Ketika Dijodohkan oleh Orang Tua Padahal Sudah Punya Pacar, Harus Bagaimana?

25 January 2019, at 08:00
0
0
Ketika Dijodohkan oleh Orang Tua Padahal Sudah Punya Pacar, Harus Bagaimana?

Percaya atau tidak, di era modern ini pengalaman dijodohkan keluarga masih banyak dialami beberapa orang.

Orang tua memiliki pandangan tersendiri tentang kriteria ideal calon menantu. Hal ini membuat mereka tidak dapat disalahkan sepenuhnya atas kejadian tersebut.

Selain itu, perjodohan bukan masalah jika si anak belum memiliki pasangan. Namun bagaimana jika sebenarnya dia sudah punya pacar? Jika kamu mengalami hal seperti ini, begini cara menghadapinya.

1. Jangan Berprasangka Buruk Pada Orang Tua

jangan berprasangka buruk pada orang tua
thinkstockphotos.com

Ketika orang tua mengungkapkan bahwa mereka ingin memperkenalkanmu dengan seseorang, jangan bersikap dramatis. Mereka tidak akan serta merta menyuruhmu menikahi orang tersebut.

Restu orang tua memang penting. Tapi semuanya pasti akan dikembalikan lagi kepadamu sebagai pihak yang akan menjalani kisah itu. Sehingga jangan langsung marah dan berprasangka buruk pada ayah atau ibumu.

2. Pahami Alasan Orang Tua

pahami alasan orang tua
studybreaks.com

Meskipun sebal, kamu harus mendengarkan dan memahami alasan orang tua. Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Mungkin bagi mereka orang tersebut adalah pasangan yang ideal untukmu.

Coba tanyakan kepada orang tuamu apa yang membuat mereka yakin dengan pasangan pilihan mereka.

3. Diskusikan dengan Pacar

diskusikan dengan pacar
pexels.com/@pawel-l-435199

Ada banyak kasus tentang seseorang yang ditinggal menikah oleh pacarnya karena dijodohkan oleh orang tua. Sedihnya, selama ini dia tidak pernah tahu tentang hal itu.

Jangan sampai kamu melakukan hal seperti itu kepada pasangan karena akan sangat menyakitkan. Sebaiknya bicarakan tentang perjodohan itu dengan pacarmu sejak awal.

Kalau dia marah dan tersakiti, itu merupakan respon yang wajar. Ajaklah dia berdiskusi ketika emosinya sudah mereda. Tanyakan pula padanya ke arah mana hubungan kalian sehingga kamu bisa menilai kesungguhannya.

Baca juga: Harus Peka! Kode-Kode Ini jadi Tanda Pasanganmu Siap Menikah

Kalian harus memikirkan apa yang akan dilakukan, termasuk berkenalan dengan keluarga secara resmi.

4. Bicarakan dengan Orang Tua Tentang Pacarmu

bicarakan dengan orang tua tentang pacarmu
alamy.com

Jika orang tua belum tahu bahwa kamu sudah memiliki kekasih, perkenalkan kepada mereka. Siap atau tidak, kalian harus melakukan langkah ini demi kelangsungan hubungan.

Mintalah orang tua untuk mengenal pacarmu lebih dalam dan apakah dia tidak sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan.

Minta lah orang tuamu untuk memikirkan perasaanmu dan pasangan. Selain itu, kamu juga bisa mengatakan sejauh dan seserius apa hubungan kalian telah berjalan.

5. Jangan Langsung Menolak atau Menerima

jangan langsung menolak atau menerima
pexels.com/@minan1398

Langsung menolak atau justru menerima sebelum tahu dan mengenal orangnya merupakan alasan yang tidak valid. Orang tuamu justru akan marah jika kamu melakukan hal ini.

Mereka akan berdalih bahwa kamu dan dia hanya perlu berkenalan terlebih dahulu. Lakukanlah apa yang diinginkan orang tua demi menghindari perdebatan dan pertengkaran.

Jangan lupa juga untuk menjelaskan hal tersebut pada kekasihmu agar dia paham dan tidak berpikiran macam-macam.

6. Temui Orangnya

temui orangnya
spunout.ie

Kamu harus menemui orang yang dijodohkan denganmu. Perkenalkan dirimu dan katakan padanya dengan jujur bagaimana keadaanmu saat ini. Khusunya terkait dengan permasalahan bahwa kamu sudah memiliki kekasih.

Berdiskusilah dengannya tentang apa yang kalian mau. Apakah dia setuju dengan perjodohan tersebut atau tidak. Jika tidak, kalian berdua bisa menentang keinginan orang tua masing-masing dengan alasan yang kompak.

Namun jika dia menyukaimu, kamu bisa mengatakan kepada orang tua apa yang tidak kamu sukai darinya agar mereka tidak terus menekanmu.

7. Perkenalkan Pacarmu

perkenalkan pacarmu
pexels.com/@wildlittlethingsphoto

Langkah ini merupakan hal yang penting dan tidak boleh kamu lewatkan. Perkenalkanlah kekasih dengan orang pilihan orang tuamu. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman di antara kalian bertiga.

Selain itu, hal ini juga untuk membuktikan bahwa alasanmu tidak setuju dengan perjodohan bukan karangan belaka. Kamu benar-benar memiliki seorang kekasih yang kamu cintai dan serius denganmu.

8. Buat Kesepakatan dengan Orang Tua

buat kesepakatan dengan orang tua
emblemcannabis.com

Setelah melakukan semua usaha berdiskusilah dengan orang tua. Keputusan orang tua tergantung padamu, pacarmu, dan orang yang dijodohkan denganmu.

Jika kalian semua melawan perjodohan tersebut, mereka seharusnya tidak memaksa.

Buatlah kesepakatan yang baik untuk semua pihak dan tidak menyakiti siapa pun dengan orang tua. Berusalah agar hubunganmu dan pasangan mendapatkan restu dari mereka.

Baca Juga: Ternyata Ini Fakta di Balik Orang Tua Tidak Merestui Hubunganmu dengan Pacar

Perjodohan memang bukan hal yang menyenangkan. Tetapi sebaiknya kamu tidak terburu-buru marah dan berpikir negatif terhadap orang tua. Sebaiknya pahami dulu apa maksud mereka sehingga kamu juga bisa menyetakan apa yang kamu mau.

Bagaimana pun, kamu berhak bahagia. Pilihlah orang yang tepat dan bisa membuatmu merasa aman dan nyaman. Mau tips tentang hubungan lainnya? Undah aplikasi Qupas pada Google Play Store atau Apple App Store secara gratis.

0 Comment