Keren! Deretan Film Indonesia Terbaik Ini Pernah Borong Penghargaan Internasional

30 March 2019, at 14:10
0
0
Keren! Deretan Film Indonesia Terbaik Ini Pernah Borong Penghargaan Internasional

Selamat Hari Film Nasional! Ya, setiap tanggal 30 Maret memang diperingati sebagai Hari Film Nasional.

Nah, dalam rangka mengapresiasi karya sineas tanah air, kali ini Qupas akan membahas mengenai film Indonesia terbaik yang pernah memborong penghargaan internasional.

Setiap tahunnya, sebenernya banyak banget karya sineas Indonesia yang sukses di kancah internasional. Tapi kali ini Qupas akan mengulas 8 diantaranya. Ada apa aja ya? Yuk langsung intip deh!

1. The Raid (2011)

the raid 2011
imdb.com

Popularitas 'The Raid' di mata internasional memang nggak perlu dipertanyakan lagi. Nah, kalau penghargaan yang didapat, tentu juga nggak sedikit.

Contohnya aja, film yang dibintangi Iko Uwais dan Joe Taslim ini sempat berjaya di Cadillacs People’s Choice Award, Toronto International Film Festival 2011, dan The Best Film sekaligus Audience Award-Jameson Dublin International Film Festival.

2. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)
rizapahlevi.com

'Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak' berhasil membawa pulang penghargaan juri khusus atau Snow Leopard Special Jury Award di ajang Asian World Film Festival (AWFF) yang berlangsung di California, Amerika Serikat bulan November 2018 lalu.

Sebelumnya, film yang dibintangi Marsha Timothy ini juga mendominasi Piala Citra dengan memenangkan 10 penghargaan sekaligus.

Belum berhenti disitu, 'Marlina' juga sempat dikirim untuk mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi Piala Oscar 2019.

3. Turah (2016)

film turah 2016
instagram.com/fourcoloursfilms

Selain 'Marlina', film Indonesia yang pernah dijagokan untuk nominasi Piala Oscar adalah 'Turah'. Tepatnya untuk gelaran Academy Award ke 90, tahun lalu.

Prestasinya pun nggak cuma itu aja. Sebelumnya, film 'Turah' pernah berjaya di beberapa festival film internasional.

Seperti di ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2016, Singapore Internationl Film Festival 2016,9th Bengaluru International Film Festival 2017, ASIA-PASIFIC Screen Awards 2017, dan 14th Seoul Internasional Agape Film Festival 2017.

4. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Kucumbu Tubuh Indahku (2018)
instagram.com/fourcoloursfilms

'Kucumbu Tubuh Indahku' adalah film terbaru April 2019 yang akhirnya meramaikan bioskop Indonesia setelah sebelumnya sudah memborong penghargaan internasional.

Diantaranya ada Bisato D'Oro Awad dari venice Independent Film Critic, Best Film pada gelaran Festival Des 3 Continents di Perancis, dan Cultural Diversity Award under the Patronage of Unesco pada Asia Pasific Screen Awards (APSA) di Australia.

Baca juga: 10 Film Terbaru April 2019 yang Paling Dinanti Kehadirannya, Jangan Sampai Kehabisan Tiket!

5. Laskar Pelangi (2008)

laskar pelangi 2008
milesfilms.net

Rapor film ini juga bagus banget. Masuk dalam jajaran film Indonesia terlaris sepanjang masa, 'Laskar Pelangi' juga mencatatkan namanya di dunia internasional.

Diantaranya melalui penghargaan film terbaik di International Festival of Film for Childrean and Young Adults di Iran, masuk di nominasi film terbaik di Berlin International Film Festival, juga Editor Terbaik Asian Film 2009 di Hong Kong.

Selain itu, film arahan sutradara Riri Riza ini juga tayang di bioskop Spanyol, Italia, Namibia, Hong Kong, Jerman, Singapura, Australia, Amerika dan Portugal lho. Keren kan?

6. Emma: Mother (2016)

emma: mother 2016
milesfilms.net

Diadaptasi dari novel biografi karangan Alberthiene Endah, 'Emma: Mother' adalah film bersadarkan kisah nyata ibunda Yusuf Kalla. Di dalam negeri, 5 penghargaan dari Piala Citra berhasil disabet.

Sedangkan dari kancah internasional, 'Emma: Mother' berhasil mendapat INALCO Award dari festival film internasional des Cinemas d'Asia Vesoul 2017 yang berlangsung di Prancis.

7. Istirahatlah Kata-kata (2016)

Istirahatlah Kata-kata (2016)
blogspot.com

Kalau film terbaik Indonesia ini mengangkat kisah Wiji Thukul. Penyair kritis juga seorang aktivis yang sempat jadi buronan di masa orde baru.

Kabar baiknya, 'Istirahatlah Kata-kata' atau dikenal juga dengan 'Solo Solitude' berhasil mengantongi apresiasi dari dunia. Terbukti dengan didapatkannya penghargaan khusus di ajang Film Festival Love is Folly di Bulgaria dan masih banyak lagi.

8. Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya (2015)
battleofsurabayathemovie.com

'Battle of Surabaya' adalah film animasi terbaik Indonesia yang kisahnya berdasarkan tragedi 10 November 1945 di Surabaya. Hasil karya 180 animator ini memang kece abis.

Hingga akhirnya penghargaan dalam kategori Film Animasi terbaik di ajang Milan International Filmmaker Festival 2017 berhasil dibawa pulang.

Nah, itulah sedikitnya 8 dari film terbaik Indonesia yang pernah memborong penghargaan internasional. Kamu udah nonton semua?

0 Comment