Ketombe Basah dan Ketombe Kering, Apa Bedanya?

22 June 2018, at 13:00
1
0
Ketombe Basah dan Ketombe Kering, Apa Bedanya?

Di iklim tropis yang lembab seperti di Indonesia, banyak didapati orang yang mengalami masalah ketombe pada rambutnya. Selain gatal, ketombe juga membuat kepala penderitanya menjadi bersisik sehingga serpihan kecil kulit kepala dapat jatuh dan terekspos. Selain itu, ketombe juga dapat memicu kerontokan rambut. Hal ini tentu saja membuat para penderitanya menjadi tidak percaya diri. Berbagai macam cara dilakukan agar kepala tak lagi berketombe. Ada yang berhasil, ada juga yang malah semakin berketombe.

 

Sebelum menangani ketombe, ada baiknya kamu mengenali dulu jenis ketombe supaya tidak salah memilih jenis perawatan. Ada dua jenis ketombe yang umumnya diderita, yaitu ketombe basah dan ketombe kering. Nah, bagaimana membedakan keduanya? Pada dasarnya, ketombe memiliki ciri kulit kepala yang gatal dan bersisik sehingga muncul serpihan-serpihan putih yang menempel pada rambut atau bahkan sampai terjatuh pada bahu. Pada ketombe basah, kulit kepala akan terasa basah pada daerah yang terinfeksi. Ketombe basah disebut-sebut lebih berbahaya daripada ketombe kering karena adanya infeksi jamur yang dapat menyebabkan kebotakan.

 

medicalnewstoday.com

 

Biasanya, infeksi jamur pada ketombe basah disebabkan oleh jamur yang hidup pada binatang peliharaan seperti anjing dan kucing. Pengobatannya pun sebaiknya menggunakan obat anti jamur sistemik serta kompres kulit kepala. Atau, kamu juga dapat menyembuhkan ketombe basah dengan membubuhkan baking soda ke kulit kepala yang sudah dibasahi, diamkan selama 2-5 menit lalu bilas. Berbeda dengan ketombe basah yang kotorannya menempel pada kulit kepala dan rambut, ketombe kering lebih ringan sehingga serpihan-serpihannya mudah jatuh pada bahu penderita.

 

Ketombe kering biasanya disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang kering karena dehidrasi, terlalu sering mencuci rambut, atau karena terlalu banyak mencuci rambut dengan air panas. Selain itu, penggunaan sampo dan kondisioner yang terlalu keras juga dapat memicu keringnya kepala sehingga dapat bersisik dan menyebabkan ketombe. Untuk dapat terhindar dari ketombe kering, kamu dapat mengonsumsi air putih yang lebih banyak, tidak terlalu serig mencuci rambut, dan gunakanlah air dingin untuk mencuci rambut sehingga rambutmu akan tetap lembab. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk melembabkan rambutmu. Misalnya, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa VCO. Dengan menjaga kelembaban rambut, ketombe kering pun perlahan akan menghilang.

0 Comment