Kenikmatan 7 Kuliner Khas Banjarnegara yang Nggak Bisa Kamu Dapatkan di Daerah Lain

02 July 2019, at 19:00
0
0
Kenikmatan 7 Kuliner Khas Banjarnegara yang Nggak Bisa Kamu Dapatkan di Daerah Lain

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan pariwisata alamnya, seperti Kawah Sikiang dan Wadas Tumpang.

Selain itu, nggak terlewatkan juga dengan aneka menu masakan menyegarkan nan mengenyangkan khas Banjarnegara. Biar nggak taunya soto krandengan saja ya!

1. Buntil

buntil banjarnegara
recipes.adamstop.com

Kuliner berkuah santan yang disajikan dengan rebusan daun singkong ini sangat cocok dinikmati oleh pecinta masakan pedas. Isiannya ada petai dan ikan teri goreng.

Disajikan dengan nasi putih hangat dan kerupuk bawang yang renyah. Saat menikmati satu porsi menu makannya, dijamin kurang deh!

Lokasi Buntil Mbah Mei : Krandegan, Kecamatan Banjarnegara

Buka dari : 07:00-09:00 WIB

2. Sate Kambing "Pak Waji"

sate kambing banjarnegara
ellafitria.com

Buat kamu yang ingin menikmati sepiring sate kambing dengan bumbu kecap dan sambal kacang yang kental, serta dibakar sampai nggak bikin alot saat dimakan nih.

Selain itu, para pengunjung bisa mengambil sendiri nasi putih hangat sesuai selera. Ada menu tongseng dan krengsengan daging kambing iris yang bisa dinikmati lainnya.

Lokasi Sate Kambing "Pak Waji" : Jalan Karangmojo, Karanganyar, Wedomartani

Buka dari : 10:00-19:00 WIB

3. Bakso Ketupat

bakso kupat di banjarnegara
instagram.com/tsaniwismono

Buat yang mau menikmati semangkuk bakso lengkap dengan irisan ketupat biar makin kenyang, bisa nih mampir ke sini. Harganya yang cuma Rp10.000,00 saja.

Kuahnya terbuat dari kaldu sapi yang kental dan baso bulat yang kenyal. Tambahkan juga sambal cabai dan kecap, biar lebih nikmat.

Lokasi Bakso Ketupat : Belakang Polres Banjarnegara

Buka dari : 08:00-22:00 WIB

Baca juga : 8 Makanan khas Wonogiri, Masakan Ndeso dengan Bumbu "Jangkep" Nempel di Lidah

4. Pasar Lodra Jaya

pasar lodra jaya di banjarnegara
instagram.com/suciwulany

Pasar kuliner yang menyajikan menu nusantara yang enak banget nih. Dari makanan, minuman, dan mainan buatan tangan. Untuk bisa menikmati seporsi menu makannya, para pembeli harus menukarkan dulu uang tunai dengan uang kayu.

Beragam menu soto, arem-arem, hingga es dawet Banjarnegara bisa kamu nikmati di satu tempat saja. Lengkap banget deh menunya.

Lokasi Pasar Lodra Jaya : Winong, Bawang, Banjarnegara

Buka dari : Hari minggu saja pukul 07:00-12:00 WIB

5. Mie Ongklok Banjarnegara

mie ongklok banjarnegara
instagram.com/jajandaily

Tempat ini menyajikan menu mie kuning yang membutuhkan waktu lama saat memasaknya. Dengan irisan kol dan kucai yang dicelupkan dalam keranjang bambu, kemudian direbus hingga air rebusan mendidih.

Setelah itu, disajikan dalam sebuah piring dengan kuah kental. Lengkap dengan irisan sayuran hijau yang krenyes...krenyes... Harga per porsinya hanya Rp15.000,00.

Lokasi Mie Ongklok Banjarnergara : Jalan Raya Semampir, Banjarnegara

Buka dari : 10:00-22:00 WIB

6. Combro

combro banjarnegara
instagram.com/gisella_tania

Belum ke Banjarnegara kalau belum mencicipi camilan gurih dan manis yang satu ini. Combro menjadi camilan khas Kalipalet yang terbuat dari singkong dan dinikmati dengan cabai rawit.

Biasanya, combro diberi isian daging ayam atau irisan wortel dan kentang. Disajikan dengan soto mie yang mengenyangkan.

Lokasi Combro : Pasar Kota Banjarnegara

Buka dari : 05:00-16:00 WIB

7. Es Dawet Ayu

es dawet ayu banjarnegara
instagram.com/injogjafood

Es Dawet Ayu Banjarnegara ini memiliki ciri khas penjual yang selalu mendorong gerobak dengan lambang khusus, yaitu wayang semar dan petruk di atas gerobak.

Untuk isiannya ada dawet berwarna hijau dengan kuah santan dan gula merah kental yang yahud banget rasanya. Harganya dibanderol mulai dari Rp5.000,00 saja.

Lokasi Dawet Ayu Hj. Munardjo : Jalan Dipayuda, Krandegan, Banjarnegara

Buka dari : 08:00-17:00 WIB

Itulah tujuh kuliner khas Banjarnegara yang nggak boleh kamu lewatkan. Mulai dari kuliner berkuah yang mengenyangkan hingga minuman dingin yang menyegarkan. Mau coba yang mana dulu ya?

0 Comment