Kisah-Kisah Mistis Gunung Lawu yang Membuatmu Bergidik Ngeri

08 January 2019, pada 06:00
0
0
Kisah-Kisah Mistis Gunung Lawu yang Membuatmu Bergidik Ngeri

Gunung Lawu merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di kalangan pendaki. Letaknya sendiri ada di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Termasuk gunung tertua di Pulau Jawa, Gunung Lawu memiliki segudang keunikan. Nggak heran kalau banyak pendaki yang ingin menaklukkannya.

Tapi di balik keunikannya ini, ternyata gunung purba ini juga punya kisah mistis yang mungkin akan membuatmu bergidik ngeri.

Penasaran, kan? Langsung simak saja ulasan Qupas di bawah ini!

1. Pendaki Hilang

alvi kurniawan
detik.com

Salah satu kisah mistis yang terbaru dari Gunung Lawu ini adalah menghilangnya seorang pendaki bernama Alvi Kurniawan. Bahkan sampai saat ini, pemuda 20 tahun tersebut belum juga ditemukan.

Sang ibunda mengatakan bahwa putranya itu berpamitan untuk mendaki pada tanggal 30 Desember 2018 setelah membantunya berjualan di pasar. Tepat pada 31 Desmber 2018, Alvi mendaki bersama 6 temanya.

Setelah melalui jalur Candi Cetho dan mendirikan tenda di Pos 5, keesokan harinya (1 Januari 2019), Alvi dan teman-temannya mulai mendaki hingga ke puncak.

Dua teman Alvi, yakni Supriyanto dan Anam terlebih dahulu mendaki ke puncak gunung. Sedangkan Alvi dan sisa rekannya menyusul.

ilustrasi pendaki gunung lawu hilang
instagram.com/ahmadhilmy_17

Di tengah perjalanan, Alvi bertemu dengan pendaki perempuan asal Wonosobo. Selanjutnya Alvi terus melanjutkan perjalanan ke puncak untuk menyusul kedua temannya.

Sayangnya, Supriyanto dan Anam yang sudah tiba terlebih dahulu belum bertemu dengan Alvi. Menurut kabar, rombongan terpisah dengan Alvi di Pasar Dieng pukul 12.15 WIB

Meski sampai pukul 18.00 WIB, pemuda itu belum juga muncul. Sampai beberapa hari, Alvi belum juga kembali.

Bahkan tim SAR pun masih terus menyisir kawasan Gunung Lawu, termasuk area Pasar Bubrah atau biasa disebut "Pasar Setan".

2. Misteri "Pasar Setan"

gunung lawu
instagram.com/hanifbagasu

Kabar terkini menyebut bahwa tim SAR tengah melakukan pencarian terdapat Alvi di area Pasar Bubrah atau "Pasar Setan". Lalu kenapa bisa disebut demikian?

Ternyata tempat ini juga akan dilewati para pendaki apabila mereka memilih jalur Candi Cetho. Area ini memang cukup favorit karena pendaki akan merasakan sensasi turunnya kabut yang tebal secara perlahan.

Tapi meski merupakan jalur favorit, area ini memiliki jalur yang terbilang sulit dan didominasi oleh tanjakan terjal serta jurang yang cukup dalam.

Bahkan jalur ini juga dianggap angker dan paling ditakuti oleh para pendaki. Konon, tempat ini juga dipercaya sebagai perlintasan ke alam gaib. Banyak pendaki melihat hal-hal aneh di sini.

ilustrasi kisah mistis gunung lawu
instagram.com/budinngapak

Lokasi ini berupa lahan di lereng Gunung Lawu yang penuh dengan ilalang dan angin berhembus cukup kencang. Ketika melewati tempat ini, katanya para pendaki sering mendengar suara bising seperti aktivitas di pasar.

Sebagian dari pendaki ini bahkan percaya ketika mendengar hal tersebut, maka mereka harus membuang apa saja di sini seperti melakukan transaksi jual beli di pasar.

Seram banget ya? Kamu percaya atau nggak dengan kepercayaan tentang "Pasar Setan" ini?

3. Kemunculan Harimau Lawu

gunung lawu pulau jawa
instagram.com/rendimadhani

Kisah mistis di Gunung Lawu selanjutnya adalah kemunculan harimau Lawu yang nggak terduga. Konon, kehadiran makhluk ini juga diikuti kisah mistis seperti penemuan mayat.

