Kenali 5 Perbedaan Deep Fryer dan Air Fryer, Penggorengan Kekinian Andalannya Mama Muda

23 May 2019, at 05:00
0
0
Kenali 5 Perbedaan Deep Fryer dan Air Fryer, Penggorengan Kekinian Andalannya Mama Muda

Zaman sekarang ada banyak sekali alat memasak yang semakin memudahkan para ibu untuk menyiapkan menu makan istimewa, seperti "air fryer" dan "deep fryer". Sudah pernah dengar?

Biar makin tahu seputar penggorengan kekinian ini, simak deh perbedaan diantara keduanya. Siapa tahu setelah ini jadi ingin beli alat penggorengan hits yang banyak manfaatnya.

1. Cara Kerja

cara kerja air fryer
amazon.com

Cara kerja air fryer dengan cara mengedarkan udara panas dengan kecepatan tinggi. Lalu udara panas itulah yang akan membuat makanan menjadi lebih renyah. Penggorengan kekinian ini bisa digunakan tanpa menggunakan minyak lho.

Sedangkan untuk memasak menggunakan deep fryer, kamu harus memanaskan minyak goreng yang cukup banyak. Tapi, kamu sudah nggak perlu lagi tuh membolak-balikkan makanan.

Adanya frynet juga memudahkan mengangkat masakan saat sudah matang.

2. Lama Waktu Memasak

waktu menggoreng di deep fryer
hamiltonbeach.com

Bicara soal lama waktu menggoreng, air fryer memerlukan waktu yang lebih banyak daripada deep fryer. Hal itu karena air fryer masih harus memindahkan udara panas ke masakan.

Sedangkan deep fryer hanya membutuhkan waktu yang singkat saja. Apalagi penggorengan kekinian ini dilengkapi juga dengan timer atau pengukur waktu.

3. Jenis Masakan yang Bisa Dimasak

penggunaan deep fryer
homedepot.com

Air fryer bisa menggoreng masakan jenis apapun, mulai dari daging, makanan beku, hasil laut, tempe, bahkan kerupuk. Selain untuk menggoreng, air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang biskuit.

Kalau jenis penggorengan kekinian deep fryer, hanya bisa menggoreng menu apperizer atau makanan pembuka. Seperti onion rings, mozarella sticks, french fries, dan fried pastries.

Baca juga : 8 Tips Memasak Nasi di Rice Cooker Supaya Lebih Wangi, Bikin Nafsu Makan Meningkat

4. Kapasitas Banyaknya Masakan

kapasitas memasak di air fryer
polishedandpinkblog.com

Untuk kapasitas menu makanannya pun deep fryer bisa menampung masakan lebih banyak. Ada tiga kapasitasnya, kecil, sedang, dan besar, sehingga bisa menggoreng masakan lebih dari satu.

Sedangkan kapasitas makanan di air fryer hanya bisa menggoreng satu jenis masakan saja. Cocok nih untuk anak kosan yang nggak punya banyak bahan masakan.

5. Mana ya yang Lebih Murah?

harga deep fryer
consumerqueen.com

Untuk harganya, tentu semuanya tergantung dengan merek ya. Namun yang beredar di pasaran, harga deep fryer lebih murah dari pada air fyer.

Itu karena komponen yang ada pada deep fryer lebih murah. Sedangkan air fryer lebih banyak menggunakan teknologi dan fitur yang lebih canggih.

Baca juga : 8 Cara Memasak Nasi yang Belum Kamu Tahu, Biar Pulen dan Awet!

Itulah sekilas informasi tentang perbedaan deep fryer dan air fryer yang semakin banyak dipakai oleh ibu muda. Kalau di kedai gorengan banyak yang menggunakan deep fryer ukuran besar. Hal itu untuk mempersingkat waktu dan tenaga untuk membolak balikkan makanan.

Kalau sobat Qupas sendiri, lebih memilih penggorengan kekinian yang mana nih?

0 Comment