangi untuk menikmati masakan enak tersebut.

Baca juga : 8 Kuliner Bali Ayam Goreng Empuk yang Nggak Kalah Enak dari Ayam Betutu. Cobain gih!

3. Sate Rembiga

sate rembiga kuliner khas bandung
instagram.com/anitajoyo

Nusa Tenggara Barat sering kali dijuluki dengan bumi sejuta sapi, nggak heran kalau menu olahan sapi banyak ditemukan di sini. Sate ini berbeda dari sate yang ada di daerah lain.  

Untuk membuat rembiga harus terlebih dahulu merendam daging dengan bumbu yang sudah disiapkan. Direndam selama tiga jam agar bumbu khas Lombok tersebut meresap ke dalam serat daging sapi dan tak membuatnya terasa alot.

kuliner khas mandalika
instagram.com/putera.lombok

Setelah itu, daging dipotong kecil-kecil. Lalu, ditusuk dan dibakar di atas tungku. Aroma dari bakaran arang tentu terasa lezat dan menambah nikmat.

Untuk bisa mencicipinya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000,00 saja per porsinya. Selain itu, ada sajian plecing kangkung sebagai sayuran pendamping.

4. Sate Bulayak

sate bulayak kuliner mandalika
instagram.com/rudydoyanmakan

Masih dengan sajian sate yang aromanya menggiurkan. Sate Bulayak berbeda dengan jenis yang sebelumnya, karena tidak memiliki cita rasa pedas.

Hanya ada daging sapi bakar di atas arang yang panas dan siraman bumbu kacang kental yang menggugah selera. Ditambah lagi dengan potongan lontong yang dibungkus dengan daun aren.

sate bulayak khas lombok
instagram.com/sasmitaedo

Bentuk lontongnya yang memanjang memang terlihat kecil. Tapi kalau sudah dibuka bungkusnya pasti akan terasa banyak dan kenyang. Bulayak sendiri adalah nama dari lontong itu lho.

Teksturnya yang gurih dan lembut karena ada campuran beras ketannya. Bisa dinikmati di sepanjang jalan Brawijaya menuju kota mataram.

Itulah empat kuliner Mandalika yang wajib kamu tahu, agar sesampainya nanti di sana nggak bingung lagi mau mencoba menu apa. NTB memang terkenal dengan menu masakan pedasnya dan olahan daging sapinya yang nikmat.

Sangat cocok nih, buat kamu para pecinta menu masakan yang menggigit lidah.

0 Comment