Ketika Pasangan Mengidap Penyakit Parah, Ini yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendukungnya

15 February 2019, at 01:00
0
0
Ketika Pasangan Mengidap Penyakit Parah, Ini yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendukungnya

Saat menjalin sebuah hubungan, tentunya semua orang menginginkan yang terbaik bagi pasangan. Bukan hanya tentang jalinan asmara yang sedang dirajut. Akan tetapi juga tentang kondisi kesehatan pasangan.

Tentunya tidak ada orang yang berharap dan menginginkan pasangannya sakit parah atau menderita. Disisi lain, kamu juga tidak dapat mencegah munculnya beberapa penyakit kronis yang mungkin saja menyerang kekasihmu.

Baca Juga: Hubungan Asmara Ini Lebih Menyedihkan Daripada LDR

Melihat orang tercinta sakit parah pasti sangat sulit dan menyakitkan. Meskipun demikian, kamu harus tetap ada untuk memberikan dukungan agar dia tidak merasa sendirian.

Lakukan hal-hal ini untuk mengatasi pasangan yang sedang mengalami sakit parah agar dia selalu merasa didukung.

1. Dengarkan Dia

cara mengatasi pasangan sakit parah dengarkan dia
stocksy.com

Ketika sedang bersama, gunakanlah lebih banyak waktu untuk menjadi seorang pendengar yang baik saat dia ingin bercerita. Mungkin dia ingin mengungkapkan kesulitan, kecemasan, dan ketakutan yang sedang dirasakan.

Walaupun seringkali mengulang hal yang sama, kamu harus tetap mendengarkannya. Orang yang mengalami penyakit parah butuh didengarkan agar dia tidak merasa sendirian.

2. Jadilah Pengamat yang Baik

cara mengatasi pasangan sakit parah jadilah pengamat yang baik
liveabout.com

Selain mendengarkan dengan baik, kamu juga perlu menjadi pengamat yang baik. Tidak sedikit orang yang lebih memilih memendam perasaan atau sesuatu dari orang tersayangnya ketika dia sedang sakit parah.

Mungkin hal tersebut disebabkan karena dia tidak ingin kamu menjadi ikut sedih dan memikirkan masalahnya. Dia akan berusaha terlihat kuat di depanmu meskipun sebenarnya menahan banyak luka.

Maka dari itu, kamu perlu menjadi pengamat dan peka terhadap keadaan. Akan lebih baik jika kamu memahami apa yang dia mau tanpa diminta, dan lain sebagainya.

3. Dia Butuh Dukungan Bukan Nasehat

cara mengatasi pasangan sakit parah beri dukungan
lunchclick.co

Pasangan yang sedang sakit parah sangat membutuhkan dukunganmu. Akan tetapi, terkadang karena ingin melindunginya kamu menjadi terlalu banyak mengekangnya.

Menasehatinya untuk tidak melakukan ini dan itu justru akan membuatnya tertekan dan merasa benar-benar menjadi seorang pasien.

Lebih baik gunakan kata-kata yang tidak menyerupai nasehat atau larangan demi kebaikannya.

4. Lakukan Hal Kecil yang Bermakna

cara mengatasi pasangan sakit parah lakukan hal kecil bermakna
pexels.com/@freestocks

Kamu tidak perlu melakukan sesuatu yang luar biasa atau mewah untuk membuatnya bahagia. Lagi pula, kondisinya yang sedang sakit parah juga akan sulit apabila harus ikut melakukan hal yang besar.

Usahakan untuk melakukan hal-hal sederhana yang bermakna dalam. Misalnya, bila kamu bukanlah orang yang suka memasak kamu bisa membuatkan dia makanan istimewa.

Dengan demikian, dia akan merasa diperjuangkan dan diperhatikan.

Baca Juga: Hal Kecil yang Membuktikan Ia Tulus Mencintaimu

5. Selalu Sabar dan Berpikir Positif

cara mendukung pasangan sakit parah selalu sabar dan positif
pexels.com/@inna-lesyk-67454

Selalu sabar dan berpikir positif adalah dua hal yang harus selalu kamu miliki. Menghadapi kekasih yang mengalami sakit parah memang tidak mudah.

Harus ada hal-hal yang rela dikorbankan untuk itu. Kamu harus sabar dalam menghadapinya. Jangan buru-buru marah apabila dia menghilang atau tidak menepati janji. Cobalah untuk mengerti bagaimana keadaannya.

Marah tidak hanya akan membuatmu terlihat tidak memahami, namun juga akan memberikan tekanan padanya dan membuat penyakitnya semakin parah.

6. Mencari Tahu Lebih Dalam Tentang Penyakitnya

cara mendukung pasangan sakit parah cari tahu tentang penyakitnya
pexels.com/@rawpixel

Mau tidak mau, kamu harus melakukan hal yang satu ini. Ini merupakan salah satu dukungan yang bisa kamu berikan untuknya. Cari tahu lebih dalam tentang penyakit yang menyerangnya agar kamu bisa mengetahui cara penanganan yang tepat.

Selain itu, hal ini juga bisa membuatmu lebih mengerti dan bisa menanggapinya dengan tepat.

7. Jangan Terlalu Dramatis

cara mendukung pasangan sakit parah jangan dramatis
pexels.com/@pixabay

Memang benar, melihat dan mengetahui pasangan mengidap penyakit kronis akan sangat menyakitkan. Kamu juga akan dilanda rasa ketakutan akan kehilangan. Namun, ada baiknya jika kamu tidak bersikap terlalu dramatis.

Sikap yang over protective hanya akan membuatnya tidak nyaman dan memperburuk kondisi kesehatan.

8. Hargai Keputusannya

cara mendukung pasangan sakit parah hargai keputusannya
pexels.com/@snapwire

Seseorang yang menderita penyakit kronis biasanya akan membuat keputusan yang tidak terduga. Seringkali, hal tersebut juga akan membuatmu terkejut dan terluka.

Bisa saja pasangan akan memintamu untuk meninggalkannya. Dia mungkin merasa hubungan asmara kalian tidak akan ada gunanya karena kondisi kesehatannya yang tidak baik.

Atau, mungkin dia akan memutuskan untuk tidak melakukan operasi atau prosedur-prosedur pengobatan lainnya.

Baca Juga: Begini Tanda Pasangan yang Ingin Minta Putus, Siap-Siap!

Bagaimanapun, kamu harus menghargai keputusan tersebut. Tidak serta merta meninggalkan dan tetap harus memberi dukungan. Namun kamu juga tidak boleh menekannya untuk mengubah keputusan.

Nah, itu dia 8 hal yang bisa kamu lakukan untuk mendukung pasangan yang sedang menderita sakit parah. Tidak mudah memang, namun kamu harus tetap kuat jika ingin kekasih bertahan.

Percayalah padanya bahwa dia akan baik-baik saja dan selalu berikan dukungan yang positif. Semangat!

0 Comment