Kesalahan Besar yang Kamu Lakukan Sebelum Resign, Jadi Nganggur kan!

24 February 2019, at 10:00
0
0
Kesalahan Besar yang Kamu Lakukan Sebelum Resign, Jadi Nganggur kan!

Bekerja di sebuah perusahaan impian dalam waktu yang lama dan bidang yang disenangi merupakan impian semua orang. Apalagi jika hal tersebut didukung dengan teman-teman yang menyenangkan dan lingkungan kerja yang positif.

Akan tetapi, tidak jarang seseorang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan atau resign karena suatu hal. Bisa jadi masalah pribadi, konflik dengan perusahaan, atau mendapatkan tawaran kerja lainnya yang lebih menggiurkan.

Kondisi ini biasanya akan membuat seseorang menjadi bingung dan bimbang. Apabila memutuskan untuk resign, sebaiknya jangan lakukan beberapa hal ini jika tidak ingin menjadi pengangguran.

1. Tidak Menyiapkan Mental

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign menyiapkan mental
magazine.job-like.com

Banyak orang yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, akan tetapi tidak mempersiapkan hal tersebut dengan baik.

Mental menjadi salah satu hal yang harus disiapkan ketika memutuskan untuk resign. Kamu harus menyadari bahwa keluar dari pekerjaan bukanlah hal yang sepele.

Apalagi jika belum mendapatkan pekerjaan yang baru. Jika mental tidak kuat, maka kamu bisa saja terguncang karena kaget dengan keadaan yang tidak terduga.

Jika sudah seperti itu, akan semakin sulit bagimu untuk mencari pekerjaan lain karena kamu akan banyak mengalami tekanan mental.

2. Tidak Memiliki Tabungan

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign tabungan
brandambassador.life

Tidak mempersiapkan tabungan padahal sudah ingin resign juga merupakan kesalahan besar. Setelah keluar dari tempat kerja, mungkin kamu tidak akan langsung mendapatkan penggantinya.

Padahal, kamu harus tetap memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Lalu, darimana kamu mendapatkan biaya tersebut apabila tidak memiliki tabungan?

Baca Juga: Gunakan Cara Menabung Efektif Ini Meski Gaji Cuma UMR

3. Tidak Ada Rencana Matang

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign rencana matang
qerja.com

Sebelum benar-benar memutuskan untuk resign, sebaiknya kamu juga membuat rencana matang tentang apa yang akan kamu lakukan selanjutnya.

Entah itu mencari pekerjaan lain, termasuk dimana dan bagaimana serta peluangnya, atau bahkan jika kamu ingin melakukan perjalanan selama beberapa waktu.

Semua harus dipikirkan dengan matang agar nantinya kamu tidak menjadi pengangguran dan tetap berpenghasilan.

4. Memutuskan dengan Tergesa-Gesa

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign memutuskan tergesa gesa
gp1.com

Memutuskan untuk resign dengan tergesa-gesa juga merupakan suatu kesalahan besar. Memang, semua hal tentang dirimu hanyalah kamu seorang yang berhak membuat keputusan.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk meminta pendapat dari orang yang kamu percaya. Dengan demikian, pikiranmu akan lebih terbuka dan persiapan resign juga menjadi lebih matang.

Hal ini penting dilakukan agar akhirnya kamu tidak berakhir menjadi pengangguran.

5. Tidak Menyelesaikan Tugas

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign tugas
macleans.ca

Meskipun sudah berniat resign, namun bukan berarti tugas-tugasmu di kantor bisa ditinggalkan begitu saja. Bagaimana pun, kewajiban tetap harus dituntaskan sebelum benar-benar keluar dari pekerjaan.

Tidak menyelesaikan tugas berarti kamu akan meninggalkan kesan buruk bagi perusahaan tempatmu bekerja. Hindari melakukan hal ini apabila kamu tidak ingin tempat kerja lainnya menolakmu.

Baca Juga: Situs Pekerjaan Ini Bisa Membuatmu Menemukan Karir Impian

6. Banyak Menuntut

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign tuntutan
ottoworkforce.nl

Banyak orang yang menuntut banyak hal kepada perusahaan, padahal ia masih dalam proses pengajuan resign. Hal ini sebaiknya kamu hindari dan lebih fokuslah pada tugas-tugas yang belum selesai.

Kamu memang berhak menuntut gaji dan tunjangan. Akan tetapi, ada baiknya jika kamu melakukan hal tersebut apabila pengajuan pengunduran dirimu sudah disetujui.

7. Mengumbar Masalah ke Publik

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign masalah
gsb.stanford.edu

Memutuskan untuk resign bukan berarti membuatmu bisa mengumbar masalah pekerjaan ke semua orang. Jangan pernah lakukan hal ini jika kamu tidak ingin menjadi pengangguran.

Perusahaan lain akan menilai bahwa kamu tidak kooperatif dan profesional jika kamu melakukan hal tersebut. Karena bisa saja kamu juga akan bertindak sama kepada tempat kerja barumu.

8. Memengaruhi Teman

resign keluar dari pekerjaan persiapan resign memengaruhi teman
lexacount.com

Apabila kamu memiliki masalah di tempat kerja dan memutuskan untuk resign, sebaiknya tidak perlu memengaruhi teman atau mencari pembenaran dan dukungan.

Dampaknya akan sama seperti kamu mengumbar masalah pekerjaan tersebut ke publik. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa kamu bukanlah orang yang cukup profesional.

Baca Juga: Kesalahan Surat Lamaran Pekerjaan yang Harus Kamu Perhatikan

Jadi, sebelum kamu memutuskan atau mengajukan resign sebaiknya jangan melakukan kesalahan seperti di atas ya!

Ada baiknya jika kamu memikirkannya dengan matang dan membuat rencana masa depan dengan jelas agar tidak berakhir sebagai pengangguran.

0 Comment