Qupas Weekend

Keren! 6 Film Jepang Tentang Samurai Terbaik Ini Bisa Bikin Kamu Berdecak Kagum

08 July 2020, at 10:16
Keren! 6 Film Jepang Tentang Samurai Terbaik Ini Bisa Bikin Kamu Berdecak Kagum

Sebagian orang menganggap bahwa samurai adalah pedang panjang khas Jepang. Padahal, anggapan tersebut salah lho!

Samurai merupakan sebutan untuk bangsawan militer pada abad pertengahan sampai awal modern Jepang yang memiliki tuan dan bersenjata pedang panjang bernama katana.

Supaya lebih paham, berikut ini beberapa film Jepang tentang Samurai yang nggak boleh kamu lewatkan.

1. Rurouni Kenshin: Origins (2012)

Film Samurai Jepang (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Rurouni Kenshin: Origins" merupakan film live action yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Nobuhiro Watsuki. Kamu mungkin lebih mengenal versi animenya yang bertajuk "Samurai X".

Film ini bercerita tentang kehidupan mantan samurai pembunuh bernama Kenshin Himura (Takeru Satoh) yang ingin hidup normal dan membela kebenaran.

Dua sekuel "Rurouni Kenshin: Origins" yang harusnya rilis pada tahun ini terpaksa ditunda sampai 2021 nanti karena pandemi corona. Padahal, sudah banyak banget lho yang nungguin!

2. 13 Assassin (2010)

Film Jepang Samurai (Foto: imdb.com)
imdb.com

Selain "Rurouni Kenshin: Origins", "13 Assassin" juga menjadi salah satu film samurai terbaik yang nggak boleh kamu lewatkan. Seperti karya-karya Takashi Miike lainnya, film ini bernuansa dingin dan brutal.

Berlatar pada tahun 1844, "13 Assassin" bercerita tentang 13 samurai yang dipelopori oleh Shinzaemon Shimada (Koji Yakusho) untuk mengungkapkan kebenaran dan melawan Lord Naritsugu (Gorō Inagaki) beserta ratusan balatentaranya.

3. Hara-Kiri: Death of A Samurai (2011)

Film Jepang tentang Samurai (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Hara-Kiri: Death of A Samurai" merupakan remake dari film klasik berjudul "Harakiri" yang rilis pada tahun 1962.

Seperti judulnya yang bemakna bunuh diri, "Hara-Kiri: Death of A Samurai" bercerita tentang seorang ronin (samurai tanpa tuan) bernama Hanshiro Tsugumo (Ichikawa Ebizo XI) yang ingin mengakhiri hidupnya dengan terhormat.

Ia pun pergi ke kastil milik Klan Li dan meminta izin untuk melakukan harakiri di sana. Sebagai syarat, pemilik rumah meminta Hanshiro Tsugumo untuk mendengarkan ceritanya terlebih dahulu. Lalu, apa yang terjadi selanjutnya ya?

Baca juga: 6 Film Jepang Paling Sedih dan Bikin Nangis Sesenggukan

4. The Twilight Samurai (2002)

Film Samurai Jepang Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dirilis pada tahun 2002, salah satu film Jepang terbaik garapan sutradara Yoji Yamada ini berhasil meraih berbagai penghargaan.

"The Twilight Samurai" bercerita tentang seorang juru tulis berupah rendah bernama Seibei Iguchi (Hiroyuki Sanada). Sepeninggal istrinya, Iguchi hidup bersama dua anak perempuan yang sangat ia cintai.

Film ini menyuguhkan bagaimana Iguchi yang awalnya diremehkan berubah menjadi samurai hebat yang diandalkan dalam pertarungan.

5. When the Last Sword Is Drawn (2003)

Film Jepang Samurai Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

"When the Last Sword Is Drawn" merupakan drama tragis tentang dua samurai bernama Saito Hajime (Kōichi Satō) dan Yoshimura Kanichiro (Kiichi Nakai) yang bersusah payah mempertahankan hidup dan eksistensinya di akhir era Keshogunan Tokugawa.

Saito Hajime sendiri diambil dari tokoh nyata sedangkan Yoshimura Kanichiro adalah fiksi belaka.

6. Goemon (2009)

Film Jepang tentang Samurai Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film samurai Jepang terbaik selanjutnya adalah "Goemon". Rilis pada tahun 2009, garapan sutradara Kazuaki Kiriya bercerita tentang Ishikawa Goemon (Yōsuke Eguchi).

Goemon merupakan pahlawan legendaris yang mencuri barang-barang berharga dari orang kaya untuk diberikan kepada masyarakat miskin.

Nah, dari beberapa film Jepang tentang samurai di atas, mana yang sudah pernah kamu tonton?