Pernahkah kamu merasakan sakit perut pada sebelah kiri? Kalau pernah, tentu rasanya cukup menyiksa bukan?

Bagi kebanyakan orang yang mengalaminya, selalu mengeluh akan sakit yang kadang tidak tertahankan. Rasanya bahkan tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.

Perut melilit, panas, nyeri seperti ditusuk-tusuk membuat semua penderitanya cukup tersiksa. Hal tersebut juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?
viva.co.id

Yang menyebalkan lagi, sakit perut sebelah kiri ini suka muncul tiba-tiba tanpa isyarat terlebih dahulu. Sehingga penderitanya harus selalu sedia obat untuk menjaga-jaga saat sakit itu tiba-tiba muncul.

Nah, kira-kira apa penyebab terjadinya sakit perut sebelah kiri yang sangat menyiksa ini? Kamu pun perlu waspada dengan hal ini karena bisa jadi tubuhmu sedang bermasalah sehingga menimbulkan sakit secara terus-menerus.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri.

1. Gangguan Lambung

Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?
facetofeet.com/

Bila kamu memiliki riwayat sakit lambung, maka kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh gangguan lambung.

Biasanya, sakit ini akan muncul ketika perut kosong dan bahkan terlalu kenyang. Munculnya rasa sakit itu juga kadang disertai sensasi dada penuh sehingga membuatmu sedikit sesak napas.

2.Masalah Limpa

Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?
amazonaws.com

Sakit perut sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh masalah pada limpa. Pasti kamu sudah tahu, organ ini terletak di belakang lambung dan berada di bawah tulang iga bawah.

Gangguan pada limpa tidak hanya memengaruhi darah, tapi juga bisa membuat sakit perut yang berkepanjangan. Bahkan biasanya akan menjalar ke bahu bagian belakang.

3. Masalah Paru-Paru

Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?
doktersehat.com

Jika kamu adalah seorang perokok aktif, maka sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Sebab sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan karena masalah paru-paru.

Seperti diketahui, rokok adalah salah satu penyebab utama dari kerusakan pada paru-paru sehingga disarankan untuk menghindari kepulan rokok sebaik mungkin. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan masker saat keluar rumah.

Baca Juga : 7 Penyebab Batuk Berdarah yang Mengancam Nyawamu

4. Hernia

Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?
shopback.com

Sakit perut sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh hernia yang tidak disadari. Ketika kamu mengalami sakit, coba pastikan pada bagian perutmu apakah ada benjolan yang cukup berarti?

Sebab hernia tidak hanya menyebabkan sakit saja, tapi juga memberikan benjolan yang kasat mata. Meski begitu, kamu bisa merasakannya dengan meraba.

5. Gejala Jantung

Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?
ilovelife.co.id

Pernahkah kamu merasa sakit perut sebelah kiri disertai rasa berdebar? Kalau benar begitu, maka besar kemungkinan kamu mengalami gejala jantung.

Sebab seperti kebanyakan kasus terjadi, masalah jantung diawali dengan sakit perut sebelah kiri. Namun letaknya sedikit ke atas hampir dada.

6. Sakit Ginjal

Kenapa Sering Sakit Perut Sebelah Kiri?
saliha.id

Perlu kamu waspadai, sakit perut sebelah kiri yang sering muncul bisa menandakan bahwa ginjal sedang dalam keadaan tak sehat.

Namun alangkah baiknya kamu segera pergi ke dokter untuk diagnosa lebih lanjut. Sebab masalah ginjal juga memberikan rasa sakit pada perut bagian kanan, bahkan pinggang belakang.

Itulah beberapa penyebab kenapa sering sakit perut sebelah kiri. Jangan disepelekan, ya!

0 Komentar