Kenapa Anak Sering Mimisan? Inilah Beberapa Penyebabnya!

06 October 2018, at 00:00
0
0
Kenapa Anak Sering Mimisan? Inilah Beberapa Penyebabnya!

Keluarnya darah pada hidung atau yang sering disebut sebagai mimisan memang sering mengejutkan. Apalagi jika mimisan ini terjadi pada anak, maka kebanyakan orang tua akan bingung dan merasa khawatir dengan kondisi anaknya.

Hal tersebut dikarenakan darah yang dikeluarkan saat mimisan cukup banyak, jadi wajar saja kekhawatiran itu muncul saat anak mengalami mimisan. Normalnya, mimisan terjadi antara 1 sampai 10 menit, tergantung kondisi dan cara penanganannya.

mimisan anak
orami.co.id

Walaupun banyak orang berkata kalau mimisan adalah sebuah kondisi normal, tapi jangan pernah menyepelekannya jika sering terjadi. Ketika anak mengalami mimisan sangat sering, bahkan hampir setiap hari tentu saja tidak bisa disepelekan.

Sebab, ada beberapa kondisi yang salah dari anak sehingga menyebabkannya sangat sering mimisan. Tentu saja hal itu harus segera diketahui agar tidak memberi dampak berarti bagi kesehatan anak.

Nah, dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab mimisan pada anak.

1. Mengeluarkan Ingus

anak mimisan
orami.co.id

Mengeluarkan ingus adalah sebuah hal yang normal dan pasti dilakukan oleh siapa saja ketika sedang flu. Namun, mengeluarkan ingus juga tidak boleh sembarangan. Sebab, beberapa kasus terjadi anak kecil mengalami mimisan karena mengeluarkan ingus terlalu keras.

Sebaiknya ajarkan anak untuk mengeluarkan ingus secara normal, tidak terlalu keras apalagi dipaksakan karena bisa memicu terjadinya mimisan.

2. Pembuluh Darah Sobek

penyebab mimisan anak
hydroclean.id

Mimisan yang sering terjadi pada anak-anak juga bisa disebabkan oleh sobeknya pembuluh darah pada area hidung. Ketika sobek itu tidak benar-benar kering, maka bisa menyebabkan mimisan terus terjadi.

Biasanya, pembuluh darah sobek dikarenakan terkena benturan benda asing. Bisa juga dikarenakan jari yang terlalu masuk ke dalam ketika mengupil.

Baca juga : Tanpa Obat, Inilah Cara Menghentikan Mimisan Secara Alami

3. Pembekuan Darah

mimisan
hellosehat.com

Anak-anak sangat rentan terkena pembekuan darah. Ketika sudah mengalaminya, maka tubuh anak tidak bisa melakukan mekanisme sirkulasi darah dengan baik. Akibatnya, darah itu akan dikeluarkan melalui rongga hidung.

Untuk mengatasi pembekuan darah ini ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi, mulai dari anggur, melon, cokelat hitam, dan teh hijau. Berikan makanan sehat ini kepada anak secara rutin, pagi dan malam hari menjelang tidur.

4. Gejala Demam

mimisan
news.gogo.mn

Gejala demam pada anak bisa ditandai dengan terjadinya mimisan yang berulang. Hal tersebut dikarenakan ketika demam, pembuluh darah menjadi lebih sensitif sehingga aliran darah yang kencang tidak bisa ditahan.

Akibatnya, pembuluh darah pun menjadi rapuh dan menyebabkan mimisan terjadi. Oleh karenanya, segera periksakan anak ketika mengalami mimisan terus. Sebab bisa jadi dia sedang demam.

5. Iritasi Lingkungan

mimisan
mantapberita.com

Selanjutnya, mimisan yang sering terjadi pada anak bisa juga dikarenakan iritasi dari lingkungan tempat dia tinggal. Sebab, tempat tinggal yang kotor bisa memberikan ancaman bagi rongga hidung, misalnya debu dan kerikil.

Kedua material asing itu sangat mengancam selaput hidung. Maka dari itu, selalu perhatikan kebersihan lingkungan, khususnya rumah agar terhindar dari iritasi.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa anak menjadi sering mimisan?

0 Comment