Kiat untuk Merawat Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat Saat Musim Hujan

26 December 2018, pada 02:00
2
0
Kiat untuk Merawat Kulit Agar Tetap Cantik dan Sehat Saat Musim Hujan

Musim hujan sedang berlangsung di Indonesia. Cuaca yang dingin kemudian membuat kita jadi ingin bermalas-malasan dan melupakan ritual perawatan kulit.

Padahal rendahnya suhu udara dan kelembaban di musim hujan membuat kulit kita memerlukan pehatian ekstra. Beberapa masalah seperti kulit kering dan kusam bisa-bisa muncul bila kamu malas merawat diri.

Nah, supaya kamu tak mengalami masalah tersebut, Qupas akan bagikan tips untuk merawat kulit saat musim hujan. Yuk simak langsung!

1. Rajin Membersihkan Wajah

wanita sedang membersihkan wajah
mariobadescu.com

Suhu yang cukup dingin saat musim hujan membuat kita jarang berkeringat. Padahal dengan berkeringat kotoran yang terjebak di dalam pori-pori bisa keluar.

Produksi keringat yang lebih sedikit bisa membuat kotoran menumpuk di dalam pori dan mengakibatkan berbagai masalah seperti jerawat, komedo dan kulit kusam.

Oleh sebab itu, pastikan untuk membersihkan wajah secara rutin. Dan bagi kamu yang setiap hari menggunakan makeup tebal, baiknya melakukan double cleansing supaya pori-pori bisa bernapas.

2. Tetap Gunakan Tabir Surya

tabir surya
theskincareedit.com

Di musim hujan langit akan lebih sering mendung. Saat situasi seperti ini, banyak wanita yang meninggalkan penggunaan tabir surya.

Tapi ladies, pemahaman ini ternyata salah. Sebab, meskipun mendung dan matahari sepertinya sedang bersembunyi, sinar ultraviolet ternyata tetap bisa menembus awan lho.

Jadi, jangan lewatkan penggunaan tabir surya dengan kandungan SPF meskipun sedang musim hujan. Apalagi kalau kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan.

3. Rutin Menggunakan Pelembab

wanita menggunakan pelembab
howtousevinevera.com

Skincare yang satu ini juga wajib hukumnya untuk digunakan saat musim panas ataupun hujan. Pelembab akan membantumu dalam menghidrasi kulit wajah supaya tetap sehat.

Sekedar tips, pilihlah pelembab wajah yang berbahan dasar air. Karena biasanya akan lebih aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak.

4. Rajin Melakukan Eksfoliasi

wanita melakukan eksfoliasi wajah
lorealparisusa.com

Dengan intensitas hujan yang tinggi, jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi setidaknya dua kali dalam seminggu. Sebab, sel kulit mati yang jarang dibersihkan bisa mengganggu penampilan karena kulitmu akan tampak bersisik.

Rutinitas ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulitmu terlihat lebih cerah. Oh ya, jangan lupa untuk memilih scrub dengan butiran yang halus.

Sebab, butiran yang terasa kasar bisa merusak kulit dan menyebabkan iritasi.

Baca juga: Tanpa Ribet, Begini Cara Merawat Kecantikan Wajah Saat Sedang Liburan Akhir Tahun

5. Banyak Minum Air Putih

wanita minum air putih
amritaretreat.com

Di samping rajin merawat diri dengan skincare, kamu juga harus menghidrasi kulit dari dalam. Cara yang paling sederhana adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Biasakan untuk minum minimal delapan gelas air putih sehari. Bila hal ini kamu terapkan, sel-sel kulit akan terjaga kelembabannya dan masalah kulit kusam ataupun kering bisa dihindari.

6. Konsumsi Buah dan Sayur

wanita makan buah dan sayur
etimg.com

Selain air putih, konsumsi buah dan sayur juga baik untuk menghidrasi kulit. Kandungan serat, vitamin, mineral, dan air di dalam sayur dan buah akan menjaga kelembaban kulit secara maksimal.

Kamu juga bisa perbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak baik, karena penting untuk memperbaiki kulit yang rusak.

7. Menjaga Kebersihan Kulit Kaki

memakai sandal saat hujan
wallpaperup.com

Udara yang lembab akan membuat bakteri tumbuh dengan subur. Untuk itu, rawat kebersihan kulit kakimu dengan menjaga sepatumu agar tetap kering dan terhindar dari air hujan.

Juga, usahakan untuk selalu membawa alas kaki terbuka atau sandal kemanapun kamu pergi. Sehingga bila hujan tiba-tiba datang, kamu bisa menyimpan sepatumu.

Dengan begitu, kakimu juga akan terhindar dari infeksi bakteri yang biasanya bersarang di sepatu yang basah.

8. Jangan Terlalu Sering Mandi dengan Air Hangat

berendam air hangat
hellosehat.com

Mandi atau berendam di air hangat saat musim hujan memang sangat nyaman. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya ya.

Sebab, sering mandi dengan air panas apalagi dengan durasi yang lama bisa mengakibatkan tekstur kulit berubah dan menjadikannya terlalu kering.

Selain itu, produksi minyak alami bisa terganggu dan kulit akan kehilangan kelembabannya.

Nah, itulah beberapa kiat mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit agar tetap cantik dan sehat saat musim hujan. Siap untuk mencobanya?

0 Komentar