Nggak jarang pula kalau kemunculan harimau Lawu muncul di tempat-tempat yang dikeramatkan oleh warga. Misalnya saja di salah satu punden dimana terdapat patung harimau yang bernama Eyang Singo Sinebahing Dilah.

Kalau kamu pernah mendaki Gunung Lawu via Cemoro Kandang, kemungkinan kamu akan menemui lokasi dimana ada patung harimau tersebut.

ilustrasi harimau lawu
pexels.com/@amiyananda

Dalam kisah lain berdasarkan cerita warga, setiap malam 1 Suro banyak pertapa melakukan ritual di Lawu. Tujuannya sendiri beragam, mulai dari meminta kekayaan, kesaktian hingga kekebalan.

Katanya ketika wangsit turun, warga sering menjumpai sosok manusia berbulu loreng yang hampir menyerupai harimau. Kemunculan makhluk ini konon sebagai pertanda bahwa permintaan pertapa telah diterima.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Gunung Lawu yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mendaki

4. Diikuti Burung Jalak Saat Mendaki Gunung Lawu

misteri gunung lawu
instagram.com/debisagita

Mitos ini tampaknya sudah cukup populer di kalangan para pendaki. Boleh dipercaya atau tidak, tapi ada kesaksian dari seseorang yang pernah mengalaminya seperti dilansir dari Phinemo.

Sepanjang perjalanan dari Pos Cemoro Sewu hingga ke puncak, sang pendaki menyebut bahwa dirinya selalu diikuti oleh burung jalak. Bahkan ketika ia beristirahat, burung tersebut juga ikut berhenti nggak jauh darinya.

Mitos ini sendiri berawal dari legenda. Saat itu, diceritakan bahwa Prabu Brawijaya memutuskan untuk menetap di Gunung Lawu, ia disambut oleh seekor burung jalak yang berubah wujud menjadi seorang prajurit.

ilustrasi burung jalak di gunung lawu
pexels.com/@ankur-195449

Sang burung yang berubah wujud itu pun mengantarkan Prabu Brawijaya menuju puncak Gunung Lawu. Dari sinilah mitos mulai muncul.

Disebut-sebut bahwa mahkluk tersebut sampai saat ini tetap menjelma sebagai burung jalak. Bahkan ada larangan untuk mengganggu dan membunuh hewan tersebut.

Konon siapa saja yang memiliki hati kotor dan berniat jahat pada burung tersebut, ia akan tersesat atau juga mengalami musibah. Ngeri ya?

5. Kiyongko

gunung lawu mistis
instagram.com/aamrynt

Apa itu Kiyongko? Konon mahkluk ini merupakan seekor kelabang berbentuk bulat. Panjangnya sendiri kurang lebih 30 centimeter dan dapat berdiri layaknya ular.

Ada mitos menyebur yang mengatakan bahwa dulunya hewan ini merupakan sumber bencana. Sebab ia menutup sumber mata air di lereng Lawu.

Konon, seorang pertapa bernama Ki Ageng Sabuk Janur yang tinggal di lereng Lawu akhirnya menaklukkan hewan tersebut. Bahkan ia juga menjadikannya makhluk tersebut sebagai penunggu salah satu sumber air di Lawu.

Sampai saat ini, hewan tersebut masih ada dan biasanya ada di bebatuan sepanjang sungai. Tapi anehnya, makhluk tersebut engganmuncul kalau sengaja dicari oleh masyarakat.

ilustrasi kelabang di gunung lawu
pexels.com/@pixabay

Makhluk tersebut justru akan menampakkan diri di tempat tertentu saat ia ingin. Kemunculannya ini pun biasanya membawa pesan untuk menjaga lingkungan terutama sumber air ketika berada di Gunung Lawu.

Gimana? Percaya dengan kisah mistis di Gunung Lawu seperti yang sudah Qupas ulas? Meski kurang meyakininya, tapi kamu bisa mengambil sisi positifnya kok.

Nggak melulu dikaitkan dengan hal-hal menyeramkan, kamu juga perlu selalu waspada dan menjaga lingkungan ketika menjelajah gunung. Jangan lupa untuk senantiasa mengikuti aturan di tempat yang akan kamu kunjungi, ya!

0 Komentar