Kerutan Dahi Bisa Prediksi Penyakit Jantung Sejak Dini, Benar nggak sih?

09 October 2018, pada 06:56
0
0
Kerutan Dahi Bisa Prediksi Penyakit Jantung Sejak Dini, Benar nggak sih?

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong sangat mengerikan. Sebab, sampai sekarang sudah banyak nyawa meregang akibat penyakit yang satu ini.

Menurut data terakhir dari World Health Organization (WHO), setidaknya ada 18 juta orang yang menderita penyakit jantung dari segala usia, mulai dari anak muda sampai orang tua.

Selain itu, bahaya penyakit jantung juga sangat sering digaungkan di media masa, baik televisi maupun media online. Hal tersebut menjadikan setiap orang sangat takut jika terkena penyakit jantung sehingga memercayai beberapa informasi yang belum tentu kebenarannya, alias hoax.

sakit jantung
henryfordlivewell.com

Salah satu hoax tersebut seperti informasi yang mengatakan kalau minum es berlebihan bisa menyebabkan penyakit jantung di usia dini. Apakah kamu pernah mendengar informasi ini? Jika pernah, lebih baik kamu tidak perlu memercayainya sebab sudah ada konfirmasi resmi dari pihak medis mengenai hal ini.

Namun, ada juga informasi yang belakangan ini keluar, tapi malah dianggap hoax oleh sebagian orang. Informasi tersebut berisi tentang prediksi penyakit jantung melalui kerutan dahi.

Ya, beberapa waktu lalu ada sebuah berita viral di dunia maya yang menyebutkan kalau penyakit jantung ternyata bisa dideteksi dari jumlah kerutan dahi. Tentu saja berita ini menuai beragam komentar, ada yang setuju maupun yang tidak.

Lantas, bagaimana seharusnya menyikapi informasi ini?

Agar tidak termakan informasi murahan, sebaiknya kamu harus menggali kebenaran dari informasi tersebut sebelum memercayainya. Untuk hal ini, sebenarnya sudah ada pakar yang melakukan penelitian serupa.

kerutan dahi
gulalives.co

Dilansir dari laman New York Post, ada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam konferensi Europan Society of Cardiology mengatakan bahwa kerutan di dahi memang benar bisa digunakan sebagai penanda terjadinya penyakit jantung pada seseorang.

Penelitian itu melibatkan lebih dari 3.000 orang di Prancis selama kurang lebih 20 tahun. Dari penelitian panjang itu, ditemukan bahwa seseorang yang memiliki banyak kerutan dahi memiliki risiko jantung lebih besar.

Dalam penjelasan ilmiah, kerutan itu bisa menandakan bahwa pembuluh darah dalam tubuh sedang tersumbat akibat kerusakan sel serta protein. Ketika sumbatan itu tidak segera diatasi, maka akan mengganggu sirkulasi darah yang akhirnya merusak kinerja jantung.

Baca juga : Kenapa Pegawai Kantoran Rentan Terkena Serangan Jantung? Ternyata ini Penyebabnya

emosi
medicalnewstoday.com

Lebih dari itu, disebutkan kalau orang yang memiliki kerutan dahi, atau sering mengerutkan dahi adalah tipe orang yang pemikir dan emosional. Seperti diketahui, orang-orang tipe seperti itu sangat rentan terhadap serangan jantung. Hal ini menjadi salah satu acuan dalam membuktikan rumor yang sedang ramai belakangan ini.

Namun, walau kerutan dahi adalah prediksi dari serangan jantung, kamu tidak harus khawatir ketika memiliki banyak kerutan. Justru, dengan mengetahuinya sejak dini, kamu bisa memperbaiki pola hidup agar terhindar dari risiko jantung.

0 Komentar