Kepala Terasa Melayang Secara Tiba-tiba? 5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

09 November 2019, at 10:00
0
0
Kepala Terasa Melayang Secara Tiba-tiba? 5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Pernahkah kamu tiba-tiba merasa kepalamu kliyengan seolah sedang melayang? Kondisi yang membuat seseorang merasa hampir pingsan ini biasanya disebut dengan lightheadedness.

Lalu, apa sih yang menyebabkan kepala terasa melayang secara tiba-tiba tersebut? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Dehidrasi

kepala kliyengan
hellosehat.com

Dehidrasi terjadi saat kamu kekurangan cairan tubuh, bisa jadi karena kurang minum atau cuaca yang terlalu panas. Hal tersebut juga bisa menjadi penyebab kepala kliyengan yang kamu rasakan lho.

Pasalnya, kekurangan cairan tubuh akan membuat volume darah menurun dan mengakibatkan aliran darah ke otak berkurang. Pada kondisi ini, kamu sebaiknya segera memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Tekanan Darah Rendah Sementara

penyebab kliyengan
shutterstock.com

Selain dehidrasi, tekanan darah rendah sementara juga bisa membuatmu merasa seolah-olah kepala melayang. Tahukah kamu, sistem saraf otonom membantu tubuh untuk mengatur perubahan tekanan darah ketika kamu sedang berdiri.

Akan tetapi, kemampuan tersebut akan memburuk seiring bertambahnay usia sehingga akan terjadi penurunan tekanan darah sementara alias hipotensi ortostatik. Kondisi tersebut lah yang membuat kepalamu terasa melayang tiba-tiba.

3. Gula Darah Rendah

cara menghilangkan pusing melayang
shutterstock.com

Kekurangan gula darah juga bisa menjadi penyebab kepala terasa melayang secara tiba-tiba. Saat kadar gula dalam tubuh menurun, maka tubuh dan otak akan menghemat atau menggunakan energi sedikit mungkin.

Kondisi ini menyebabkan kepala kliyengan secara tiba-tiba dan dalam waktu sesaat. Untuk mengatasinya, kamu bisa makan camilan agar kadar gula darah kembali normal.

Baca Juga: Badan Sering Terasa Melayang? Ini Tandanya Kamu Alami Tekanan Darah Rendah

4. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

kepala kliyengan
hellosehat.com

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping berupa kepala yang terasa melayang-layang.

Obat-obatan yang menimbulkan efek tersebut biasanya merupakan obat yang bekerja dengan menurunkan tekanan darah atau memiliki efek diuretik.

5. Serangan Jantung dan Stroke

kepala terasa melayang
topclassactions.com

Pada kasus yang parah, kepala terasa melayang bisa jadi tanda serangan jantung atau stroke lho! Hal tersebut biasanya dibarengi dengan nyeri dada, sesak napas, dan lain sebagainya.

Apabila kondisi tersebut sering terjadi, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa diketahui penyebab pastinya.

Ternyata kepala terasa melayang tiba-tiba bukan hal yang bisa disepelekan ya Sobat Qupas. Kamu harus tetap waspada!

0 Comment