Kesusupan Serpihan Kayu Nggak Boleh Diremehkan, Akibatnya Bisa Fatal Kalau Dibiarkan

22 June 2019, at 00:00
0
0
Kesusupan Serpihan Kayu Nggak Boleh Diremehkan, Akibatnya Bisa Fatal Kalau Dibiarkan

Setidaknya sekali seumur hidup, kamu pasti pernah merasakan kesusupan atau tertusuk benda kecil seperti serpihan kayu pada kulit.

Rasanya yang nggak terlalu sakit dan penampakannya yang terlihat baik-baik saja membuat kebanyakan orang menganggap masalah tersebut sepele.

Beberapa orang juga membiarkan kesusupan serpihan kayu karena merasa nggak sadar, malas untuk mengeluarkannya, atau lokasinya yang terlalu sulit untuk dijangkau.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Mimisan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Akan tetapi, bolehkan kesusupan serpihan kayu disepelekan? Benarkah hal tersebut nggak akan berdampak bagi kesehatan?

kesusupan
johnbjacksonlaw.com

Menurut Ashley Jones, seorang praktisi perawat bersertifikat dari The Ohio State University Wexner Medical Center, kesusupan serpihan kayu yang dibiarkan bisa menjadi masalah serius pada beberapa kasus.

Dilansir dari Live Science, kulit yang rusak akibat kesusupan memudahkan bakeri untuk masuk dan menyebabkan infeksi.

Belum lagi apabila benda kecil yang menyusup ke kulit tersebut ternyata sudah dihinggapi oleh bakteri, maka akan lebih mudah menyebar ke dalam tubuh.

bahaya kesusupan
umarat.wordpress.com

Selain itu, serpihan yang nggak dikeluarkan juga dapat menyebabkan reaksi inflamasi berupa pembengkakan dan kemerahan pada area yang terinfeksi.

Apabila inflamasi berlangsung selama beberapa hari atau minggu, area tersebut bisa mengalami benjolan granuloma yang agak permanen atau sulit dihilangkan.

Baca Juga: Segera Hentikan, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Menyebabkan Penyakit Serius!

Hal tersebut adalah semacam gelembung pelingdung dari sel-sel kekebalan untuk melindungi dari benda asing yang nggak bisa disingkirkan oleh tubuh.

Meskipun bagi sebagian orang kesusupan serpihan kayu merupakan masalah ringan yang dapat dikeluarkan oleh tubuh secara alami. Namun, nggak ada salahnya untuk mencegah hal buruk yang mungkin terjadi kan?

kesusupan serpihan kayu
klikdokter.com

Pada kasus apapun, benda asing yang masuk dan bersarang di kulit, terutama pada anak-anak dan orang lanjut usia, memiliki risiko infeksi yang tinggi.

Daripada menunggu sampai mengalami infeksi yang cukup parah sebaiknya kamu mengeluarkan benda asing, serpihan kayu misalnya, yang menyusup dalam kulitmu tersebut.

Gunakanlah alat yang steril dan bersih agar nggak menambah risiko infeksi. Apabila kesulitan, kamu bisa meminta bantuan kepada orang alhi medis.

0 Comment