Kenapa Gemericik Air Hujan Bisa Menenangkan? Inilah Penjelasan Ilmiahnya

15 November 2018, pada 09:00
1
0
Kenapa Gemericik Air Hujan Bisa Menenangkan? Inilah Penjelasan Ilmiahnya

Musim hujan telah tiba. Selain harus mempersiapkan keperluan perlengkapan hujan, kamu juga harus mempersiapkan fisik dengan baik.

Sebab pergantian musim seperti ini seringkali membuat seseorang menjadi drop dan akhirnya jatuh sakit.

Biasanya sakit yang dialami ketika musim hujan tiba adalah flu, batuk, dan demam. Namun tidak menutup kemungkinan juga terkena penyakit lain, misalnya demam berdarah.

Pasalnya saat hujan pasti akan ada genangan air yang menjadi sarang nyamuk.

Terlepas dari itu semua, ada satu fakta menarik tentang hujan yang dialami oleh kebanyakan orang, yakni rasa tenang dan nyaman ketika mendengar gemericik air yagn jatuh dari langit tersebut.

Apa kamu pernah merasakannya? Kalau pernah, tentu saja kamu tidak tahu apa alasannya, bukan?

hujan bikin tenang
pexels.com

Gemericik air hujan memang sering memberikan rasa tenang dan nyaman bagi kebanyakan orang. Tanpa sebab dan alasan yang pasti, perasaan itu akan muncul tiba-tiba sehingga menyebabkan banyak yang penasaran sebenarnya apa yang terjadi pada otak.

Nah, berangkat dari rasa penasaran itu akhirnya membuat para pakar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Salah satu studi yang dilakukan oleh ahli psikologi seperti yang dilansir dari laman Livestrong.

Psikolog tersebut mengatakan jika setiap orang pada dasarnya mengalami depresi, baik ringan maupun berat. Jadi secara tidak langsung setiap orang pasti butuh yang namanya relaksasi.

Baca juga: Jangan Malas, Inilah 6 Manfaat Olahraga Pagi yang Sayang Kalau Dilewatkan

air hujan
pexels.com

Gemericik air hujan sendiri dipercaya memiliki gelombang suara yang mampu menekan depresi tersebut dan merubahnya menjadi sesuatu yang nyaman bagi otak. Selanjutnya organ ini akan mengirimkan sinyal bahagia pada tubuh.

Bahkan, lebih dari itu juga disebutkan jika aroma tanah yang terkena air hujan juga bisa memberikan sensasi khas yang akan membantu otak untuk meditasi dirinya sendiri tanpa disadari.

Jadi, tingkat ketenangan seseorang saat mendengar gemericik air hujan tergantung dari kadar depresinya.

Lebih ekstrem lagi, depresi bisa dihilangkan dengan mandi air hujan sebagai bentuk pelampiasan yang total. Namun ditakutkan bisa mengalami gangguan kesehatan sehingga tidak dianjurkan.

Nah, itulah alasannya mengapa kita merasa tenang ketika mendengar gemericik air hujan. Sekarang sudah tahu, kan?

Topik:

0 Komentar