Kenali Efek Samping Bleaching Rambut yang Membuat Iko Uwais Masuk Rumah Sakit

03 July 2019, at 07:00
0
0
Kenali Efek Samping Bleaching Rambut yang Membuat Iko Uwais Masuk Rumah Sakit

Bleaching merupakan proses menghilangkan pigmen atau warna asli rambut yang menjadi salah satu tahap yang harus dilakukan saat ingin mengubah warna rambut menjadi lebih terang.

Meskipun sudah banyak yang melakukannya, namun ternyata bleaching membawa ancaman bahaya bagi kesehatan lho.

Hal tersebut terbukti kepada aktor Iko Uwais yang harus pergi ke rumah sakit karena sakit kepala serius yang ia alami pasca melakukan bleaching rambut untuk kepentingan film terbarunya.

Baca Juga: Kebiasaan Sepelemu Ini Ternyata Penyebab Kebotakan di Usia Muda

Berikut ini beberapa risiko kesehatan yang harus kamu ketahui sebelum melakukan bleaching untuk mewarnai rambut.

1. Kerusakan Rambut

kerusakan rambut
pexels.com/@mccutcheon

Salah satu risiko yang harus kamu rasakan apabila melakukan bleaching adalah mengalami kerusakan pada rambut bahkan sampai pada strukturnya.

Proses bleaching yang melibatkan zat hidrogen peroksida menyebabkan rambut lebih kering, kurang elastis, dan nggak sekuat sebelumnya.

Kegiatan tersebut juga bisa membuka lapisan kutikula yang membuat rambut menjadi lebih gampang kusut dan rontok.

2. Kulit Kepala Terbakar

kulit kepala terbakar
hellosehat.com

Saat proses bleaching, beberapa orang merasakan kulit kepalanya panas seperti terbakar disertai dengan rasa gatal dan perih.

Hal tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang terdapat dalam produk bleaching dan luka bakar bisa saja terus berkembang.

3. Memicu Reaksi Alergi

memicu reaksi alergi
salonaks.com

Selain itu, bahan kimia tertentu yang terdapat dalam produk bleaching rambut juga bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang lho.

Dampaknya pun bisa bermacam-macam, mulai dari mual, muntah, sakit kepala, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu ada baiknya jika kamu mengamati terlebih dahulu kandungan dalam bleaching sebalum menggunakannya.

Baca Juga: Tips Mudah Meredakan Migrain Tanpa Obat, Yuk Coba!

4. Migrain

migrain
healthoracle.org

Seperti yang dialami oleh Iko Uwais, bahan dalam produk bleaching juga bisa membuatmu merasakan migrain yang serius. Rasa sakit tersebut akan semakin terasa apabila krim menempel cukup lama di permukaan kepala.

Nggak hanya itu, aroma produk bleaching yang biasanya sangat menyengat juga bisa memicu migrain lho!

5. Risiko Kanker

risiko kanker
klikdokter.com

Beberapa orang juga mengaitkan dampak bahan kimia dalam produk bleaching terhadap beberapa penyakit parah khususnya kanker.

Bahan-bahan kimia tersebut ditakutkan akan meresap ke dalam kepala dan mengakibatkan kanker leukimia, limfoma, dan kandung kemih.

Nah, jadi sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut dan melakukan bleaching, sebaiknya kamu mempertimbangkan risiko-risiko di atas terlebih dahulu ya. Kalau perlu, konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Jangan sampai mengalami masalah kesehatan hanya untuk memaksimal penampilan ya Sobat Qupas.

0 Comment