Kenapa Tidur Terlalu Lama Berbahaya bagi Laki-Laki?

09 January 2019, pada 00:00
0
0
Kenapa Tidur Terlalu Lama Berbahaya bagi Laki-Laki?

Tidur memang merupakan kegiatan yang baik untuk dilakukan. Aktivitas tersebut dapat membantu mengembalikan energi yang terkuras akibat beraktivitas seharian. Maka dari itu, kurang tidur sangat tidak baik untuk kesehatan.

Pada beberapa penelitian, disebutkan bahwa perempuan memiliki kebutuhan tidur lebih tinggi daripada laki-laki. Sehingga tidur lama dinilai baik untuk kaum hawa.

Disisi lain, hal tersebut justru dinilai membahayakan bagi laki-laki. Apa alasannya?

1. Meningkatkan Risiko Diabetes

meningkatkan risiko diabetes
hellosehat.com

Pada laki-laki, tidur terlalu lama memiliki pengaruh dengan kurang responsifnya sel-sel dalam tubuh terhadap insulin. Hal itu kemudian dapat menyebabkan penyerapan glukosa tidak bekerja secara maksimal.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes di masa depan. Sedangkan pada perempuan, kaitan seperti itu tidak ada.

2. Risiko Kanker

risiko kanker
shutterstock.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dengan judul Annals of Medicine menyebutkan bahwa tidur terlalu lama bagi laki-laki berdampak buruk bagi kesehatan.

Laki-laki yang tidur selama lebih dari 10 jam memiliki risiko tinggi terkena kanker daripada yang tidak tidur lama.

3. Serangan Jantung

serangan jantung
hellosehat.com

Tidur lebih dari 8 jam memiliki efek yang sama dengan kurang tidur. Dalam jangka yang lama, laki-laki yang sering tidur lebih dari durasi normal akan meningkatkan penurunan peluang hidup sebanyak 34 persen. Wah, banyak juga ya!

4. Berat Badan Cepat Naik

berat badan cepat naik
berrykitchen.com

Pembakaran lemak memang terjadi saat tidur. Akan tetapi terlalu banyak tidur justru akan membuat berat badan seseorang menjadi cepat sekali naik.

Hal ini dapat terjadi karena ketika kamu tidur lebih lama, maka pergerakan tubuh akan semakin menurun. Selain itu, metabolisme juga akan menjadi lebih lambat sehingga tubuh lebih mudah menyimpan lemak.

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Tidur Siang Juga Punya Banyak Manfaat

5. Daya Konsentrasi Berkurang

daya konsentrasi berkurang
pexels.com/@punttim

Tidur merupakan aktivitas untuk mengembalikan tenaga dan energi yang terkuras. Akan tetapi jika terlalu lama melakukannya malah akan membuatmu sulit berkonsentrasi, lho.

Menurut Journal of American Geriatrics Society, tidur lama secara terus menerus dapat membuat otak lebih tua dua tahun dari usia sebenarnya.

6. Sakit Kepala

sakit kepala
pexels.com/@geralt

Apakah kamu pernah mengalami sakit kepala saat akhir pekan atau liburan? Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh durasi tidurmu yang bertambah.

Bagi orang yang mudah sakit kepala, tidur lebih lama dari pada durasi yang ditentukan dapat menyebabkan sakit kepala.

Para peneliti percaya bahwa hal tersebut disebabkan oleh neurotransmitters yang ada di otak, termasuk serotonin.

7. Sakit Punggung

sakit punggung
hellosehat.com

Kamu pasti sering mendengar bahwa orang yang mengalami sakit punggung disarankan untuk berbaring di tempat tidur. Dulu memang dokter sering menyarankan hal tersebut kepada pasien.

Namun hal tersebut sudah tidak berlaku karena tidur terlalu lama justru dapat menyebabkan masalah punggung.

8. Suasana Hati Buruk

suasana hati buruk
spiritualityhealth.com

Pada beberapa pengidap depresi, hal tersebut bisa membuatnya tidur lebih lama. Padahal ini bisa membuat keadaan memburuk.

Hal ini tidak hanya berlaku pada penderita depresi. Tidur lebih lama bisa menyebabkan kamu menjadi murung dan suasana hati menjadi buruk.

Itu dia 8 dampak buruk tidur terlalu lama pada laki-laki. Namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga bisa terjadi pada perempuan. Sehingga baik laki-laki atau pun perempuan sama-sama menjaga pola tidur dan sesuai dengan durasi yang telah ditentukan.

0 Komentar