Kenapa Suara Bersin Setiap Orang Berbeda? Begini Penjelasannya

01 July 2019, at 07:00
1
0
Kenapa Suara Bersin Setiap Orang Berbeda? Begini Penjelasannya

Bersin sebenarnya merupakan suatu bentuk pertahanan refleks yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan virus atau benda-benda asing dalam tubuh.

Hal-hal seperti serbuk tertentu, asap rokok, virus, udara dingin, debu, dan lain sebagainya dapat mengganggu saluran pernapasanmu.

Apabila hal-hal di tersebut mengiritasi dan menggelitik bagian dalam hidung, maka secara otomatis saraf akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memberikan sebuah reaksi yang kemudian melibatkan otot-otot yaitu bersin.

Baca Juga: Bersin Karena Pilek Atau Tanda Alergi, Apa Bedanya?

Meskipun demikian dapat dialami oleh siapa saja dan prosesnya sama, suara bersin masing-masing orang berbeda lho. Ada yang terdengar sangat kencang sedangkan lainnya mungkin terasa terlampau pelan.

bersin
medishare.com

Ada juga suara bersin yang dianggap aneh dan lucu sehingga biasanya menjadi bahan tertawaan orang-orang sekitar. Lantas, apa ya yang sebenarnya membuat suara bersinmu dan orang lain berbeda?

Todd Rambasek, seorang ahli alergi dan imunologi ENT and Allergy Health Service of Cleveland menyebutkan bahwa kondisi bersin tergantung pada seberapa iritasi atau geli yang terasa di saluran pernapasan seseorang.

Secara medis, terdapat dua hal yang bisa menjadi alasan mengapa suara bersinmu dan orang-orang lainnya berbeda yaitu kondisi anatomi tubuh dan volume udara yang dihirup.

penyebab bersin
healthjade.com

Seorang ahli otolaringologi New York University Langone Medical Centre, Erich Voigt mengatakan bahwa kondisi anatomi tubuh dapat berpengaruh pada suara bersin.

Hal tersebut karena anatomi tubuh membuat sebagaian orang mengeluarkan dorongan udara bersin melalui hidung, sebagian lagi melalui hidung, dan ada pula yang melalui keduanya.

Baca Juga: Jangan Ditahan, Ini Manfaat Bersin Bagi Kesehatan

Perbedaan saluran inilah yang akhirnya berpengaruh pada kekuatan bersin yang dikeluarkan oleh seseorang dan secara nggak langsung juga memengaruhi suaranya.

Selain itu, volume udara yang kamu hirup juga bisa memengaruhi hal tersebut. Semakin besar, maka akan semakin kencang pula suara bersinmu.

suara bersin
hellosehat.com

Kapasitas paru-paru untuk menampung udara yang berbeda-beda pada masing-masing orang lah yang menjadi penyebabnya.

Nggak hanya secara medis, perbedaan suara bersin juga bisa disebabkan oleh keadaan psikologis seseorang lho. Menurut ahli psikologi, orang yang pemalu cenderung bersin dengan suara yang pelan agar nggak menari perhatian.

Jadi begitu Sobat Qupas penjelasannya, sudah paham kan sekarang? Kalau kamu biasanya bersin dengan suara yang pelan atau kencang?

0 Comment