Kiat Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami, Hanya Perlu Waktu Singkat

25 February 2019, at 18:00
0
0
Kiat Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami, Hanya Perlu Waktu Singkat

Penyebab flek hitam yang membuat wajah jadi gagal cantik ada beragam jenisnya. Misalnya saja karena sengatan sinar matahari, penuaan, kurang vitamin, ketidakseimbangan hormon, hingga stres.

Tampilannya yang membuat wajah jadi terlihat gelap dan kusam sering kali meresahkan. Eits, padahal ada cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan mudah lho. Yakni dengan bantuan bahan alami.

Nah, langsung saja yuk simak cara menghilangkan flek hitam secara alami dalam waktu singkat berikut ini!

1. Buttermilk

cara menghilangkan flek hitam dengan buttermilk
servedfromscratch.com

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang pertama adalah menggunakan buttermilk, atau lemak susu dari hasil campuran susu cair dan perasan lemon.

Bahan alami ini sangat efektif dalam mengusir tampilan flek hitam karena asam laktat di dalamnya yang mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Baca juga: Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Bisa Bikin Wajah Jadi Kinclong

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Sediakan 4 sendok teh buttermilk dan campur dengan 2 sendok teh jus tomat. Setelah itu langsung aplikasikan pada wajah sebagai masker selama 15 menit.

2. Kentang

cara menghilangkan flek hitam dengan kentang
hearstapps.com

Selain memiliki manfaat untuk memutihkan wajah, kentang juga bisa kamu pakai sebagai solusi yang ampuh dalam memerangi tampilan flek hitam. Hal ini berkat zat tepung di dalamnya yang akan mencegah hiperpigmentasi pada kulit.

Kamu bisa ambil kentang lalu iris agak tipis. Setelah itu, langsung tempelkan pada wajah yang penuh dengan noda flek hitam.

3. Lemon

cara menghilangkan flek hitam dengan lemon
stylecraze.com

Bukan rahasia lagi kalau Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Nah, kandungannya ini bisa kamu manfaatkan untuk mengusir flek hitam juga.

Caranya, peras lemon secukupnya dan gunakan airnya sebagai toner wajah. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Rosehip Oil

cara menghilangkan flek hitam dengan rosehip oil
stylecraze.com

Rosehip oil punya kadar lycopene yang sangat tinggi sehingga bisa difungsikan untuk memperbaiki tekstur kulit dan melawan tanda-tanda penuaan. Selain itu, ada kandungan beta-carotene di dalamnya mampu melawan radikal bebas serta munculnya hiperpigmentasi pada wajah.

Maka dari itu, minyak esensial ini akan sangat manjur apabila digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Kamu bisa mengaplikasikannya pada seluruh wajah atau pada area yang bermasalah saja.

Baca juga: 8 Jenis Essential Oil yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Merawat Kecantikan Wajah

5. Castor Oil

cara menghilangkan flek hitam dengan castor oil
grandmathing.com

Minyak esensial yang satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam secara alami. Sebab, adanya omega-3 dan vitamin E yang melimpah di dalamnya akan meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru.

Sehingga flek hitam ataupun noda lainnya di wajah dijamin akan musnah dan tak akan muncul lagi apabila kamu mengaplikasikan castor oil secara rutin setiap hari.

6. Lidah Buaya

cara menghilangkan flek hitam dengan lidah buaya
stylecraze.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau manfaat lidah buaya untuk kecantikan sangatlah banyak. Termasuk bisa mengatasi flek hitam yang membandel.

Lidah buaya kaya akan polysacccharides yang mampu menstimulasi pertumbuhan sel baru, sehingga tampilan flek hitam lama-kelamaan akan pudar.

Cara memanfaatkannya, cukup oleskan gel lidah buaya secara langsung pada area yang bermasalah. Tunggu selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

7. Pepaya

cara menghilangkan flek hitam dengan pepaya
humidgarden.com

Pepaya bisa diandalkan untuk mengusir flek hitam karena kandungan enzim papain di dalamnya bisa mengeksfoliasi sel kulit mati, meratakan warna kulit, serta mengurangi produksi tyrosinase, atau enzim yang menyebabkan produksi melanin meledak.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan pepaya pun tak kalah mudah. Haluskan buahnya dan gunakan sebagai masker selama kurang lebih 20 menit.

Setelah itu bilas hingga bersih. Perawatan dengan bahan alami ini bisa kamu lakukan 3 kali dalam seminggu.

8. Oat

cara menghilangkan flek hitam dengan oat
olderbeast.com

Selain bisa digunakan sebagai menu diet sehat, manfaat oat bagi kecantikan kulit pun cukup banyak. Termasuk dalam menghilangkan flek hitam.

Di dalam oat, ada kandungan saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami karena mampu mengelupas sel kulit mati secara lembut. Bahkan juga bisa memperbaiki dan meremajakan kulit lho.

Maka tak heran, kalau rutin mengaplikasikan masker dari oat selama 2 kali dalam semiggu akan membantu menyamarkan tampilan flek hitam secara efektif.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Mudah dan tentunya sangat efektif bila kamu melakukan perawatan tersebut secara rutin. Selamat mencoba!

0 Comment