Kenapa Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Begini Penjelasannya

26 May 2019, at 09:00
0
0
Kenapa Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi? Begini Penjelasannya

Pernah nggak sih kamu merasakan perut mulas dan ingin buang air besar alias BAB setelah minum kopi? Ternyata hal ini juga dialami oleh banyak orang lho.

Baru-baru ini, beberapa peneliti di Texas sedang mencari tahu apa yang membuat kopi merangsang keinginan untuk BAB. Lain dari dugaan, ternyata jawabannya bukanlah kafein seperti yang selama ini diperkirakan oleh banyak orang.

Baca Juga: Sering Mulas di Pagi Hari? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini

Penelitian yang dipresentasikan di Digestive Disease Week (DDW) 2019 ini berhasil menunjukkan bukti sains spesifik bagaimana kopi membuat seseorang ingin buang hajat.

kopi
pexels.com/@ekrulila

Para peneliti menggunakan tikus sebagai media percobaannya. Mereka memberikan kopi dengan campuran bakteri usus pada cawan petri untuk hewan petri pada hewan tersebut.

Dari sana, peneliti menemukan bahwa kopi dapat menekan bakteri dan meningkatkan pergerakan otot. Tikus yang diberi kopi selama tiga hari mangalami peningkatan kontraksi pada otot-otot di usus kecilnya.

sakit perut
verywellhealth.com

Selain itu, peneliti juga memperhatikan perubahan bakteri pada fases yang terkontaminasi oleh kopi. Hasilnya, ditemukan bahwa pertumbuhan bakteri dan mikroba dalam tinja berkurang.

Minum kopi ternyata mampu membuat otot di usus bagian bawah dan besar pada tikus mengalami peningkatan kemampuan kontraksi, hanya beberapa saat setelahnya.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Sembelit yang Harus Kamu Hindari Mulai dari Sekarang

Meskipun penelitian klinis lainnya masih diperlukan, akan tetapi saat ini kamu sudah tahu bahwa yang menyebabkan keinginan untuk BAB setelah minum kopi bukanlah kafein di dalamnya ya Sobat Qupas.

0 Comment