Keren, Lima Ton Sampah Plastik Diubah Jadi Patung Paus Setinggi 12 Meter! Inilah Cara Belgia Sadar Lingkungan

11 July 2018, at 12:00
2
0
Keren, Lima Ton Sampah Plastik Diubah Jadi Patung Paus Setinggi 12 Meter! Inilah Cara Belgia Sadar Lingkungan

Di Belgia, ada patung besar berbentuk paus dengan ukuran 12 meter yang terbuat dari 5 ton sampah plastik. Plastik yang digunakan untuk membentuk ornamen tersebut berasal dari sampah yang mengambang di Samudra Pasifik dan Atlantik. Miris memang, mengingat masih ada 150 juta ton sampah plastik yang tersebar di lautan.

 

euronews.com

 

Klimoski dan Chang sebagai perancang ornamen tersebut  mengatakan bahwa patung paus yang mereka buat bertujuan untuk menyoroti ancaman yang diakibatkan oleh penggunaan plastik secara besar-besaran. Mereka berdua mendapatkan tugas untuk mengerjakan pembuatan patung tersebut juga sebagai bentuk keprihatinan atas meninggalnya paus di Thailand setelah menelan 80 kantong plastik.

 

euronews.com

 

Seperti yang dilansir dari Euronews, ide pertama seniman adalah berusaha untuk menghentikan sampah plastik yang dibuang di lautan. Berkerjasama dengan Hawaii Wildlife Fund, mereka mengumpulkan sampah plastik yang ada di lautan selama 4 bulan. Sampah yang terkumpul tersebut kemudian akan dijadikan sampah dan menjadi skycraper.

Begitulah cara Belgia mengingatkan masyarakat tentang pengaruh buruk sampah yang sering kali tidak disadari. Harapannya masyarakat mulai lebih sadar dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitar.

0 Comment